Posted by: novembri yusuf | June 2, 2008

WELDER TEST atau PERFORMANCE QUALIFICATIONS

Hampir semua industri fabrikasi dalam mengerjakan projectnya memerlukan personnel seperti welder.  Pekerjaan fabrikasi didominasi oleh peklerjaan welding, sehingga peran seorang welder sangat menentukan dalam progress project, cost, dan time delivery barang yang dikerjakan.

 

 

           Bisa dibayangkan kalau suatu project dikerjakan oleh welders yang tidak berpengalaman atau memiliki skill yang  rendah. Dipastikan akan banyak masalah dengan kwalitas, repair, dn ongkos produksi akan membengkak.

 

           Untuk menjamin keberhasilan suatu welding maka hampir semua code dan standard yang ada membuat suatu persyaratan lulus tidaknya seorang welder  dengan melakukan welder qualification atau welder test.

  Kalau kita melihat AWS D1.1 atau ASME IX maka untuk kwalifikasi welder mempunyai essential variable yang berbeda beda secara proses (gtaw, smaw, fcaw, saw)

  Essential variable welder test menurut AWS D1.1 :

 

  Parameter diatas menunjukkan essential variable dari seorang welder.  Apabila seorang welder setelah lulus welder test, maka di lapangan atau di produksi welding dia tidak boleh mengerjakan pekerjaan welding yang tidak sesuai dengan qualified yang dia punyai sewaktu running welder test.

 

 Parameter-parameter  welder seperti Process, F number, Posisi , thh dan diameter, progression welding, penghilangan backing, atau dari single electrode ke multiple electrodes.  Sebagai seorang welding inspector perlu kiranya mempperhatikan qualified welder ini sebelum ata sedang menlakukan pekekrjaan pengelasan.  Welding Inspector berhak menghentikan welding yang sedang berjalan atau membuat NCR kalau menemukan welder yang tidak sesuai dengan kulifikasinya.

 

 Banyak terjadi di lapangan dimana suatu system QMS belum terbentuk, pekerjaan welding dilakukan oleh welder yang tidak kualified, tidak sesuai dengan posisi welding, sehingga hasil pengelasan tidak memuaskan.  Welder yang banyak dipekerjakan oleh subcontractor, kadang kadang tidak terdaftar dalam system QA QC main contractor, jadilah welder gelap mengerjakan suatu project.  Para welding Inspector harus lebih care dengan masalah ini.

Bagaimana step step melakukan welder test ?

Kita lanjutkan dalam edisi ke 2 ya …………..

Responses

  1. Ass. Wr. Wb.
    Salam kenal Pak Novembri Yusuf,
    saya Eko dari Cepu ingin belajar banyak tebtabg pengelasan pada bapak.
    saya mengikuti uraian jawaban Bapak setiap pertanyaan ttg
    yang diajukan dari milis migas dan disini, ada kesan
    jelas dan mudah difahami apalagi untuk yg masih awam
    seperti saya ini.
    bolehkan kalau saya untuk hari-hari berikutnya mengajukan
    pertanyaan atau belajar lebih intensif pada Bapak ?
    Wass. Wr. Wb.

  2. Silahkan saja Mas Eko sepanjang saya bisa menjawabnya….
    Semoga bisa membantu dalam belajar welding.

    thx

  3. Ass. Wr. Wb.
    mau tanya nich Pak.
    -batasan pekerjaan pengelasan yang menggunakan
    wps itu bagaimana sih Pak ? apakah semua
    pekerjaan las perlu wps ? kalau saya akan
    membuat suatu konstruksi menggunakan pipa
    bekas dr Pertamina dan hanya untuk kalangan
    sendiri apakah perlu adanya wps dan welder
    qualified ?
    -ada ga konversi kode pengelasan menurut ISO
    (E1-8) dg kode AWS (F1-4 & G1-6) ? kalau ada
    tolong dong infonya..
    -dalam diskusi disini, proses pengujian ditulis
    singkatannya, spt UT, dll.mohon ada satu sub
    page yg mencantumkan kepanjangan dr singkatan
    singkatan tsb., maklum awam….
    Mohon ma’af bila pertanyaan ini mengulang yg
    sudah pernah ada. kalau saja boleh japri saya
    ingin curhat ttg sesuatu pd Bapak (masih ttg
    las.)CMIIW.
    Wass. Wr. Wb.

  4. Batasan pengelasan menggunakan WPS berlaku untuk suatu project yang dipesan oleh owner dengan menyebutkan persyaratan welding seperti untuk bangunan struktural menggunakan AWS D1.1, atau untuk piping menggunakan ASMW IX.

    Kalau yang dibuat untuk kalangan sendiri ya nggak perlu menggunakan WPS. Karena hasilnya nanti juga akan ditanggung sendiri. Tapi paling tidak walaupun tidak menggunakan WPS perlu mempertimbangkan design welding yang baik. Sehingga hasilnya nanti juga dapat di handalkan. Pertimbangan tsb bisa mencakup kekuatan, cost, safety, fasilitas yang dimiliki, jenis material , dll.

    Untuk preperation dan posisi welding seperti 1G, 2G, 3G, 4G, aau 1F, 2F, 3F, 4F, itu sudah merupakan hal yang general. Jadi tidak perlu lagi conversi.

    kalau mau japri silahkan email ke : novemri_wi@yahoo.com

    thx

  5. my email : novembri_wi@yahoo.com

  6. Ass. Wr. Wb.
    -Jadi wps diperlukan selama melibatkan pihak lain
    dan pihak lain tsb. menghendaki adanya wps ? untuk produk yg dibuat bukan berdasar pesanan, ttp dijual
    umum e.g tabung kompresor, perlu wps ? (tabung
    kompresor di pantura jawa besar-besar, sebesar
    rudal scud saddam Hussein lho.:-))
    detil disain kriteria/parameter wps itu sendiri
    yang menentukan siapa ? (selain tentunya yg
    esensial sudah tercover di D1.1/asme IX/9606)
    client or WE nya ?
    -mengenai material test couponnya sendiri harus
    sesuai baik jenis maupun thickness nya dg
    material obyek yg akan dibuat ? pemahaman arti
    test coupon apakah sama dg material sample ?
    -Prelemenery WPS apakah perlu di acc oleh client?
    -yg saya maksud dg konversi, begini:
    kalau seseorang menganut standar EN mencapai E3
    dan orang lainnya menganut AWS mencapai F3,
    apakah sama kompetensinya ? geto lho maksud
    saya :-).
    -Enaknya kursus WE atau WI yaa…, lama,peluang
    kerja, dan biaya terpaut jauh ga Pak ?
    -Dari perjalanan hidup Bapak sebelumnya, pernah
    ga singgah di Cepu ?
    CMIIW
    Dah dulu ach kepanjangan, yang jawab/baca bosar
    ntar !
    Wass. Wr. Wb.

  7. Ass. Wr. Wb.
    -Jadi wps diperlukan selama melibatkan pihak lain
    dan pihak lain tsb. menghendaki adanya wps ? untuk produk yg dibuat bukan berdasar pesanan, ttp dijual
    umum e.g tabung kompresor, perlu wps ? (tabung
    kompresor di pantura jawa besar-besar, sebesar
    rudal scud saddam Hussein lho.:-))
    detil disain kriteria/parameter wps itu sendiri
    yang menentukan siapa ? (selain tentunya yg
    esensial sudah tercover di D1.1/asme IX/9606)
    client or WE nya ?
    -mengenai material test couponnya sendiri harus
    sesuai baik jenis maupun thickness nya dg
    material obyek yg akan dibuat ? pemahaman arti
    test coupon apakah sama dg material sample ?
    -Prelemenery WPS apakah perlu di acc oleh client?
    -yg saya maksud dg konversi, begini:
    kalau seseorang menganut standar EN mencapai E3
    dan orang lainnya menganut AWS mencapai F3,
    apakah sama kompetensinya ? geto lho maksud
    saya :-).
    -Enaknya kursus WE atau WI yaa…, lama,peluang
    kerja, dan biaya terpaut jauh ga Pak ?
    -Dari perjalanan hidup Bapak sebelumnya, pernah
    ga singgah di Cepu ?
    CMIIW
    Dah dulu ach kepanjangan, yang jawab/baca bosar
    ntar !
    Wass. Wr. Wb.

    Kalau bapak bikin kompressor mestinya sudah ikut suatu standard dong misal SNI. Wah bahaya banget tuh pak ..kalau di jawa orang bikin kompressor nggak ada standardnya apa lagi ini bejana tekan. Seyogyanya kalau bikinn kompressor memakai WPS karena dengan adanya WPS berarti weldingannya sudah memenuhi requirement. Disamping itu juga diperlukan yang namanya testing, seperti pbneumatic test, hydro test , leak test dsb. Ada nggak tuh dilakukan….

    Kalau tidak ada dalam segi safety barang tsb tidak bisa diterima.

    Yang menetukan design dan segalanya biasanya dari WE dengan merefer ke suatu standard yang diakui.

    Untuk EN dan AWS, aduuh saya kurang paham juga tuh…

    Untuk kursus WI dan WE banyak di bandung khan ada, di Jawa timur banyak. masalah kerja tergantung yang di atas juga tuh pak …

    Singgah di Cepu belum …gimana disana kehidupannya setelah ditemukan ladang minyak dan gas…?

  8. Ass. Wr. Wb.
    Soal kompresor, yang di pantura jawa ukurannya
    variatif, IMHO, kayaknya ga ngikutin
    prosedur PV manufacturing. (dulu sewaktu Bapak dari Jakarta ke Sby, pas di perbatasan jateng-jatim nengok kebawah mungkin melihat kompresor tsb. ;-))tapi kalau yang di jual di toko-toko apakah mesti prosedural ? lazim ga kita minta garansi thd barang yg kita beli ? bagaimana seandainya (berandai-andai dikit…)timbul musibah karena cacat produk, walaupun pemakaiannya sudah ngikutin user manualnya, siapa yg mesti dituntut, toko atau manufacturer nya ? (kita asumsikan, merek dan toko bonafide). ma’af pertanyaannya jadi sejauh ini, tapi saya ingin tahu sekali masalah wps.
    -oh yaa test coupun nya belum kejawab! atau mungkin dugaan saya benar, jadi dianggap pertanyaan terjawab dg sendirinya.
    -mulai 2009 MCL (Exxon) katanya mulai produksi, makanya sekarang sedang menata infrastrukturnya dan training calon karyawannya sedang berlangsung di Pusdiklat Migas Cepu, tapi katanya lagi, sampai ke Surabaya pun masih di kelompokkan dalam blok Cepu. Cepu punya nama, bojonegoro punya tempat (sapi punya nama, lembu punya susu, kayak gitu lah Pak), kalau saja Bapak jadi salah satu ahli di sini, mungkin saya ga imil-imil macam gini, tp tanya langsung ke ahlinya.
    Cepu (Pusdiklat Migas Cepu) ahli perminyakan dan fasilitasnya luengkap banget, tapi seperti kota lainnya yg “bau minyak” standar biaya hidupnya relatif mahal dibanding yg ga “bau minyak” lho.
    -Edisi 2 welder test sudah diposting belum Pak ?
    CMIIW.
    Wass. Wr. Wb.

  9. Pak Tarto apa Mas Tarto …

    Masalah test coupon ya sama lah ….
    Masalah Garansi ya perlu dong… semua orang khan bisa aja bikin product macam macam, ya compressor, ya PV, ya boiler, ya tanki dll. Kebayang nggak kalau kita beli tabung gas misal Elpiji tapi tidak terjamin kwalitasnya. Misal ada yang crack sedikit atau thickness nya kurang…bisa bisa satu RT bisa dapat musibah…

    Tapi..biasanya kalau perusahaannya sudah bonafide sepertinya mereka mempunyai standard uji product yang sudah di approve oleh 3rd party. Coba aja selidiki ada nggak (lihat spec dan manualnya)

    Masalh ingin belajar WPS bagus juga tuh…karena orangkalau sudah ngerti WPS berarti secara keseluruhan dia sudah mengerti ttg perweldingan. Diana ada material, proses las, consumable, heat tratment, NDT, MEchanical test, welder test, dll.
    Gimana tertarik…?

    Di Cepu nanti kayak Duri (Riau) juga mungkin ya …selamat buat orang Cepu …

    • Salam kenal pak Nov..
      Saya sangat respect dengan diskusi ini. Saya mau bertanya pak(gak dipungut biaya kan pak,hehehehe)
      Saya mau bertanya masalah welder test.
      1. Ada istilah yang menyebutkan tentang Test coupon dan tes speciment/test piece (ASME IX) Mohon pencerahan untuk pengertian kalimat test coupon dan test speciment tsb.
      2. Contoh Jenis mechanical test apa saja untuk ke dua jenis test ini.
      3. Untuk di structure AWS D1.1 kualifikasi welder pd pelat tidak diperlukan mechanical test atau Dest. Test cukup dengan visual dan NDT saja. Apa hal ini bisa diterapkan pada kualifikasi welder posisi 6G untuk pipa sesuai dengan standard ASME IX dan AWS D1.1

      Pak pertanyaannya kebanyakan ya,maklumlah pak,saya orag baru lulus WI.

      Atas perhatiannya saya ucapkan terimaksih

  10. Ass. Wr. Wb.
    apalah arti sebutan, kalau secara keilmuan lebih, mengapa tidak respect. what’s is a name ? (kata W. Shakespare)
    saya lihat posting Bapak di milis Migas-indonesia hari ini, membuktikan hal itu.
    soal minat…tentu dong, hanya “ati karep otak cupet”
    Wass. Wr. Wb.

  11. pak nov kapan saya di re-test

  12. Saya belum di re-test mata kuliah welder test dan welding design

  13. saya minta tlg informasi tempat pelatihan las untuk wilayah jabodetabek, atas informasinya saya ucapkan banyak terima kasih

  14. Ikut di BLK Condet JakTim bisa tuh… mau jadi welder apa inspector ?

  15. siang pak..

    Rekan saya ada yang minat jdi welder..

    klo mau ikutan di blk condet proesdurnya bgmn pak?

  16. Yth Bpk. novembri yusuf

    Kalo pelatihan welder selain di BLK Surabaya ada gak? lokasi Surabaya, lama dan berbelit (seperti biasa)

    thx

  17. A salamualaikum Pak Saya sumpena mau naya soal welding saya punya keluhan , maumita saran dari bapa saya lagi belajar las kampuh. Kenapa tembusan saya selalu gagal pada sambungan mohon bantuanya?

  18. pak novembri minta alamat emailnya dunx,,saya bercita2 jd welder pro dan butuh petunjuk.
    saat ini saya berguru pada bpk Sumedi tapi saya butuh pelajaran lebih dari yang beliau berikan sebagai mentor welding pribadi saya.

  19. asalam mualaikum

    pak nama saya asep hendro saya bekerja sebagai welder gtaw/smaw asme dan umur saya skrng
    32 thn saya ingi sekali sekolah W.I saya lulusan stm apa saya bisa dan dimana sekolah W.I yg benar-benar diakui dan berapa lama sekolahnya? tng beri saya penjelasan dan di mana saya hrs sekolah terima kasih

  20. saya ingin jadi seorang welder,saya seorang mahasiswa teknik kelautan fokus ke offshore,saya ingin mempelajari welding,saya kira cocoknya kursus d mana? mohon petunjuknya pak trimakasih.

  21. Ass.Wr.Wb.
    Pak Novembri salam kenal dulu dan selamat siang, sy ingin tanya nih mengenai persyaratan seseorang untuk bisa mendapatkan certifikat juru las yng diakui oleh ditjen migas(asme sec ix), tentunya kan harus lulus uji performance (visual dan RT) berdasarkan WPS yg sdh lulus uji.(kalo gak salah begitu ya pak, kalo salah mohon utk dikoreksi). Nah yang jadi pertanyaan saya adalah:
    1.Apakah boleh welder yg belum bersertifikat diuji dg sembarang WPS yg sdh lulus uji (qualified)
    2.Apakah calon welder harus diuji dg wps suatu project yg akan dikerjakaanya,
    ini mohon maaf lagi pak mudah2an sy yg salah setahu sy menurut asme ix : Wps yg sdh lulus uji dapat digunakan utk menguji welders, mohon tanggapan, sukur bisa via email, matur suwun, wass, wr, wb. salam
    2.Apakah seorang welder y

  22. Salam kenal!

    saya Sandhi ingin belajar / kursus mengenai welding yang diharapakan kelak dapat menghasilkan karya seni yang layak diterima di masyarakat. adakah tempat untuk belajar menenai welding tersebut? di mohon pencerahannya. terima kasih.

  23. minta alamat blk condet pak? mau belajar nih kirimin ke email saya ya pak terima kasih wassalam

  24. salam….
    bang nov,standart bikin WPQ yang benar gimana ya…?
    mohon petunjuk segera….

    salam…
    yudi

    • To Hendra :
      Untuk mengurusi masalah izin kerja Singapore di usulkan oleh perusahaan yang akan memperkerjakan kita. Untuk dapat izin diperlukan sponsor perusahaan pemberi kerja. Minta aja ke perusahaan yang akan merekrut saudar.

      Hezron :
      Untuk traiing NDT di Jakarta bisa menanyakan di BKI atau Teknik Metalurgi FTUI Depok.
      Bagus mana ambil WI atau NDT untuk jurusan electrical ya bagusan ambil Electrial dan Insturment Inspector ourse aja…lebih cepat ngerti dan paham…jangan ikut ikutan jadi WI atau NDT seperti yang saya ulas di pasting sebelumnya… Anda bisa ikut di http://www.batamtraining.com untuk kelas ini akan dibuka bulan April besok.

      Didi :
      Kalau belajar metalurgi butuh waktu yang lama juga karena banyak ilmu metalurgi sulit dipahami untuk orang yang belum mengenalnya. Kalau mau belajar ya bagus bagus aja….
      Untuk jurusan Mesin anda bisa masuk ke pekerjaan lain nggak mesti WI dan NDT. Pekerjaan seperti Piping Engineer dan sejensinya mungkin akan lebih baik buat anda….karena banyak yang berhubungan dengan pelajaran anda waktu kuliah di Mesin.

      Eko Prehardy :
      Sebaiknya ikut training WI untuk lebih memahami pekerjaan WI. CSWIP 3.0 khan ilmunya sangat minim sekali…banyak yang mesti anda pelajari lagi….kalau saya jadi user ..sayanggak mau ambil orang CSWIP 3.0 lebih baik yang punya WI biasa…

      Buat Hann di Malaysia.
      Saya rasa anda agak susah untuk menemukan lamah web yang mau kasih soal ujian CSWIP 3.1 secara percuma. Saya dah searchingpun tak de…jadi kalau nek paham lebih dalam … ya ando boleh tanya para senior di Malaysia tuh…
      Kalau nak dapat informasi lebih lanjut …anda boleh kasih alamat email anda…

      Semoga bermanfaat untuksemua…
      salam

  25. rekomendasikan sekolahan yg bagus donk mas
    klo bs ksh alamat nya
    makasih sebelumnya mas

  26. Tolong informasi mengenai cara mendapatkan sertifikat Las

  27. Pak saya tidak tahu detail welder yang bagus, sekilas saja dulu dapat dari bangku kuliah. Rencana saya ingin memperdalam welder melalui kursus, tetapi saya tidak tahu harus kursus kemana.

  28. pak, boleh diterngkan tentang WPS, please…. !

    ^_^

    Thanks

  29. SAYA INGIN BERTNYA PAK,MAKSUD SERTIFIKAT SMAW DAN GTAW

  30. mau tanya pak apakah benar ada pengelasan bawah laut di BLK Condet? lalu bgmana prosedur u/ mengikuti pelatihan tersebut?

    • salam…
      bang nov

      saya aryo,saya mau tanya untuk pengelasan mild stell itu pake tipe dan klas elektroda berapa yaa??terus untuk pengelasan 3G verticla down dan verticla up mohon diberikan pake tipe elektoda yang berapa pak nov.

      terima kasih sebelumnya

  31. assl,wb.wr
    salam kenal bang nov

    Saya ario,mau tanya beberapa pertanyaaan bisa dibantu pak
    1.Tipe elektroda berapa yang digunakan untuk mild stell,stainless stell
    2.Untuk pengelasan 3G tipe elektroda berapa yang digunakan untuk verticla up dan vetrticla down.
    3.Untuk kampuh akar tipe elektroda berapa yang digunakan.
    4.Keunggulan FCAW dan CO2 GMAW apa bedanya pak

  32. saya Guntur efnowardi, dan saya pernah mengikuti pelatihan SMAW 5G-6G dan sertifikasi 5G downhill BLK las Condet. dan saya belum pernah bekerja dalam dunia pengelasan. lalu yang saya ingin tanyakan. dapatkah saya mengikuti sertifikasi pelatihan MIGAS. tolong informasinya…

  33. Ass. Wr. Wb.

    Pak Nov,
    Saya Nawa, mau tanya “ada gak paragraph yang menyatakan welder qualified untuk ASME IX 6G bisa juga qualified untuk AWS D1.1 6G tanpa re-qualification lagi??” baik di AWS maupun ASME, mungkin ini pertanyaan yang konyol tapi dari pada malu dijalan lbh baik tanya pak NOV.
    Demikian pertanyaan saya, kurang lebihnya asya minta maaf.

    Wass.

    NAROZ

  34. pak saya lulusan BLK Sukabumi KUrsus Welding Saya 480 jam,Gimana Caranya saya ingin melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi

  35. Pagi Pak Novembri,

    Saya sangat tertarik dengan pekerjaan WI ini pak tapi sayangnya saya tidak pernah bekerja diperusahaan galangan kapal selama ini.
    Sungguh saya mempunyai keinginan menjadi seorang WI yg mana selama ini tidak dapat saya ikuti pelatihannya dikarenakan dana untuk sekolah yg mesti saya kumpul selama beberapa tahun ini dan skrg saya sudah mempunyai dana tersebut.

    Ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan dlm hak ini pak, diantara lain adalah:

    1. Apakah lulusan SMU (berpengalaman kerja lumayan lama tetapi tidak dibidang WI) bisa ikuti pelatihan ini?

    2. Apakah pihak pelatihan ada kerja sama dengan perusahaan atau Users dibatam yg mana bagi semua siswa yg telah lulus dan mempunyai sertifikat WI langsung disalurkan?

    3. Berpakah latest dana untuk pelatihan ini dan dalam jangka waktu berapa lama?

    4. Apakah kelulusan berdasarkan nilai ujian atau semua diwajibkan lulus?

    5. Apakah ada pekerjaan khusus atau bayaran yg khusus untuk para siswa yg lulus dengan nilai tinggi diperusahaan yg mana kalau pihak pelatihan menyalurkan siswa kepada perusahaan dibatam?

    6. Menurut bapak, apa solusi bagi calon siswa WI yg lulusan SMU (berpengalaman tidak dibidangnya) untuk dapat jg disalurkan ke users dibatam atau paling minimal posisi apa yg bisa didapatkan..

    Mohon maaf jika saya terlalu banyak bertanya pak.

    Sekian dan terimakasih..

    Salam Hormat dari saya.

  36. yang bersangkutan di bawah ini saya :

    Nama Choirul abidin
    Tempat tgl/lahir . Jombang, 20 februari 1980
    Alamat , sambong santren rt5/rw1 Jombang
    Pendidikan SMK Administrasi

    dengan ini saya sedang cari pekerjaan sebagai KARYAWAN di perusahaan dan saya mengharapkan atas informasinya . dan saya lampirkan mengenai syarat – syarat yang ada hubunganya dengan informasi lowongan tersebut

    1. Foto kopi Ijasah SMK Administrasi
    2. Foto kopi Sertifikat Komputer
    3. Foto kopi Kompetensi
    4. Foto kopi PSG
    5. Foto kopi Sertifikat Mengelas [WELDER]
    6. foto terbaru 4 * 6
    Atas kebijakan bapak/ibu saya ucapkan terima kasih

    hormat saya

    ch abidin

    DAFTAR RIWAYAT HIDUP

    Yang bertanda tangan dibawah ini :
    Nama : Choirul abidin
    Tempat / Tgl. Lahir: Jombang, 20 februari 1980
    Jenis Kelamin : Laki – Laki
    Status : Belum Kawin
    Agama : Islam
    Bangsa / Suku : Indonesia / Jawa
    Alamat : Sambong santren Gang 3 rt5/rw1
    No , HP : 03217465037
    Pendidikan Formal :
    SDN – Lulus Tahun 1994
    SMP Negeri 3 Jombang – Lulus Tahun 1997
    SMK PGRI 3 Jombang – Lulus Tahun 2000

    Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan dengan penuh kesadaran serta tidak ada unsur paksaan dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

    hormat saya Jombang,16, januari 2010

    ch abidin

  37. mau ikut gabung ni beljr saya baru baca artikel ini n saya pgn bljr pengelasan

  38. Saya mau kirim orang orang saya untuk test kemampuan Welder bekerja di lapangan, dari perusahaan Belanda yang mmembutuhkan tenaga welder, yang ingin saya tanyakan Nama atau perusahaan ataupun nama institut yang anda tangani, nama dan alamat lengkapnya, sehingga saya bisa segerah kirim orang orang untuk melakukan pengetesan Welder di Institut yang anda miliki.

    Terimakasih atas perhatiannya sambil menunggu response dari anda secepatnya.

    Thanks & Best Regard

    Cpt.Ferdinandus Benny Ghea
    Hre & Crew Coordinantor
    PT.Seaman Union
    HP.081314818360

  39. pak minta bantuannya saya mau belajar mengelas saya kan orang awam soal pengelasan jadi saya mau belajar mengelas sebagai profesi saya nantinya, tapi kalau di kota surabaya di mana ya tempat belajar mengelas dan berapa biayanya? tolong balasannya

    arif setyawan
    tambak asri 17/22
    surabaya 60178
    (fessocamaro@yahoo.com)

  40. Mw tnya syarat masuk di BLK condet gmn ? Biayanya administrasiny berapa ? Dan wkt latihanny tiap hari apa? Dan jam berapa smpai jam berapa ? Tlng informasiny pak, trus trng saya minat sekali ingin mendalami ilmu pengelasan. Mohon jawabanny pak, trm ksh.

  41. saya minat ikut pengelasan di blk condet….
    pendaftaranya mulai kapan. mohon jawabanya,,,,,


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

