Posted by: novembri yusuf | April 20, 2008

Rame rame jadi : WELDING INSPECTOR

Opini Pagi

Semenjak krisis energy yang melanda dunia dengan ditandainya kenaikan harga minyak yang melonjak dari US$60 perbarel 2 th lalu sampai menjadi lebih US$ 100 perbarel saat ini membuat perekonomian tambah sulit. Harga harga barang pokok lainnya pun ikut terkena imbasnya. Iya nggak … mulai dari harga BBM, Minyak Goreng dan gorengan, Beras, dll

Harga terus naik telah memicu operator minyak untuk meningkatkan pencarian dan peningkatan kapasitas produksi mumpung harga lagi tinggi dan keuntungan juga akan semakin tinggi.

Kondisi ini membuka peluang baru untuk para pekekrja tambang minyak, kilang minyak, fabrikasi alat penyedot minyak apakah itu platform, fpso, refenerry dll.  Dibutuhkan banyak tukang insinyur untuk menjalankan roda mesin ini. Salah satu nya adalah si tukang inspeksi las atau istilah kerennya WELDING INSPECTOR.

Saat ini banyak sekali ditemukan institusi institusi sekolah WI, training WI, training NDT. Banyak tukang insyinyur dari elektronika, sipil, mesin, dll ikut ikutan mau jadi WI. Apakah ini bagus….?

yang jelas tidak ada yang melarang dan itu sah sah saja. Sampai saat ini pun kita belum mempunyai sekolah sarjana khusus welding. Qualifikasi kompetensi seorang WI cukup dari international certificate atau nasional certificate yang dimilikinya.  Tinggal nanti dari si Usernya mau mengkualifikasi yang seperti apa sehingga bisa mendapatkan WI yang kompeten.

Tantangan buat para WI baru dihadapan mata. Banyaknya lulusan lulusan WI dari berbagai instansi dan lembaga akan meningkatkan persaingan. Untuk itu perlu penguasaan ilmu welding. Sepeprtinya tidak cukup mengandalkan dari Migas certificate saja, pengalaman di lapaangan , pemahaman dari req welding sesuai dengan code standard yang berlaku akan meningkatkan nilai jual WI.  Semoga para WI WI baru dapat mencapai cita citanya dalam menemukan pekekrjaan yang diidam idamkan.

Kriteria WI yang baik…

Apa ya kriterianya….? Mungkin bisa di jadikan acuan adalah konsep yang dipakai CSWIP/TWI dalam merumuskan tugas tugas seorang WI tingkat dunia. Kalau mau dijabarkan mungkinterlalu banyak. Tapi kalau mau konsisten seorang WI harus mempunyai ilmu yang lumayan banyak. kalau seorang WI sudah paham dan mengerti serta tahu apa yang di sebutkan dalam TWI tadi menurut saya berarti dia sudah layak dikatakan WI yang baik. Disamping itu tentunya dalam segi personality, komunikasi juga sangat penting. Penguasaan bahasa inggris mau tidak mau harus dikuasai. Bisa dibayangkan bagaimana dia  akan berkomunikasi dengan clientnya mungkin dari Texas sana atau dari cambridge sana kalau nggak bisa ngomong itu tadi ….

Ahhh saya mau jalan pagi dulu sambil nyeker keliling kampung Taman Sari Batam….nanti kita sambung lagi ….

See you …

 

 

 

About these ads

Responses

  1. Saya pengin tu ,ambil WI tapi ,rata -rata waktunya lama ,lebih 4bulan ,yang cepat tapi lulusanya qualified kira 2 dimana ya? bahasa ingris saya juga pas pasan, Lulusan WI kalau bekerja dikonstruksi bisa kerja Di bagian mana saja ya… apakah hanya QC

  2. Saya juga aneh siapa sih yang menetukan harus 300 ~ 400 jam….?
    Kayaknya nggak ada tuh requirementnya. Buktinya untuk CSWIP cuma 1 Minggu, JWES juga 1 minggu. Kalau udah 4 bulan itu mestinya udah jadi welding engineer. Tinggal pelajaran design welding aja yang mesti ditingkatkan……….

    Mas Berto tinggal dimana…? Jakarta, Sby, Batam…? Kalau udah memilih WI ya kebanyakan jadi orang QC. tapi ilmu WI saya rasa ilmu dasar juga buat posisi lain, seperti Production Engineer.

    • gw tinggal di jakarta, kira-kira ada ga ya kursusnya dijakarta………?
      kalau ada dimana……?
      bales ya……….?

      • Dear Pak Candra yth,

        Bapak ingin mengikuti kursus WI ??

        hanya disini tempat TERBAIK-nya ..

        kunjungi website kami : http://www.batamtraining.com

        untuk training WI batch 5 akan open class tanggal 18 juli 2011

        info lebih lanjut silahkan kontak marketing kami di nomor 0813 6442 0471 (Ms. cece)

        Salam

      • Dear Pak Candra yth,

        Bapak ingin mengikuti kursus WI ??

        hanya disini tempat TERBAIK-nya ..

        kunjungi website kami : http://www.batamtraining.com

        untuk training WI batch 5 akan open class tanggal 18 juli 2011

        info lebih lanjut silahkan kontak marketing kami di nomor 0813 6442 0471 (Ms. cece)

        Salam

  3. Saya Tinggal di pekan baru , disini kayaknya belum ada tuh tempat kursus, kalau misalnya untuk Perusahaan seprti Caltex, Pertamina, Chevron , Lulusan WI mereka ada Tempat Khusus nggak ya…
    Kalau saya Mau Ngambil WI di Batam , Kira2 Mana ya Tempat yang Agak Qulified

    Thanks

  4. Salam…saya bukan mau provoke, tapi menjadi seorang WI yang instan, perlu waktu lama untuk menemukan field experience…CSWIP memang kebutuhan internasional, tapi kita harus well prepare ourself untuk bisa passing examination CSWIP, sebab bukan hanya aspek pertanyaan ujian yang begitu sulit, bahkan kalau gak lewat, harus re-pay exam fee…dan itu hak kecil…seorang QC yang sudah kerja 5 tahun aja belum tentu bisa passed.
    Kalu saya bisa kasi saran, bagi yang belum mengerti sama sekali tentang WI dan lingkupannya, di BATAm ada WI course training ikbal m yos, yang bakal membekali teman-teman dengan segudang pengalaman tentang code dan aplikasi pengelasan baik ofshore maupun onshore, walau mungkin belajarnya sekitar 5-6 bulan, tapi insya Allah, kita Pe-de dengan pengetahuan yang kita dapat…
    seperti kata blog ini…HAZ….merupakan kata yang sangat mendasar terhadap welding quality….

  5. Assalamualaikum,

    Hallo semua, mo coba ikutan ngegosip masalah Welding Inspector nih…
    Membaca tanggapan teman-teman di atas rasanya ada beberapa hal yang saya anggap cukup mendasar dan menarik untuk didiskusikan :
    1. Diakui atau tidak keberadaan kursus WI yang marak di Batam tahun-tahun belakang ini, terlepas dari kebutuhan riel pasar tenaga kerja dan krisis energi yang melanda dunia sekarang, sebenarnya punya latar belakang yang sederhana ===>> mencari penghasilan yang lebih baik, dengan pekerjaan yang tidak terlalu memeras tenaga, seorang WI dapat memperoleh penghasilan yang layak bahkan lebih dari layak untuk ukuran orang indonesia, dan itu bukan hanya isapan jempol, banyak bukti dan kisah2 sukses yang membumbui perjalanan kursus-kursus semacam ini. Akan tetapi setelah sekian bulan kita mengikuti kursus pelan-pelan persepsi itu berubah, dengan semakin banyaknya informasi yg didapatkan berikut masukan kiri-kanan, bisa disimpulkan menjadi seorang WI disamping harus memenuhi competensi profesinya baik dalam ilmu dan praktek, juga harus memiliki jaringan dan komunikasi yang baik dengan dunia kerja (user), dengan kata lain mempunyai sert. WI baik lokal/internasional saja belumlah cukup untuk menjamin seseorang meraih apa yang diinginkan, ada satu area lain yang jauh lebih kompleks dan sulit untuk ditembus yang tidak ditemukan dalam silabus kursus dimanapun yaitu How to make our self well recognize by our user, How to build strong and good communication between WI Society, and finally how to bring the others to get equal opportunity.
    2. Seorang WI ketika bekerja dilapangan dituntut secara profesional sekaligus manusiawi, kepandaian seseorang untuk memilah dan memilih antara tuntutan pekerjaan dan tuntutan “politis” atasan atau bosnya yang akan menentukan seberapa kukuh Reputasi seorang WI, dan hanya WI yang punya reputasi baiklah yang akan menang berkompetensi di pasaran Internasional.

    Apakah kita siap dengan 2 hal di atas
    inilah saatnya bagi kita untuk banyak belajar dan mendengar dari mereka yg sudah terjun ke dunia per-WI-an.

    Wass.

  6. Terimakasih Pak Putra dan Pak Madeong atas tanggapannya…

    Dunia perwelding di Kepri saat ini lagi sedang tumbuh seperti jamur di musim hujan. Ada 6 sekaloah training WI di batam saat ini dengan lulusan sekitar 100 orang setiap 4 bulannya. Ditambah lagi dengan sekolah NDT yang juga ada 4 institusi.

    Ada hal yang masih menggembirakan bila dilihat dari pertumbuhan fabirkasi dan project oil and gas di Batam, Bintan, Karimun. Semua Shipyard di Singapore akan dipindahkan ke Batam, tentunya ini akan memerlukan tenaga WI yang cukup tinggi. Namun juga perlu diingat ilmu welding khan nggak mesti harus bekekrja di welding inspector. Ilmu welding merupakan kebutuhan untuk Prodction Engineer, Piping Engineer, Designer, Welding Supervisor, QA/QC Engineer, dll. Jadi pasar WI untuk saat ini masih relevan.

    Dari pengamatan saya saat ini banyak yang menyandang certificate WI namun miskin dengan penguasaan ilmu welding sendiri. Kursus cuma datang , denger, dan pulang. Nanti kalau sudah selesai kursus dapat certificate…

    Hal ini akan merugikan mereka sendiri, dengan investas yang cukup banyak namun serapan ilmu yang didapat sangatlah minim…apakah WI seperti ini akan bisa bersaing nantinya…?

    Kepada para WI dan calon WI mungkin harus bisa memasang strategi untuk memenangkan persaingan di daerah ASIA Pacific ini. Pemahaman dan penguasaan ilmu, komunikasi, multi skill, bahasa Inggris, harus jadi target untuk meningkatkan skill beirkutnya…

    Selamat berjuang…

  7. Selamat siang semuanya. Saya tidak hendak ingin kasih masukan mengenai WI, karena saya juga kurang paham dan kurang pengalaman mengenai WI. Hanya saya mau kasih dukungan terhadap kawan-kawan yang saat ini sebagai pengelola sekolah-sekolah WI dan NDT di Batam atau sekitarnya,terutama Bapak Novembri. Sukses terus untuk membina sekolahnya demi membantu banyak kawan-kawan kita yang punya keinginan berkarir di dunia WI dan NDT.
    Peluang besar ada dihadapan kita dimana nantinya paling lambat tahun 2010 semua industri berat (shipyar dan Oil & Gas) yang ada di Singapore harus dipindahkan, sebagaimana kebijakan negara tsb. Dan saat ini sudah mulai kelihatan persiapannya di Batam, Bintan dan Karimun yang sudah mulai banyak beroperasi perusahaan-perusahaan berat tsb. Semoga selalu sukses dan berjaya.

  8. Pak Lado ..Saya mau meluruskan sedikit. Saya bukan pengelola sekolah WI dan NDT. Saya bantu bantu jadi instruktur saja di salah satu tpt training nya…

    Yang kita harapkan WI yang lahir dari sekolah WI dan NDT tersebut yah harus kerja keraslah jangan cuma datang , duduk, denger, duit habis. Investasi besar jadi tidak maksimal. Di lapangan juga nanti masih banyak yang nggak tahu… Semoga tulisan tulisan di postingan ini bisa sedikit membantu diantara banyak permasalahan welding….

  9. minta tolong donk kasih tau syarat untuk bisa ikut wi training, apakah kita mesti pernah kerja welding …
    terus magaimana prosfek wi ke depannya…

    tolong yah pak…..

  10. Syarat untuk menjadi WI berdasarkan code AWS D1.1 adalah :

    6.1.4 Inspector Qualification Requirements

    6.1.4.1 Bases for Qualification.

    Inspectors responsible
    for acceptance or rejection of material and
    workmanship shall be qualified. The basis of Inspector
    qualification shall be documented. If the Engineer elects
    to specify the basis of inspector qualification, it shall be
    so specified in contract documents.

    The acceptable qualification bases shall be the following:

    (1) Current or previous certification as an AWS Certified
    Welding Inspector (CWI) in conformance with the
    provisions of AWS QC1, Standard and Guide for Qualification
    and Certification of Welding Inspectors, or

    (2) Current or previous qualification by the Canadian
    Welding Bureau (CWB) in conformance with the requirements
    of the Canadian Standard Association (CSA)
    Standard W178.2, Certification of Welding Inspectors, or

    (3) An Engineer or technician who, by training or experience,
    or both, in metals fabrication, inspection and
    testing, is competent to perform inspection of the work.

  11. buat yang nomor (3)
    (3) An Engineer or technician who, by training or experience,
    or both, in metals fabrication, inspection and
    testing, is competent to perform inspection of the work.

    kompetensinya dinilai dari mana pak ya ? perlu pengalaman kerja berapa lama untuk diakuin ?

  12. Untuk posting terakhir saya udah masukan AWS D1.1 2006 disana disebutkan any individual who…
    Artinya siap saja yang sudah pernah di training seperti WI dan mempunyai kompetensi untuk melakukan pekerjaan inspeksi.

    Untuk masalah kompetensi akan saya tulis di posting berikutnya biar yang lain juga bisa membacanya…ini masalahnya agak mendalam dan serius dan juga sensitif.

  13. saya sangat tertarik dengan WI ini.
    dan saya sangat berminat untuk iku kursus WI.
    pertanyaan saya adalah :
    1. dimana kursus WI di batam yg paling baik?
    2. berapa lama kira2 kursusnya?
    3. waktu kursusnya pagi apa sore? karena kalo pagi saya bekerja?
    4. kira membutuhkan biaya berapa untuk 1 levelnya???
    5. WI ada berapa level???
    sekedar ngasih tahu aja, saya dulu pernah ikut kursus BLKI di malang, dan sekarang saya punya sertifikat welder
    level III, kalo saya mau ikut kursus WI, apakah saya harus ngulang lagi dari awal???
    terima kasih atas jawabannya

  14. ikutan boleh ya……
    Karena orang baru didunia welding ini,jadi kayaknya akan buanyak koment saya yang gak sejalan ama dunia welding…jadi mohon dimaapin aja kalo salah ya….
    Dunia welding itu dunia aneh and paling njelimet (menurut saya neh).
    Dimana segala sesuatunya gak bisa ditanggapi hanya dengan menguasai ilmu perweldingan aja…banyak ilmu lain yang harus diapply supaya jadi welding inspector yang baik.
    Nah untuk ukuran baik ini aja nentuinnya udah susah buanget…bisa dari seringnya jadi qc welding….bisa dari seringnya jadi client…bisa dari seringnya ngereject kerjaan orang lain alias trouble maker…bisa dari seneng or enggak senengnya bozz…dan banyak lagi.
    Makanya gak bisa dinilai dari nguasain ilmu perweldingan aja.
    Tentu buanyak yang setuju and gak setuju ama pernyataan saya khan…..
    Tapi pada intinya untuk jadi inspector welding yang baik…seseorang itu harus amat..amat..amat fleksible.
    Dari urusan spec,ngereject,gaji dll…soalnya kalo enggak fleksible…susah dech ngominginnya.
    Saya bisa buktikan hal ini dengan pengalaman saya yang gak seberapa…dimana berdasarkan pengamatan saya bahkan jika anada berada pada posisi client sekalipun…and akan selalu terbentur untuk menjadi seorang inspector sejati karena ada satu kata yang super dahsyat pengaruhnya yang super besar kharismanya,sehingga kalo anda berbenturan dengannya akan sangat tipiezzzzz peluang anda untuk bisa mengunggulinya…yaitu PROGRESSSSSSSSS.
    Kata2 yang satu ini bisa bikin anda tertunduk layu(bahasa puisi…hehehe)dan lemah tak berdaya,kata2 ini bisa menjadikan material accept walaupun out of spec..dll
    Karena kata progress tersebut memiliki bala tentara yang punya kartu mati seorang inspector..salah satunya berupa kalimat yang dimana2 spec,code,rp dll selalu menggunakannya yaitu…APPROVE BY ENGINEER.
    jADI KALO SEORANG wi BERTEMU DENGAN KATA2 INI MAKA LANGSUNG DECH JADI GAK BISA APA2…hehehe.
    Nah untuk meluncurkan misil approve by engineer ini si fabricator juga punya pelatuknya berupa Technical Query…yang biasanya akan selalu digunakannya kalau udah terdesak…dengan berbagai alasan keterbatasannya maka diluncurkanlah TQ untuk memohon perlindungan dari yang lebih berkuasa dari si WI.
    Makanya ada banyak WI yang frustasi (karena dia gak fleksible tadi)
    Jadi saya mau ngusulin agar di program WI juga diajarin ilmu fleksibility ini…bair nanti lulusannya gak frustasi.
    Nah menanggapi kenapa harus empat bulan kursus WI di Indonesia,saya sangat setuju and kalo bisa ditambah lagi…biar WI made in Indonesia bener2 kompeten…dalam arti kat gak cuma jadi tukang buat report aja alias Reporting QC (sorry ya bapak2 semuanya…sebagai contoh CSWIP cuma 5 hari dikelasnya…makanya pak novembri enak lulus 3.1 nya …soalnya beliau dah belajar metalurgi 5 tahun,sementara banyak temen2 certified WI indonesia kesulitan untuk lulus 3.1 kayak pak novembri yang berarti waktu belajar 4 bulan itu belum cukup buat jadi seorang WI yang diakui oleh CSWIP…khan gak lulus)
    Makanya sya berharap sangat pada temen2,senior2 yang udah pada lulus cswip agar mau memberikan masukan dan saran2 tentang apasih maunya si cswip itu….sehingga pak novembri yang punya gawe memproduksi WI indonesia bisa menelurkan WI2 yang langsung bisa lulus CSWIP.

    Satu lagi untuk sekedar renungan kita bersama…kenapa ya MIGAS gak nerapin peraturan agar semua WI yang beroperasi di indonesia dalam projectnya migas…agar punya cert WI migas.
    Saya yakin kalo ini diterapka…tuh bule2 yang biasanya jadi koordinator QC…gak bakalan bisa lulus dengan gampang.

    Mohon jangan dianggap serius ya tulisan ini hehehe….ntar kebanyakan yang serius bisa berabe nech….
    Bak kata pepatah ala saya….kemanapun mengalirnya…air itu akan tetap menjadi hujan (nih pepatah sama sekali gak ada hubungannya dengan tulisan diatas…iseng aja)
    Terakhir…didunia WI berlaku suatu hukum tidak tertulis….yaitu..IT’S NOT ONLY WHAT YOU KNOW…BUTTTTT….WHO YOU KNOW!!!!!!

    INDONESIAN WI ARE BEST OF THE BEST

  15. Komen lagi ah…..
    Ada yang ketinggalan ki komen saya sebelumnya (tau di approve pa enggak ama moderator).
    Yaitu…SYARAT UTAMA UNTUK JADI INTERNATIONAL wi.
    Untuk jadi Int WI…temen temen semuanya harus punya starting point…atau zero datum…atau titik acuan yaitu…..BERDOA DAN MEMINTA KEPADA ALLAH SWT.
    Kalo syarat ini gak temen2 penuhi….saya yakin,haqqul yakin,cita2 temen2 gak bakal kesampaian.

    INDONESIAN WI ARE BEST OF THE BEST!!!!!!!

  16. “kalau seorang WI sudah paham dan mengerti serta tahu apa yang di sebutkan dalam TWI tadi menurut saya berarti dia sudah layak dikatakan WI yang baik”.
    Kalimat diatas menurut saya suallaaahhhh besar pak…
    Gak cukup ama yang gituan aja…itu ilmu TEXT BOOK.
    Baru kulitnya aja…belum menyentuh langsung kekriteria WI yang baik…alias paham,mengerti gak cukup kalo enggak di implementasikan dilapangan.
    Ini bukan masalah kecil pak…saat anda berposisi sebagai fabrikator…untuk mengimplementasikan kriteria yang bapak sebutkan tadi…..saya rasa bapak cukup tau tantangannya…hehehe…apalagi WI yang masih berstatus contract…wah…..mikir 1000X kalo mau ngikutin semuanya.
    Bicara WI gak bisa dilepaskan dari kata Welding Quality…yang artinya bukan cuma before,during and after welding aja.
    Zaman sekarang Quality udah melibatkan buanyak sekali aspek yang terkait dengannya…ketersediaan materiallah…handlingnya…marking cuttingnya….baru fit upnya…dst.
    Jadi semua sekuen yang ada dalam fabrikasi dan yang terkait dengannya juga merupakan faktor penentu qualiti dari welding…nah inspector zaman sekarang harus juga bisa memahami dan mengimplementasikan semua yang terkait dengan hal tersebut diatas.
    Sebagaimana yang kita dapati dilapangan…ada WI yang gak pernah berkecimpung didalam aktifitas welding,karena postnya di receiving material,dan dia harus melaksakan suatu tugas penting…bahkan sangat penting bagi proses selanjutnya dengan produknya GIIR (goods inward inspection report)baru bisa masuk ke proses MVR(material verification report) untuk diteruskan ke marking cutting.
    Ini termasuk ilmu yang harus dikuasai seorang WI.
    Itu sebagai salah satu contohnya…jadi saya rasa gak cukup dengan apa yang digambarkan oleh TWI saja…karena pada prakteknya…perusahaan2 yang juga punya afiliasi ke TWI,yang menggunakan code EN dan bahkan BS juga mendelegasikan/memberikan job responsebility kepada para WI penyandang CSWIP yang jauh dari TWI WI responsebility…bahkan ada yang harus membuat progres dari project(ini hampir 90% terjadi dilapangan).
    Jadi kesimpulannya WI yang baik itu adalah seorang WI yang mengerti serta melaksanakan semua job description dan responsibility-nya yang tertuang didalam kontrak kerjanya secara penuh dedikasi dan bertanggung jawab.
    Untuk itu sangat buanyak ilmu yang harus dikuasai oleh sang WI,gak terbatas hanya dalam bidang welding seperti WPS atau nguasai code aja (code ini CUMA minimum requirement)
    WI juga harus tau fabrication sequence,good engineering practice dan terutama Client SPEC yang menjadi target meeting requirement yang utama (ini yang agak sukar…karena setiap berganti project maka akan berganti client spec).
    demikian aja dulu sekilas tanggapan dari saya…tau tuh…diapprove enggak buat posting disini.

    Thank Mr.Moderator and ALL THE BEST FOR INDONESIA WI

  17. Thanks banget tuh atas tanggapan dan usulnya dan pencerahannya…
    Semuanya bener…nggak ada yang bener …he he he..

    Jadi saya terpaksa setuju aja nih dengan inspector kayu satu ini…
    Yang kayu aja udah kritis baget apalagi yang beneran. ya nggak pak kayu..

    Saya kalau mau nulis sampaidetail detai benget kayaknya tergantung mood dan ketersediaan waktu aja. Jadi yang ditulis ya role of thumb nya aja. kalau mau lengkap denganyang nyelineh nyelineh silahkan aja di tambahkan. yang penting ada informasi dari lapangan dan masukan dari para experrience untuk yang baru lulus dan mau jadi WI. paling kurang mereka sudah dapat informasi kondisi di lapangannya seperti apa.

    Semoga bermanfaat.

    thx

    ditunggu postingannya kalau mau nyumbang tulisan….

    • aq mw ikutan nanya,kl di jakarta kursus-nya aa gak……..?

      • kita hanya baru di batam pak..

        sayang sekali belum dapat tempat di jakarta..

        kalau pelatihannya di batam memangnya bapak tidak berminat ikut?
        lumayan juga lah pak sambil travelling.hehe

  18. salam kenal
    gosip-gosip soal wi menarik juga. saya tinggal di balikpapan dan baru menyelesaikan kursus wi di its surabaya dan bisa minta info tempat cari artikel-artikel soal welding inspector yang bagus ga? thanks

  19. salam kenal
    gosip-gosip soal wi menarik juga. saya tinggal di balikpapan dan baru menyelesaikan kursus wi di its surabaya dan bisa minta info tempat cari artikel-artikel soal welding inspector yang bagus ga? thanks

  20. apakah sulit untunk menjadi seorang welding inspector … ? pengalaman dari dasar,dimulai dari sekolah ..

  21. Permisi……..

    Saat ini saya tertarik untuk mengikuti diklat WI dan Piping designer (B4T Bandung).
    Mungkin teman2 bisa kasih masukan mengenai prospek kedepannya dari lulusan WI dan Piping Designer?
    Soalnya, yang saya tau, akhir2 ini lulusan WI sudah sangat banyak.
    Mungkin teman2 ada yang tau mailist untuk WI dan Piping designer? Kalo ada yang tau bisa minta doooong…

    Thanks ya bro…

  22. Askum.
    W.I Yaaaaa….? Emmm…mm…
    Kebetulan sy sedikit tahu tnng itu,mungkin..:
    1. Minat,usaha,doa dan akhirnya tergantung yg maha mengatur,4LLI S.W.T

    2. Bila bapak2/Ibu2 berminat,pertanyaannya: “sejauh mana Bpk/Ibu dalam menghapal ?????? krn yang sy tahu WI itu Buanyak bgt hapalannya,bila hapal mudah untk di implementasikan di lapangan

    3. Soal Relasi,client,”who u knows”? Stress,Frustasi Aaaah..itu semua kembali ke Apptitude anda sendiri,jgn jd alasan anda untuk mundur,Rezeki manusia sdh ada yg ngatur mas,jgn mundur sebelum bertempur….!!!!!!!

    4. Bagi siapapun yg ingin terjun ke dunia Inspeksi ini,WI hanya salah satu metode,artinya msh bnyk metode lain sbg penjajakan,misalnya NDT (Uji Tidak Merusak)
    Usul sy,bila anda ingin mengikuti training ini jgn maen ikut saja,lebih baik cari dan baca2 dulu Module2 yg ingin anda ikuti sbg Referensi,bila dirasa anda mampu IKUTILAH TRAINING nya,apapun itu,krn walaupun Investasi tp perlu uang yg tidak sedikit lho…!

    So…jgn takut mencoba,SELAMAT BERJUANG…!!! dunia INSPEKSI Menunggu anda

  23. Komentar nya masuk angin bisa diperhatikan….

    thx

  24. Urun rembug nih.

    Menurut saya WI itu sebagai qualifikasi or ilmu dasar, setelah kita menjadi WI, ternyata masih banyak sekali qualifikasi qualifikasi advance yang perlu dipertimbangkan untuk diambil agar bisa bersaing dengan inspector inspector asing, seperti halnya painting dan korosinya NACE, Pipa 570 – Pressure Vessel 510 – Tank 653 – Damage mechanism dan RBI by API.
    Semua itu sebagian kecil dari qualifikasi advancenya dari seorang WI.

    Jadi Kalo WInya lagi gak ada user yang make, masih ada qualifikasi lainya yang siap untuk dijual..

    mangaknye kalo udeh dapat gaji WI (200 U$D/hari) jangan buat beli tanah atau kesenangan lainya dulu… mesti kita pikirin untuk investasi ilmu / nambah qualifikasi lain supaya tetap exist.

    Dan jangan lupa, relationship, attitude juga aptitude mesti dijaga baik baik.

    Wiwid

  25. buat pak novembri tolong kasih masukan buat saya, saya welder yang ingin mengambil WI,(untuk meningkatkan quality)saya pernah bekerja di dalam dan di luar negeri.sewaktu bekerja kadang prosedur welding tidak dipakai,bilamana si BIG BOS(kontraktor) sudah bicara scdhule/progress,yang saya tanyakan bagaimana bapak menanggapi masalah ini?kadang saya berfikir,bagaimana kwalitas pekerjaan yang dihasilkan.apakah seorang WI nanti jg akan mengalami hal yang demikian.sy tinggal di jakarta.kursus WI yang baik di mana yaa?referensi apa yang harus saya miliki?so i wait your opinion,mohon maaf jk pertanyaanya kurang detail becaus i new comer in WI,

  26. Dear Pak Novembri,

    Salam kenal sblmnya,sekedar informasi buat Pak Danang utk kursus WI dijkt setau saya ada di BKI, UI Salemba & ada juga di B4T Bandung.

    Pak Nov,saya sbg QA/QC Eng. di suatu perus. konsultan,menurut bapak kursus apa yg paling tepat & ideal utk mendukung pekerjaan saya?
    saat ini saya baru memiliki sertifikat coating inspektor dan akan berhubungan dgn pekerjaan pipeline, pipe rack dsb.

    Mohon info & sarannya.

    Terima Kasih

  27. Dear All

    Salam kenal nama sya agung, sudah sekitar 8 saya bekerja di bidang Oil & Gas, di duri riau, sekarang posisi saya bekerja sebagai Health, safety & Environment di sebuah perusahaan swasta yang mempunyai kontrak di PT. Chevron Pacific Indonesia, Berhubung basic ilmu saya adalah mechanical engineering menurut saya melenceng jauh sekali dengan bidang ilmu saya, saya sangat tertarik dengan dunia PIPING dan Welding, apabila saya mengambil sertifikasi lebih baik yang mana apakah welding engiineer atau piping designer?? yang langsung diserap di dunia migas, terus terang saya sebaga HSE tidak bisa mengembangkan ilmu yang saya tekuni selama 5 tahun di bangku kuliah.. terima kasih
    mohon bantuan & jawaban atas kebingungan saya ini

  28. tolng pa mnta alamat sekolah wi,brapa biayanya?sy ada di serang banten.

  29. lam kenal untk semua, sy saat ini adalah salah satu siswa WI yg berada di cilegon dan sy sdh dua ninggu disini, program WI ini diselenggarakan oleh d

  30. program WI ini diselenggarakan Depnaker BLK cilegon dan untk gelombang kedua penerimaan siswa baru tanggal 2 februari. info lebih jelas kirim e-mail ke sy slv_1c_perdi@yahoo.com

  31. Assalamu’alaikum
    Saya termasuk orang yang sangat pingin mengikuti kursus inspection (NDT,WI dll). Tetapi keinginan saya tsb terkendala masalah biaya kursus yang menurut orang seperti saya (kuli pabrik) sangat mahal. Mungkin dari pemerintah atau lembaga penyelenggara kursus ada semacam dispensasi kusus bagi kita-kita yang tidak mampu secara finansial. Kami sangat berterimakasih kalau ada keringanan.

  32. Pak Novembri saya mau tanya apakah lulusan wi dari ui depok bisa kerja di dunia wi? trimakasih sebelumnya

    • Antok..

      Lulusan WI dari UI pasti bisa dong ikut terjun ke dunia fabrikasi..tergantung pribadi masing masing…ilmunya mumpuni nggak ..apa masih aa uu aja…?

      salam

  33. Wah luar biasa blog ini, informatif sekali isinya. Comment & sharingnya pun berbobot…salute..

    Mohon pencerahannya dong Mas Novembri dan para Suhu yang lain, saya sama bingunnya dengan sama dengan Mas Agung, prospek WI or Piping Designer / Engineer itu bagaimana ya ke depannya?

    Background saya dari Mech. Eng, skrg bekerja 6 thn di bidang design konstruksi kereta dgn software CATIA, tapi berminat sekali ke oil n gas…sbaiknya ambil kursus apa ya Mas.. WI or Piping Design ?
    Dilihat dari prospek, rate salary, dll-nya.

    Kebetulan ada teman dia CSWIP Cert., skrg kerja di Thailand, dgn rate > 250 USD / day.
    Kalau di piping sndiri gmn ya.. :-)

    Cheers & have a nice day..

  34. Pak Novembri yang terhormat, saya baru mengenal kata Welding 4 bulan yang lalu, saya masih undergraduated student (nunggu wisuda) teknik elektro arus kuat. WI ini menarik saya dengan alasan saya harus berguna bagi bangsa ini. mungkin sebagian menganggap ini adalah idealis, tapi dari situlah saya berangkat. Ada bebrapa pertanyaan yang saya ajukan kepada Bapak,,

    1. WI yg cocok untuk saya yang mana ya Pak?
    2. Jika ingin mengikuti training dengan skala internasional di daerah Surabaya kira2 dimana ya?

    Saya merasa senang akhirnya baru menemukan blog ini, serasa menemukan teman, namun kenyataan yang ada “teman-teman baru” seperti mereka jauh banget lebih berpengalaman,,

    terimakasih atas jawabannya,, kalo kata orang jepang,, yoroshiku onegaishimasu!!

    ^.^

  35. Salam kenal Pak Novembri,
    Mau tanya tempat training WI di Jakarta yang bagus dan sertifikatnya diakui.
    Saat ini banyak yang menawarkan training WI dengan sertifikat bermacam2. Sebenarnya sertifikat WI yang bagaimana/dikeluarkan oleh siapa yang diakui oleh dunia migas.

    Terima kasih

    Dimas Mt’01

  36. Mohon pencerahannya dong Mas Novembri dan para Suhu yang lain, mengenai prospek WI or Piping Designer / Engineer itu bagaimana ke depannya? Mana yang lebih menjanjikan…karena dengar2 WI skrg sudah banyak..IMHO..

    Background saya dari Mech. Eng, skrg bekerja 6 thn di bidang design konstruksi kereta dgn software CATIA, tapi berminat sekali ke oil n gas…sbaiknya ambil kursus apa ya Mas.. WI or Piping Design ? Dilihat dari prospek, rate salary, dll-nya.

    Kebetulan ada teman dia CSWIP Cert., skrg kerja di Thailand, dgn rate > 250 USD / day.
    Kalau di piping sndiri gmn ya.. :-)

    Cheers & have a nice day..

    • Kalau sdr sekarang sudah main di Catia…saya sarankan anda ikut piping saja….karena akan lebih cepat berkembang dan memahami prinsip design. Piping banyak pekerjaan design….masalah prospek kerja dan gaji..itu semua tergantung yang di atas….tapi kalau sudah expert dan ahli banyak yang nyari orang piping dari pada orang CSWIP….

      salam

  37. gw welder sertifikasi 6G.
    bersetifikat nasional.

  38. Thanks Mas Novembri atas pencerahannya,

    Saya baru tahu ternyata kalau sudah expert banyak yang lebih nyari orang pipind dari pd CSWIP.
    Kalau di Piping sendiri ada sertifikasinya ga Mas, spt di WI – CSWIP, AWS, dll..
    Karena kalau udah sertifikasi spt CSWIP gitu kan bayarannya per hour rate nya ya Mas…Sptnya di ping ga spt itu ya?
    Apa brarti ratenya lebih tinggi CSWIP dong…

    Mohon pencerahannya lagi Mas…

    • Di piping itu untuk inspector certificate internationalnya disebut API 570 biayanya kalau diSingapore S$ 3200. Bayaran orang ini juga tidak kalau dengan orang CSWIP. …malah CSWIP dibawahnya. Udah kamu belajar dulu, semuanya bagus koq dan saling berhubungan …

      Salam

  39. Waah terimakasih berat Mas Novembri atas pencerahan dan sekaligus motivasinya…

    Nah sekarang, dimana saya bisa menemukan tempat kursus/sertifikasi piping design yang bagus dan diakui oleh perusahaan2 oil n gas Mas?

    Posisi saya di Bandung sekarang. Di sini ada B4T, tapi saya kurang tahu bagaimana prestasinya dibanding dgn yang di Batam..

    Oya, API 570 itu piping inspector certificate ya Mas? Apakah maksud Mas Novembri, utk ke arah itu basicnya sebaiknya dari piping design ? jadi bukan dari WI?

    Mohon pencerahannya lagi Mas, biar makin cerah
    ^_^.

    Terimakasih & Salam

  40. Assalamualaikum Saya REGA SONY
    Salam Kenal ya..
    Saya Pengen Bgt Belajar W.I..
    Saya Pengen Bgt jd Seorang W.I yang Bener-Bener Bisa di handalkan Bukan Karna Gelar W.I tapi kemampuan Saya dalam bekerja.. Siapa ya yg bisa mengajarkan Saya seperti itu????

  41. Alhamdulilah Tahun ini Saya Udah Semester 4 di Teknik Mesin. D3, Rasanya Pengen Bgt Cepet-Cepet Lulus dan Memulai pendidikan di W.I.. Sapa ya yg Bisa Mengajarkan Saya jd seorang W.I yang Rendah Hati??

  42. pak novembri..saya ingin bertanya….
    lebih baik ambil pelatihan WI atau NDT??
    saya jur teknik mesin…tetapi saya lebih senang dengan yang semacam metalurgi….
    jawaban bapa berpengaruh dalam karir saya ke depan……
    Terima Kasih..

  43. ikutan training, dapat sertifikat, cari client, berdoa terus untuk selalu dapat kontrak, cari relasi sebanyak-banyaknya. akan jadilah WI sampai mempensiunkan diri. AMIN

    Salam

  44. dear All
    pak Nov saya ada pertanyaan beberapa:
    >Setelah lulus sekolah Welding Inspector gajinya berapa ya pak?

    >Untuk di batam sekarang kan banyak lembaga (tempat training) yg menawarkan jasa training untuk O&G.
    Kenapa koq tidak di bikin 1 tempat training saja?

    >Dengan banyaknya urban dari pekerja elektronik yg kursus WI apakah dengan pengalaman semacam ini di dunia O&G memang bisa bersaing?

    terimakasih

  45. salam kenal semua.
    nama saya Rinaldi. saya baru tamat kursus Welding Inspector di Universitas Indonesia. skrng saya lagi di batam mau cari krja. bagi bapak-bapak/ abang-abang WI yang sudah kerja mohon informasi dan bantuan nya.

    atas bantuannya TErima Kasih

  46. Blog yg sangat bermanfaat. Salut utk pak Novembri.

    Setelah membaca komentar2x diatas, sy akhirnya memperoleh sedikit gambaran mengenai hal WI. Terima kasih banyak kpd semuanya.

    Masalahnya, Sy sudah lama meninggalkan dunia kerja dan menggeluti Dunia wiraswasta s.d skrg.
    Jadi cukup gamang utk kembali lagi ke dunia kerja formal.

    Pak Novembri, sy academic background maupun working experience: Mech.Eng, saat masih didunia kerja formal s.d SKRG sy menyukai bidang pekerjaan Mech-Eng.Design & Manufacturing serta Repairing

    Sekarang saya tertarik dgn masalah WI ini, dan bermaksud mengikuti pendidikan WI dari dasarnya.

    Menurut Pandangan P.Novembri, apakah WI ini cukup relevan utk saya dalami ?

    Thanx

    • Bagaimana kalau duinia per HP an tetap dilanjutkan….khan udah enak tuh..Setelah saya lihat blognya..tinggal melakukan suatu kreatifitas lain dari yang lain saya yakin anda akan lebih maju. Kerja happy duit dah nggak ada masalah………

      Balik kerja ke awal lagi ..saya rasa perjuangan cukup panjang dan juga sesuatu yang belum pasti…….

      Salam

  47. Salam Kenal,
    Saya Firman Hidayat,setelah melihat posting kawan2 sangat mengesankan.

    salam

  48. aku mau tau banyak tentang welding,bisa ndak aku diimformasikan banyak hal tentang welding?

  49. bapak2/mas2,aku mau tanya dimana bisa mengikuti kursus welding dibatam dan dimana tempatnya?
    kira2 berapa biayanya?

  50. Permisi, cuma mau komentar dikit tentang pernyataan lama dari inskayu yg isinya sbg berikut:

    By: inskayu on July 18, 2008
    at 5:39 pm

    “Bicara WI gak bisa dilepaskan dari kata Welding Quality…yang artinya bukan cuma before,during and after welding aja.
    Zaman sekarang Quality udah melibatkan buanyak sekali aspek yang terkait dengannya…ketersediaan materiallah…handlingnya…marking cuttingnya….baru fit upnya…dst.”

    Maksudnya before welding process yaa itu kan, jd mksd saya lingkup before welding bukan hanya sekedar persiapan alat n consumable dll aja kan. Dan slogan “before” ya memang mencangkup perkataan INSKAYU di atas, dan bukan jaman sekarang aja itu dilaksanakan namun dari dulu maksudnya “before” dalam inspeksi itu dilakukan. Maaf nih kl ada salah maklum pemula hehehe.

    Terkahir, saran saya buat pemula yg ingin ambil WI apalagi yg masih freshgraduate mending ambil kursus NDT nya aja dulu sebab kan memang saling terkait tuh, toh memang sama2 inspeksi ambil aja dari yg paling mudah dulu.

    piss..

    Kampret_Merah

    • quality gak cuma before during and after aja mas….hehehehe…..yang dimaksudkan ama twi dalam hal before gak mencakup kategori pengecekan material saat material baru datang alias Good Incoming Inspection Report (GIIR) ini salah satu contohnya aja.
      So…jauh sebelum BEFORE Welding yang dimaksudkan/yang difahami oleh sebagian WI sebagai Main Responsibility Welding Inspector (seperti yang menjadi mandatory question dalam CSWIP3.1),quality itu sudah berjalan dalam proses fabrikasi.
      Kalau hanya berpatokan pada BEFORE seperti yang dimaksud CSWIP 3.1…gimana anda bisa tau kalau heat number yang di stamp di material sesuai atau benar2 dari transfer material asli alias bukan cuma di stamp aja…untuk ini anda harus bisa mengikutinya dari sejak awal proses fabrikasi yang notabene melalui beberapa tahapan sebelum material siap untuk di welding.

  51. hi all wah disini ternyata ada saudara saya juga ‘kampret merah’ wak..kaka..

    Bung kampret merah saya sangat2 se7 dengan apa yg ada katakan diatas.Sudah dari Sono-nya before,during & after diterjemahkan dalam suatu pola synergy yang saling berkaitan,dan tentunya dalam proses ini deperlukan personel yang benar2 mengerti/memahami(job responsibility gitu lah dalam bahasa gaulnya)
    Dalam wacana ini Semoga bisa membuka tabir bagi rekan2 kita yang masih kebingungan dalam pola ini untuk bersynergy secara utuh total serta bertanggung jawab pada project yang mereka ikut serta didalamnya.

    *kapan kita yack kita bersantai sejenak untuk refresing atau yah kopi darat lah gitu istilahnya.

    jujur saja stress dalam bekerja tanpa di imbangi refresing bisa bahaya…kwak..kwak…

    hapy nice day buat rekan2 yg sekarang sedang mencapai impian terindah dalam hidup

    salam
    (Hidup,bekerja,berkarya seperti aku tak pernah mati=sebuah semboyan bagi diri kita supaya hidup lebih hidup)

  52. terima kasih pak atas informasinya dan waktu luangnya,banyak kabar yang beredar di teman2 alumni teknik perkapalan terutama yang sudah alumni WI,aqu sendiri masih kuliah pak,tapi setidaknya setelah kuliahku rampung,aqu berencana masuk WI,masalahnya sekarang aqu masih bingung mana yang lebih baik diantara yang terbaik sekarang ini pak??WI,NDT,WE,dll.mohon pencerahanya pak.terima kasih banyak atas perhatian bapak selama ini khususnya buat masa depan kami kedepannya….

  53. saya orang baru yang mau ikut nimbrung disini,tolong saya diinformasikan tentang pengalaman 2 kk yg sudah jadi alumni WI.terima kasih sebelumnya….

  54. saya pengen banget ambil WI, tp skrg saya blum percaya diri ambilnya karena pengetahuan saya tentang ilmu bahan apa lagi logam masih sangat kurang, ditambah lg dengan bahasa inggris saya yang pas-pasan. saya mohon bimbingan dan masukan bapak atas hal ini.

    • Ero…

      Anda benar.. Saat ini banyak yang punya WI tidak paham dengan ilmu logam sehingga apabila ada permasalahan dilapangan mereka tidak bisa memberikan solusi..karena nggak tahu ilmunya. Kebanayakn saat ini WI hanya bisa sebagai checker saja meng accept atau me reject, tapi tidak bisa menjawab why …?

      Kalau mau ngerti ilmu bahan …wah itu juga permasalahan besar karena butuh waktu yang lama untuk paham dan mengerti. Kalau orang teknik metalurgi butuk 5 th agar bisa lulus….sehingga baru bisa mengerti sampai ke akar akarnya…

      Kalau banyak kedala untuk menekuni WI saya sarankan anda untuk mengikuti program lain yang bisa seieirng dengan jurusan anda sehingga nanti anda akan lebih cepat maju….di dunia oil and gas itu butuh semua jurusan dan keahlaian teknik….electro, mesin, civil, material, kimi, dll.

      salam

  55. Halo bang,saya sudah 5 bulan tamat wi di BKI jakatrta,kenapa sulit sekali ya mau kerja,apa sudah ketinggalan BKI YA,tolong dong infonya,khususnya untuk di sumatra.

  56. ass…
    pak novembri, saya sudah sepuluh tahun bekerja di perusahaan konstruksi spesialis tangki timbun,dari pertama masuk menjadi helper sampai sekarang saya jadi QC (kurang lebih 5 tahun di QC), tapi sampai saat ini juga saya belum punya WI, apakah dengan pengalaman tersebut saya bisa mengikuti kursus WI.sedangkan saya hanya lulusan STM.
    terima kasih sebelumnya…

  57. askum saya eko,lu2san smk thn 2007,syarat ap sj untuk bs ikut jd seorang WI??? sat ini sy bekerja sbg seorang radiografy?eh tapi d tolak mentah2???

  58. Saya cm mw tanya bisa gak yah jd WI dgn background IT.
    Saya mw coba hal

  59. salam hormat saya pak novembri..
    saya ingin tanya, berapa sich biaya untuk mengikuti kursus WI ini??
    skrang sya sedang kuliah dengan jurusan teknik mesin,jd rencananya saya akan coba mengikuti kursus ini,trus dmn saya bisa menemukan tempatnya??
    apakah perlu pengalaman kerja….
    klo itu sich saya belum punya.
    akan tetapi saya punya pengalaman kecil dibidang pengelasan selama 3 bulan,itupun saya dapat dari Praktek kerja lapangan diwaktu saya masih duduk dibangku STM. mohon penjelasannya ya…..
    ke email saya…(Billabong.jOeY@yahoo.co.id)
    oy, satu lagi perlu pintar berbahasa inggris gax??
    terimakasih…harap beritanya.

  60. saya tino saya lulusan D3 saya ingin sekolah WI dan ingin menjadi QC.
    kira2 dimana ya yang bagus dan bonafit
    di bandung atau di batam

  61. Selamat malam mas, kalau boleh tahu Kursus yang paling baik ada dimaana, dan apakah setelah lulus dari kursus tersebut, lembaga tersebut juga membantu mencari lowongan pekerjaan.
    Minta tolong jawabanya, karena saya tertarik banget

  62. saya sekarang lagi tranning welding inspector di bki, selasai tanggal 17 juli 2009. tolong ya infokan lowongan untuk wi. thank ya

  63. WI…WI…sungguh menggiurkan and menjanjikan sesuatu yang luar biasa…..hehehehe.
    kayaknya Pak novembri salah besar tuh kalau bilang gajinya API 570 lebih besar dari CSWIP…
    Biasanya nech….umumnya…and hampir semuanya (walaupun tidak dipersyaratkan oleh API)semua API inspector yang berhubungan dengan hot work…udah punya WI lebih dahulu.
    Nah gaji yang diterima selanjutnya adalah akumulasi dari gaji WI + API Inspector.
    Terus lagi kalau gak salah nih…API Inspector itu kerjanya dalam “in service atau maintenance job”maka umumnya mereka2 yang punya cert ini berasal dari permanent employe di oil company,nah kalau udah permanent…kalah donk gajinya ama para penerbang2 freelancer…kayaknya gitchu kondisi aktual sekarang ini.

  64. pak nov,q hans lam knal..!Q mhsiswa tek prkapalan,q tertarik ma dunia las,q bru lu2s n mw ambil WI bagusx ambil dmna n klas apa?yg co2k tuk ank prkapalan?q di sby,thank’s before!

  65. slam kenal,
    aku trian bru lulus jurusan metalurgi.
    pngen ikutan gabung.
    mhon masukannya, untuk kondisi sekarnag ini, apakah WI masih relevan untuk jadi pilihan??
    apkah lmbaga kurus WI dnegara kita sdah mengantongi standar sertifikat nassional ataupun internasional?? mngkin bsa dsbutkan ‘merk’ untuk bahan pertimbangan??trimaksh sblumnya,

  66. saya mu kursusu welding inspector dimana ya kalau di bandung ada gak?

  67. salam hormat saya pak novembri..
    saya ingin bertanya alamat lengkap bp sugianto NDT level 3 dimana yah….yang saya tahu berlokasi di cikarang akan tetapi alamat lengkapnya saya tidak tahu, mohon bantuannya apabila bapak mengetahui……soalnya saya ingin sekali menjadi seoarang NDT atau WI, terima kasih pak dan salam hormat saya buat bapak semoga sukses selalu

  68. Tolong Mas di Infokan ke email saya : ha.engine@yahoo.com mengenai jadwal Training WI dan Tempatnya Di mana? saya Tunggu Yah..

    Thanks

  69. salam…
    saya ingin sekali bergabung dgn WI,tp saya tdk tau langkah” awal utk mmasuki kursus ini…
    saya org batam,tapi saya tidak tau banyak lokasi sekolah WI d batam…
    yg saya tanyakan :
    1.d mana sekolah yg qualifiednya baik di batam??

    mohon petunjuknya dari bapak novembri yusuf.
    jika bapak bisa memberikan kabar secepatnya pada saya,mungkin dalam bulan ini saya akan langsung menekuni kursus ini.
    trims pak.

  70. selain di BKI dan B4T di mana lagi ada training WI?
    Untuk syarat pesertanya, kalo bukan sarjana teknik gimana?dan baru ada pengalaman 1 tahun di material consumable. Mohon dibalas ke email saya tox_cakep@yahoo.com

    • Nto

      Untuk training WI saat ini sudah banyak di Batam ada sekitar 5 intitusi sedangkan di Jkt ada sekitar 2 intitutsi juga diantaranya Batam :

      1. Offshore Technology Institute ( http://www.batamtraining.com )
      2. IKBAL M Yos
      3. IINDT Batam
      4. UINDT
      5. Gamma Buana

      Jakarta :

      1. UI
      2. BKI

      Salam…

  71. numpang gabung boss…
    Saya mo numpang nanya ni…
    Saya emank baru kenal dunia welding, tapi saya sangat tertarik untuk menjadi seorang welding inspector…
    Bisa tolong bantu boss..?
    Kiat-kiat untuk menjadi WI yang sukses bagaimana..?
    Tolong ya boss…!

  72. 1. apakah untuk menjadi wi harus dari jurusan tehnik? karena saya dari jurusan non tehnik.

    2. apakah wi banyak dibutuhkan dalam dunia kerja?

    3. mana yg lebih di butuhkan ? wi,ndt,pipping system?
    atau apa?

  73. Bismillah…,

    dear moderator, saya beranikan bertanya langsung setelah membaca banyak comment dan input2 yg bagus…, saya kurang lebih 5 thn yg lalu lulus dari sarjana teknik perminyakan…, brusaha apply ke perusahaan minyak alhamdulillah blm ada yg terima, alhasil sampai sekrang saya bekerja di dunia telekomunikasi ( 4 thn lbh ), hehe tapi ini tetap saya anggap anugerah meskipun 180* menyimpang. pak moderator, saat ini keinginan saya muncul lagi sangat kuat untuk bekerja di dunia perminyakan.., jadi bgitu saya baca blog ini, saya mau bertanya ke bapak, adakah training yg bisa saya ikuti agar bisa pede untuk melamar ke oil company? terima kasih banyak
    regards
    -anshari-

    • alhamdulillah..

      dapat email dari seseorang yang sangat ber-SEMANGAT dan begitu OPTIMIS.
      seperti itulah seharusnya..
      kegagalan tak lantas membuat kita pupus harapan…SETUJU pak??heheh

      sebelumnya maaf ya pak kalau (agak) terlambat balas emailnya..maklumlah..jam terbang cukup tinggi(?)
      saya yakin, saat ini bapakpun masih tetap dengan jiwa yg bersemangat membaca email saya ini..(semoga)

      Saran saya, dengan latar belakang pendidikan yg bapak miliki sebaiknya ambil training welding inspector saja.
      dengan mengikuti training tsb bapak akan medapatkan banyak sekali ilmu dalam oil-gas, materi wi yang ada di tempat training kita ( red. OTI = Offshore Tekhnology institute) juga sangat complited, dimana nantinya bapak akan mendapat banyak materi ttg perweldingan. contohnya ; Steel making welding process (GMAW, SMAW, SAW, GTAW, FCAW) , welding metallurgy, NDT , dan ada 25 materi lainnya ( see @ http://www.batamtraining.com)
      Sertifikasi yang kita miliki juga dari BNSP pak,, dan saya yakin itu nantinya cukup membuat bapak PEDE ABIS untuk apply lamaran ke perusahaan2 oil gas bergengsi.

      namun ada satu hal yang mungkin akan jadi renungan..ini sangat penting.
      “jika bapak memang ingin serius memasuki dunia oil-gas ini ..bapak harus berani ambil resiko terlebih dahulu.
      misalnya, kehilangan pekerjaan yang mungkin saat ini bapak cintai, yang juga membuat bpk kehilangan penghasilan sementara (jgn khawatir pak, saya pun dulu begitu saat memulainya)

      bapak harus benar-benar mempertimbangkan dulu dengan matang.

      oia,kebetulan untuk training wi schedule terdekat, kita kan open class tanggal 18 juli 2011 ini..
      durasi training selama 4 bulan dengan cost 9,3 juta (included)

      nah,, jika bapak berminat..
      silahkan kontak marketing kami di nomor 0813 6442 0471 (cece)
      orangnya sangat ramah kok pak,, bapak bisa konsultasi lebih lanjut dengannya.

      ditunggu ya pak.

      Salam

  74. saya mau nanya agak nyimpang nihh,, saya tertarik dengan dunia NDT juga WI.. kira kira gimana ya prospek dari NDT itu sendiri ??

  75. klo di sekitar cikarang ada g kang

  76. salam kenal semuanya, sy sangat tertarik dengan dunia Oil and Gas atau fabrikasi. sy mau tnya kepada bapak novembri yusuf dan rekan2 yang tau bnyak tentang dunia wi dan ndt, pak sy minta pengarahan karena dunia Oil and Gas atau fabrikasi itu sngat bnyka cabangnya, sy bingung untuk menentukan apa yang harus sy ambil sedangkan sy orng baru didunia Oil and Gas atau fabrikasi, saya lulusan D3 manajemen informatika dan pernh bekerja sebagai programmer dan staff IT. pak jawabannya kirim ke email hariyanto.anton@ymail.com .terima kasih atas penjelasannya.

  77. gi mana saya mau masuk ke tmpt bisa tolong di kirin ke emil saya dan cara sarat nya……………

  78. Buat abang”/bapak”/ibu”/adek”

    aku kan masih smk kls1, ntar tamat ambil NDT lgsng bisa gk ?
    Trus Bapak saya Udah WI, tpi blum dpt Kerjaan.
    tolong dong, di sekitar Batam, ada gk PT yg bisa nerima ?

  79. bapak2 saya mau tanya nih
    saya baru lulus kursus las FCAW di BBLKI serang
    Saya kepingin bisa jadi WI
    syarat2 apa aja ya???
    trus orang kayak saya ini mungkin g bisa jadi WI

  80. Pak saya mw tanya saya adalah pelajar di politeknik perkapalan negeri surabaya di jurusan welding engineer.. menurut bapak bgaimana prospek kedepannya? apakah saya salah pilih mengambil WE Tolong penjelasanx? trimakasih.

  81. heloo smua… memang gak smua yang punya WI langsung bisa berhasil sukses, semua butuh pengalaman dan tekad untuk merubah nasib dan ekonomi tentunya. gak sedikit teman2 yang sudah punya WI tapi tidak berani terjun ke dunia inspection karena mungkin start awal digaji lebih rendah dari perusahaan sebelumnya. dulu bahkan rekan2 sempat bertanya apa bisa kita kita yang kerja di electronic manufacturing banting stir ke welding inspection. dan setelah mereka mulai baru sadar ternyata bisa kan….

  82. Kira – kira untuk menjadi seorang welding inspector berapa nominal yang harus di keluarkan per levelnya.

    Terima kasih

    • Welding Inspector saat ini harga trainingnya sekitar 10 jutaan ..thx..

  83. Klu buta warna partial bisa ga om ikut WI, saya lulusan STM, pengalaman supervisor piping

    • Nggak bisa mas….masuk ke duni inspection udah nggak bisa ….karena dunia inspection bermain dengan warna …

  84. pak,pipe fitter lulusan smk boleh ikutan training juga,gak??trus bahasa inggris sya juga kurang pak.tlng dijawab pak.makasih.

    • Kalau mengacu kepada requirement stnadard untuk WI yang dikeluarkan oleh AWS, PCN, CSWIP, BNSP , tidak ada menyebutkan persyartan pendidikan harus D3 atau S1. Jadi kalau anda dari SLTA ya silahkan saja Pak nggak ada masalah..yang penting nanti ada qualified untuk melkaukan tugas tugas seorang WI.

      Salam..

  85. Pak saya sekolah di jurusan teknik pengelasan, kira – kira ngelanjutin kuliah untuk memperdalam tentang pengelasan di mana ya?
    Trimakasih

    • Ikut WI saja Pak Rama …

      karena kompetensi keahlian khusu lebih diterima di dunia industri…

      salam

      • Ass.wr.wb

        Perkenalkan saya Tomy. Saya membaca dari awal postingan2 dari bapak2 semua ini sangat menarik. Banyak input yg bermanfaat.
        Saya sendiri berencana mengambil training WI di UI tahun ini. Saya seorang lulusan Industrial eng dan baru memiliki cert NDT level II.

        Doakan saya bapak2 sekalian, semoga dapat bertemu dgn bapak2 di lapangan nanti. Mudah2an saya bisa menjadi WI yg flexible dan bijaksana. Hehehe,
        Insya Allah. └(˘.˘└)

        Salam damai, ^_^

      • @ tomy OK semoga sukses


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

%d bloggers like this: