Posted by: novembri yusuf | August 22, 2008

TANYA JAWAB TENTANG WELDING DAN NDT part 1

Dear all.

Mohon maaf buat pembaca semua karena blog saya ini sudah agak lama nggak di update karena masalah keterbatasan waktu. Ada beberpa banyak pertanyaan dari pembaca yang belum sempat saya jawab. Melalui posting ini saya usahakan untuk menjawab semuanya dalam 3 bagian. Semoga bisa membantu.

Rasidin Ginting
http://www.bangunbejanabaja.com | rginting@bangunbejanabaja.com | 202.182.48.26

Dear Pak Nov,
Bagai mana Cara menghitung kebutuhan electroda untuk pengelasan

Regards

From DESIGN WELDMENT, 2008/07/24 at 7:41 PM

JAWAB :

 

Pak Ginting

 

            Untuk menghitung kebutuhan electrode prinsipnya adalah berapa berat weld metal yang akan digunakan untuk mengisi joint yang dibuat.

Caranya :

  1. Hitung volume joint design yang di buat
  2. Gunakan rumus density baja untuk menghitung berat logam yang diperlukan . Dimana Density = Massa / volume. Denstiy steel 7.8 gr/cm3
  3. Rubah semua satuan massa  ke  dalam Kg
  4. Harus diketahui bahwa effisiensi kawat las bukan 100%. Karena banyak kawat las dan fluksnya berubah menjadi slag dan kotoran lain. Untuk SMAW eff sekitar 60% artinya kalau kita gunakan kawat las 10 kg yang akan menjadi weld metal hanya 6 kg saja.
  5. Dari sini bisa dihitung jumlah kawat las yang digunakan

 

Silahkan dicoba sendiri pak menghitung kawat las, gampang khan….

 

—————————————————————————————————————–

 

Agusta
61.94.231.87

Salam hormat, buat pak yusuf dan semua.
kalau kita sudah berhasil lulus cswip 3.1
bagaimana peluang kerjanya kedepan pak?
terimaksih,

From Tempat training WI NDT Batam, 2008/07/30 at 9:57 AM

JAWAB :

Kalau udah lulus 3.1 peluang kerjanya bagaimana ? Wah pertanyaannya susah dijawab karena sudah di atur sama yang di atas. Tapi ibaratnya kalau udah punya SIM international khan udah diakui dimana mana. Kalau SIM nya local ya agak susah kalau mau nyupir di Arab sana.

Semoga beruntung …..ya…

—————————————————————————————————————

Irham
dmx_1310@yahoo.co.id | 72.14.220.136

Saya mw nanya,berapa biaya kursus NDT&WI 3.1&sy lulusan D 3 t.mesin politeknik mesin&sy mmpnyai srtfikat welder cswip 6G&srtfkat, foundry technology dr polman bandung. Apkh sy bs ambil lgsg ambil srtfkat wi 3.1,skrg sy bkrja sbgai fitter d arab saudi.

From Tempat training WI NDT Batam, 2008/08/04 at 1:50 AM

Jawab :

Pak Irham Di Arab Saudi.

Biaya kursus WI biasanya sekitar 8 s/d 10 juta , untuk NDT seperti MT/PT 5 juta, RI 4 juta, UT 6 juta  semuanya kelas ASNT, sementara untuk PCN masing masingnya sekitar 6 s/d 14 juta. Bapak jauh jauh ke Arab Saudi masih jadi Fitter …apa bossnya fitter. Kalau masih fitter beneran saya sarankan kembali aja ke Indonesia tingkatkan skill dengan mengikuti training training bersertificate. Dengan pengalaman yang sudah ada dan latar belakang pendidikan D3 Insya allah jalan masih terbuka lebar untuk jadi WI, piping inspector, Piping engineer, NDT man dll.

Salam

————————————————————————————————————————–

Anonymous
61.94.180.52

salam kenal
gosip-gosip soal wi menarik juga. saya tinggal di balikpapan dan baru menyelesaikan kursus wi di its surabaya dan bisa minta info tempat cari artikel-artikel soal welding inspector yang bagus ga? thanks

From Rame rame jadi : WELDING INSPECTOR, 2008/08/06 at 8:59 PM

Jawab :

Gosip gossip WI dan NDT memang nggak habis habisnya. Soal soal WI yang bagus bagus mungkin bisa cari di internet. Tanya eyang google kayaknya di banyak jawabany tuh pak …DI balik Papan ada berapa perusahaan fabricator Pak…?

 Salam

Rasidin Ginting
http://www.bangunbejanabaja.com | rginting@bangunbejanabaja.com | 61.247.1.22

Ass.Wr.Wb.
Mau Nanya nich
1. Berapa kira-kira perbandingan pemakaian Flux dengan Wirenya ya Pak.

2. Untuk Satu Meter Welding dengan terbal Plate 18 mm berapa kg Flux yang dipakai dan berapa kg Wire yang terpakai dengan menggunakan Wire 2.4 mm

Thanks atas Jawabannya
RGinting

From saw flux recycle, 2008/08/08 at 7:50 AM

Pak Ginting pertanyaannya cukup bagus nih …

Untuk proses SAW perbandingan pemakaian flux dengan hasi; weld metal adalah 1: 4,5 artinya untuk menghasilkan 1 kg weld metal membutuhkan 4,5 kg flux.

Untuk pertanyaan ke 2 jawabannya refer ke jawaban dari pertanyaan Pak Ginting yang pertama ( lihat di atas )

——————————————————————————————————

Rasidin Ginting
http://www.bangunbejanabaja.com | rginting@bangunbejanabaja.com | 61.247.3.147

Dear Pak NOV,
Saya mau nanya nich, jika pada pekerjaan welding antara pipa dengan elbow setelah di RT terjadi 2 x Repair apakah untuk selanjutnya weldingb tersebut tidak boleh di repair lagi sehingga harus dipotong dan di weld dengan weld yang baru
Wassalam

From Author, 2008/08/08 at 8:30 AM

JAWAB :

Untuk kasus seperti ini pendekatannya adalah membuat surat cinta ke client untuk bisa dia mengapprove welding setelah 2 x repair. Surat cintanya harus cantik cantik pak dengan cerita yang menarik dan bisa menyakinkan dia kalau weldingan  ini tidak akan memberikan  effect  besar pada material. Disini peran ilmu metalurgi sangat dibutuhkan sekali karena ceritanya kajian secara metalurgi, microstruktur, sifat mekanis dll.

Semoga cintanya tidak di tolak …

marta driantono
mdriantono@yahoo.com | 202.147.244.202

siang pak . pak ini ada pipa ukuran 16″ mau dilas
nah saya mau melakukan test welder untuk
posi 5G. pertanyaan saya
1.untuk test welder ini apakah kawatlas sesuai
WPS
2. thicknes apakah sesuai WPS Base metal tuk
test pipa sesuai WPS juga? n apakah perlu
preheat tuk kawat las test welder?
saya tunggu jawabanya pak

From CODE, 2008/08/11 at 12:14 PM

Jawab :

Pak Marta punya ASME IX ? kalau nggak punya bapak harus punya dulu. Searching aja di Internet.

Untuk test welder kwalitasnya nggak mesti sama dengan WPS karena jenis pengujian dan testnya berbeda dengan WPS. Lihat lagi ASME IX. Article III tentang performance qualification. Bandingkan dengan procedure qualification test yang ada di article II.

Thickness nggak harus sesuai dengan WPS. Bisa pakai thickness 13 mm aja yang nantinya qualified berapa aja. (min 3 layer).

Kawat las apakah perlu di panaskan… ? tergantung ya…kalau di low hydrogen pasti, kalau celulose nggak usah…

Salam

Dhani
ramdhani.as@gmail.com | 192.104.67.221

Salam kenal pak Novembri,

maaf sedikit panjang pertanyaannya
1.saat ini saya bekerja sbg project leader aerospace component product , main process di Micro GTAW(TIG) welding (0.016″ thickness), sedangkan latar belakang saya adalah Tek.Industri,
Menurut bapak apakah memungkinkan bila saya pindah kerja ke Oil & gas ?
kalo iya kira -kira apa yang harus saya ambil kursusnya apakah ke WI atau ke QC (UT,MT,PT) atau PDMS sementara usia sudah berkepala 3 .

2. sertifikasi untuk welding di sini (Batam)yang saya tau ada CSWIP ,CWII apa perbedaannya ?

mohon sangat ,,sangat sarannya ya , dan kira – kira lamaran pekerjaan yang harus saya masuki di area apa untuk pertama kali ya?

maklum masih o’on,,,

hatur nuhun dan million thank’s

From Author, 2008/08/12 at 3:47 PM

JAWAB :

1.       Pak Dhani..

Banyak orang sekarang ikut ikutan mau  jadi WI atau NDT man. Padahal saat ini posisi tersebut sudah terlalu banyak yang nganggur karena rendahnya daya serap bidang WI dan NDT. Kalau bapak punya latar belakang pendidikan yang mendukung dan rasanya kalau diadakan lomba cerdas cermat WI kira kira bisa bersaing ya nggak apa apalah ikut. Tapi kalau nggak khawatirnya nanti setelah ambil WI kerjanya masih di Muka kuning sana. Niat mau pindah malah nggak jadi jadi. Faktor usia juga harus diperhatikan. Inspector itu cocoknya umur umur 40 ke bawah. Kalau udah di atas lebih baik kerja belakang meja aja Pak. Kerja Inspector itu bukan enak lho ….panas panas ke lapangan, berantem ama welder atau fitter yang nggak tahu quality dll. He he he tapi kalau jadi client yah kayaknya bagus juga tuh…tapi untuk dapat jadi client harus di dahului dulu masa masa romusa jaman modern.

Untuk PDMS, atau design atau apa itu yang namanya X steel, PV Elite, Caesar II, Piping itu mungkin lebih bisa memberikan harapan baru disamping kerjanya memerlukan keteknikan dan design peluang kerjanya juga masih banyak.

2.       Certificate : CSWIP itu dikeluarkan dari UK sana. Tapi kalau CWII itu keluaran Bengkong ( Ikbal) (certificate Welding Inspector Ikbal).

—————————————————————————————————–

Andi Balner
andi_filth@yahoo.com | 125.162.87.96

apakah sulit untunk menjadi seorang welding inspector … ? pengalaman dari dasar,dimulai dari sekolah ..

From Rame rame jadi : WELDING INSPECTOR, 2008/08/12 at 8:54 PM

JAWAB :

Banyak sekarang jadi WI tapi tahunya Cuma kulit kulitnya saja seperti apa yang didapat dari kursus / training WI. Padahal cakupan welding inspector sangat luas dan dalam. Hampir 90% ilmu welding inspector adalah Metalurgy. Dan ilmu metallurgy nggak bisa Cuma di pelajari dengan 4s/d 5 kali pertemuan. Kenyataannya sendiri yang ngajar metalurgi pun ( cig Gu nya) banyak yang nggak paham dengan metalurgi. Sehingga kalau nerangin ke peserta bikin peserta bingung. Dan kalau di tanya jawabannya malah ke mana mana.  

Sebagai peserta training ya ujungnya lulus juga karena mungkin udah berapa kalai retest. Nggak dilulusin nanti malah bikin susah penyelenggara. Jadilah inspector WI yang pas pasan. Kalau ada masalah welding di lapangan bila ditanya welder nggak bisa memberikan keputusan.

Welding Inspector harus tetap mengimprove ilmunya biar bisa memenangkan persaingan. Kalau malas malas ya …tetap aja jadi WI  WI an ….Seperti kenyataan saat ini. Udah 5 s/d 10 tahun jadi inspector ya gitu gitu aja ….mimpi tinggal mimpi. Tapi kalau bapak mempunyai latar belakang pendidikan yang cukup baik dan mau bekerja keras, dan banyak relasi dan lain lainnya apa yang diidamkan juga bisa tercapai.

Salam

About these ads

Responses

  1. Maaf pak, saya seorang D3 tp jurusan Kimia Industri.
    Saya kepengen banget utk meningkatkan “taraf hidup” dengan mengambil WI.
    Saya tau bukan gampang menjadi seorang WI tp saya memang benar2 ingin menguasai ilmu WI tp saya ingin memulai dari “nol besar”.Tolong bapak kasih masukkan untuk saya, apa program yang harus saya ikutin terlebih dahulu untuk bisa benar2 menjadi seorang WI dan dimana saya bisa ikutin program tersebut di batam ini.
    Tolong referensi dari bapak,terima kasih.

  2. Pak Daniel ….kalau dari jurusan Kimia sebaiknya jangan ambil WI. Orang proses dari teknik kimia banyak dicari oleh operator Minyak spt : Conoco, total, medco, dll. Dari ambil WI yang ilmunya nggak ketemu lebih baik bapak ambil yang teknik proses aja. Taraf hidup WI sekarang nggak anyak yang nganggur ketimbang kerjanyajaminan Pak…karena yang punya WI sudah begitu banyak dan banyak yang nganggur ketimbang kerja. Biasa hukum pasar kalau stock banyak harga akan murah …

  3. Lowongan kerja di Worley

    http://www.worleyparsons. com
    WorleyParsons is a leading provider of professional services to the
    global Energy, Resource and Process industries and employers over
    30,000 talented professionals located in 84 offices worldwide.
    WorleyParsons recognizes that skilled personnel are the most valuable
    element of any great organization, and as such is an outstanding
    employer offering fantastic opportunities and conditions.

    We are currently seeking for Jakarta Operation:

    • Sub-sea / Onshore Pipeline Engineer
    • Process Department (All Levels)
    • Safety Department (All Levels)
    • Mechanical Department (All Levels)
    • Structural Engineers (All Levels)
    • PDMS Designers• Project Manager
    • Construction Manager
    • Engineering Manager
    • Project Engineer
    • Project Controllers / Planners

    If you are looking for a new challenge in a dynamic organization,
    please submit
    your CV to jakarta.vacancy@ worleyparsons. com with “the position
    mentioned”
    on the email subject. Please note the format resume in MS Word Format

  4. salam kenal pak

    saya dale, saya tertarik untuk terjun ke dunia piping khususnya design. saya mau nanya dimana dan kapan ada kelas baru untuk training pdms?

    saya lulusan arsitektur dan ingin tantangan baru, saya biasa sesign dengan auto cad.

    terima kasih atas jawabannya.

    tq.

    dale m

  5. Lam kenal Bp Nov
    Saya seorang mahasiswa TMesin dan berkosentrasi pd teknik pengelasan, saya ingin tanya setelah lulus dimana tempat kursus yg pling baik yg sertifikasinya bertaraf internasional dan telah diakui, dan pada bagian ap yg harus saya ambil pada waktu kursus yang kedepan peluang kerjanya banyak
    terimaksih sekali ats bimbnganya

  6. Kamu bisa ambil Welding engineer di B4T bandung karena sudah kerja sama dengan IIW.
    Untuk welding engineer sepertinya masih sangat langka …

    Selamat berjuang

  7. salam hormat Bp Nov
    Maksih banget atas jwbn kmarin, ternyata masih ad yang kurang pertanyaan kemrin he he
    klu boleh nanya lg dimana Alamat Lengkap B4T bandung, klu ad sama wbsitenya
    makasih ats bls yg kedua

  8. bisa link ke http://www.b4t.go.id

    thx

  9. siang pak nov . pak code standard apakah code standard API yang di gunakan untuk pembuatan coal bunker yang ada d power plant , saya melihat di code standard API tidak ada, mohon petunjuknya? trima kasih.

  10. salam hormat Bp NOV.
    jd nambah beratanya lg ini
    Saya sdng melakukan skripsi tentang pengelasan GTAW tpi kesulitan cri buku yang khusus mengulas tentang pengelasan GTAW secara medetail, apakah bapak tahu buku tentang las GTAW (judul & pengarang), kebanyakan yang saya temui tentang las SMAW.
    Apakah sama posisi elektroda pada las SMAW dengan GTAW pada proses pengelasan bila pada pengelasan GTAW menggunakan kawat Las.
    mohon bimbingannya? terimakasih

  11. makasih pak atas sarannya, tp yg bapak maksud tentang orang proses banyak dicari khan berarti musti ada skill & experience di bidang proses.Yang bapak maksud “PROSES” disini apa ??dan apa ada pelatihan tentang itu di batam??klo ada tolong infonya pak ???
    Thanks….

  12. Bagaimana caranya menghitung kebutuhan kawat las, batu gerinda 4″ & 5″, batu poles dalam pengelasan pipa. Pipa per inchi joint.
    Misalnya kami mau mengelas pipa dia. 1″, berapa kebutuhan kawat las,batu gerinda 4″&5″ dan batu poles yang diperlukan?
    Terima kasih infonya.

  13. sore pak nov

    pak berapa kali batas penggunaan PWHT untuk pipa ?apakah pipa yang sudah pernah mengalami PWHT bisa dilakukan pwht kembali.? dan berapa temperatur yang di gunakan . apakah di ASME or AWS di sebutkan g tu? mohon bantuanya

  14. salam pak,

    saya sangat mengharakan masukan dari bapak untuk menentukan karir saya kedepannya.
    saya tamatan d3 mesin.saat ini saya bekerja sebagai mekanik alat berat di dunia pertambangan. saat inin saya berniat banting stir ke oil and gas.apakah ada peluang sesuai dengan kualifikasi saya ke oil and gas dan kira2 kebagian apakah itu?
    Saya juga menguasai autocad 2D&3D dengan sangat baik.Dan apabila saya pingin menjadi pdms designer apakah yang perlu saya pelajari dan kuasai selain software pdms?

    saya sangat mengharapkan masukan dari bapak.
    terima kasih

  15. Bagusan ambil training NDT atau PDMS ya pak? Background saya electrical… Lebih banyak peluang kerja di bidang NDT atau PDMS? Trims….

  16. salam kenal Bpk Nov

    saya seorang metallurgy engineer yang sudah 5 tahun bekerja di industri foundry dan dulu 2 tahun tenaga honoler di MIDC/BBLM dan sekarang sudah ingin menambah skill di NDT atau Piping Engineer karena saya sering bergaul dengan orang MIGAS menurut Bpk bidang apa yang baik saya ambil dilihat dari back ground saya.

    terima Kasih

    • Ikut welding Inspector aja…Saya boleh bilang untuk metalurgist pekerjaan WI or WE adalah lahan nya orang metalurgi…
      Anda akan cepat maju kalau mau belajar….
      Selamat dan semoga sukses…

      salam

  17. salam…sy mahu bertanya…ap bidang yg sesuai bg perempuan ceburi di sana….sy seorang pelajar dalam kursus welding and quality inspection…
    terima kasih

    • Ann …
      Perempuan cocoknya bagian engineer aja WE atau bagian QA Eng yang standby di office ( majority time spending ), untuk jadi inspector saya tidak menyarankan karena kalau dilihat dari environmentnya dan orang orang yang bakal dihadapi agak susah. Nanti akalu nggak tahan dan kuat mental bisa frustasi.

      Ann tamatan dari mana ?

      Salam

      • saya belum tamat belajar….sedang wat degree. lagi 3 tahun dijangka tamat belajar…saya cuma mahu tahu ap pekerjaan yg sesuai untuk saya setelah tamat belajar =)

        terima kasih atas maklumat

  18. saya sudah 3 thn bekerja sebagai helper welder tp smpai sekarang blum ada peningkatan soalx saya belum dapat pengakuan. saya ingin mengikuti trainig welder.tp sy tidak tahu hrs lwt mn. saya mohon bimbinganx traning welder yng jenis apa yag hrs saya ambil

    atas bimbingannya saya ucapkan terima kasih.

  19. tolong berikan jawaban.
    ”bagaimana cara menghitung jumlah pemakaian elektroda pda pengelasan sudut???

    • Aidi :

      prinsipnya sama dengan welding deaerah bukan sudut, yaitu dengan menghitung berapa volume area yang akan diisi oleh weld metal. Cari volume, kalikan dg BJ steel, didapat berat yang dibutuhkan. Perhatikan eff proses las spt SMAW eff nya 60% artinya kalau ngelas habis 10 KG maka yang jadi weld metal hanya 6 Kg 4 kg nya jadi waste.

  20. pa,tanya apa aja persyaratan masuk kursus di B4T yang ada di bandung. dan kira2 biaya untuk menjadi welder pipelin.

  21. pak sy mau tanya…..jika mengelas tembusan,,,,sebelum mengelas tembusan apa yang kita lakukan untuk yg pertama kalinya,….?
    dan ampernya brapa paK,,,?
    mengelasnya menggunakan gtaw+smaw…..
    triama kasih,,,

  22. salam kenal pak… saya mau tanya, saya lulusan smk jur listrik, saya berminat untuk ikut terjun di bidang welding. kalo lulusan smk apakah bisa mengikuti kursus2 welding tersebut pak..? kalo bisa tolong dong penjelasanya dan berapa biaya, dan berapa lama?

    sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak

  23. Salam kenal Bp.Yusuf

    Saya mahasiswa STTN BATAN, ingin bertnya bagaimana peluang SIB PPR, apakah masih banyak dibutuhkan ??
    jika masih berpeluang,mohon data perusahaan yang dapat menunjang

    terimakasih..

  24. salam knl,usia saya 31 pa msh ikut kursus,klo sy pegang stang las kenapa sedikit geget/bergetar.sg mencoba ikutin alur cairan kwt las apa peyebab bergetr

  25. salam kenal pak ..
    apakah seorang dengan back ground teknik sipl bisa menjadi WI

  26. salaam kenal pak
    saya puguh dr ngawi-jawa timur.,skrng pengen lagi usaha jasa pengelasan diral/aluminium..kira2 ap sja peralatan yg dibutuhkan,,mengingat sy udah punya usaha pres veleg racing..bila kejadian ad veleg pecah suka susah bila hrs ngelas,selama ini pake las babet pake las karbit.tp kurang kuat,dan veleg malah bengkok..listrik di bengkel 1300 what

    • Pak Puguh..

      Untuk welding repair velg perlu diperhatikan takikan ( bevel ) sampai tembus ke belakangnya…kalau nggak tembus pasti kekuatannya akan berkurang….
      Untuk welding aluminium biasa paka mesin GTAW AC dengan argon atau GMAW tapi rata rata mesin tsb ( gmaw ) 3 phase…

      Las aluminium kawatlasnya juga harus aluminium…

      salam

  27. Siang Pa, saya baru lulus Teknik Mesin S1 Univ. Jenderal Achmad Yani Cimahi. Apakah ada saran untuk saya tentang Welding??

  28. pa nov, ini website yang sangat menarik sekali dan penuh akan pengalaman, saya suka web anda..

  29. Pak, saya welder baru 2 tahun, punya sertifikat WI. kira kira melanjutkan training bersertifikasi apalagi ya pak untuk memperdalam? dengar dengar kalau ke NDT jadinya kurang nyambung… Background of education is vocational high school.

  30. salam kenal pa, saya mau tanya kalo jadi Wi selain teknik mesin,perkapalan, akademik bisa ga pa misal dari teknik informasi komputer. ? alasan say bertanya karna saya tertarik dngan pekerjaanya. mohon pencerahanya pa.

  31. slm kenal Bp.Yusuf
    profesi saya seorang welder,dengan qualifikasi P1-P11,P22,P36,P45,P91.
    saya ingin melanjutkan pendidikan,mohon sarannya,apa saya harus ke WI,WE,atau kemana yang sekiranya pangsa pasar ke depannya cerah?
    terima kasih sarannya.saya tunggu di email saya.awalrusmin@yahoo.co.id.

    • UNtuk melanjutkan kariri di bidang welding dari seorang welder mungkin lebih cocok ke WI atau ke welding supervisor..untuk welding engineer harus mempunyai latar belakang ilmu eksakta yang kuat karena WE juga bertugas utuk mendesign suatu joint sesuai dengan material dan kekuatan yang dibutuhkan…bapak ikut certifikasi WI saja atau Welding supervisor yang ada di http://www.batamtraining.com atau di IWS jakarta…

      salam

  32. Msi om mau tnya ne,sya lu”san smk,sya ad srtfkt MT\PT skrng asstn MPI,sya ad rncna ngmbil WI kra” bsa gg y?lo blh mnta sran agr tdk slh lngkah ngmbil

    • Mas Andi ..nggak ada larangan untuk anda untuk ambil WI … saya rasa dengan pengalaman jadi Ass MPI akan membantu anda untuk lebih cepat menguasai ilmu WI…yang penting untukkarir anda, anda harus menuasai requriment requirement yang diminta User atau perusahaan…tigkatkan juga kemampuan bahasa inggris anda… melalui kursus kursu dan mempraktekannya..

      Salam

  33. pa mau nanya nih, bagaimana rumus menghitung kbutuhan btu gerinda.

    terima kasih.

  34. Belum ada yang bahas welding underwater nih pak :)
    Bagaimana dengan prospeknya?

    • Pak Iqbal dan Pak Fuad ..
      Untuk underwater welding propeknya untuk mendapatkanpekerjaan yang rutin ada itu agak susah sekali artinya jarang ada pekerjaan untuk underwater welding. Kalau mau ambil WI aja pak atau yang lain ….sesuaikan dengan minat dan latar belakang pendidikan anda..bair nyambung dan mudah melakukannya …
      Terdapat banyak bidang pelatihan yang cukup menjanjikan di dunia konstruksi dan lainnya…
      Silahkan lihat di http://www.batamtraining.com atau search di google.

      Salam.

  35. Salam kenal pak..
    Saya mau tanya tentang WE donk pak,kalau bisa lnfo lengapnya,bagaimana prospek kedepan dan ilmu apa saja yang harus dipelajari dalam WE ini.
    Terima kasih..

    • Prospek bekerja sebagai WE sangat menjanjikan ke depannya..sangat sediti orang yang terjun kesini karena keterbatasan dana dan informasi… pembangunan tidak terlepas dari peran langsung seorang WE… kalau mau tahu pelajarannya bisa lihat di B4T … disana ada program WE dengan sertifikat international IIW dengan biaya pelatihan sekitar 28 jt selama 3 bulan …full day…

      Posisi WE juga bisa didapat dari orang yang karir sebagai WI jkarena tidak semua perusahaan berani menghire WE yang bersertifikat international..sebenarnya pelajaran WI itu mencakup hampir 90 % pelajaran WE, tinggal WE lebih diperdalam mengenai anlisa kalkulasi kekuatan welding…

      Semoga membantu …

      Salam

  36. Ass pak, pak saya mau tanya bagaimana menghitung kebutuhan kawat las jika suda diketahui layernya dan travel speednya? kemudian jika punya wps dgn aturan t 16 m, itu berarti dipakai sampai 2x t nya. trus apa yg berubah layer ataukah kampuh lasnya? tolong dibalas trims

    • untuk menghitung kebutuhan jumkah kawat las..lihat posting terdahulu..saya udah pernah bahas…
      Untuk las 2T yang berubah tidak ada….cuma materialnya aja yang lebih tebal … artinya digunakan pada material yang berbeda yang akan diwelding.

      Salam

  37. untuk bisa mengetahui info lebih banyak lagi tentang WE, apakah ada milis atau komunitas yang bisa saya ikuti pak???kalau ada, boleh donk dikirimi alamatnya…
    Terima kasih sebelumnya

    • coba lihat di http://www.b4t.go.id
      Sementara untuk pendalaman ilmu WE bisa di google dengna banyak jumlah artikel atau download e book ttg welding.
      Saat ini mau belajar ttg skill apa saja sangat banyak materi yang tersedia..sehingga tinggal dipelajari ….
      Bagian bagian mana yang tidak bisa dipahami karena merupakan skill yang didapat lewat pengalaman kerja dapat anda dapatkan melalui lembaga pelatihan..yang kompeten…

      salam

      • Pak saya numpang tanya
        saya lulusan teknik industri, jika mengambil wi apa sudah benar?
        setau saya lulusan teknik industri masuk ke HRD. Bagaimana peluang untuk menjadi engineer di migas?
        terima kasih sebelumnya

      • Bagus ..kalau mau masuk ke WI…dari T Industri…
        Peluang menjadi engineer di Migas terbuka lebar…saat ini konsep MIGAS harus dirubah ke area yang lebih luas…yaitu Eng construction yang bisa mberupa : marine, oil gas, power plant, petrochemical, dll..sehingga bisa melihat peluang yang lebih luas…

        Selain dari pada WI anda juga bisa masuk ke dunia Piping Engineering… info lengkap pelatihannya bisa di baca di http://www.batamtraining.com

        Salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

%d bloggers like this: