Posted by: novembri yusuf | October 18, 2008

UJIAN CSWIP 3.1

Mengikuti Kursus CSWIP 3.1 adalah cita cita banyak para welding inspector.  Nilai certificate CSWIP 3.1  sangat tinggi karena diakui di seluruh dunia. Selain CSWIP adalagi certificate welding international lainnya seperti AWS dan PCN. 

Untuk bisa mengikuti kursus CSWIP ini dipersayaratkan mempunyai pengalaman kerja dibidang welding dan inspeksi (dan sejenisnya) 3 th. Karena para peserta kursus adalah orang yang sudah mempunyai pengalaman lapangan  dan ilmu tentang welding.  Disana sebenarnya bukan training lagi namun hanya refresh tentang welding secara keseluruhan mulai dari Proses welding, WPS, Welder test, material, metalurgi, HT, Mechanical test, NDT, Inspection, defect, code API 1104, consumable dll.  Bisa dibayangka bahan kurang lebih 250 halaman ahrus dikuasia dalam 1 minggu. Kalau kita tidak familiar dengan topik diatas pasti akan mengalami kendala untuk bisa lulus.

Apa sih ujian CSWIP ?

Ujian CSWIP teridiri dari :

1. Narrative atau essay. Anda dikasih soal 6 dan wajib dijawab 4 dari 6 soal diatas. Min 70% harus benar. kalau kurang …anda fail.

2. Multiple choice 30 soal. Harus luls 70% juga dalam 30 menit.

3. Practical plate : melakukan visaul inspection dari sample welding dalam bentuk plate dengan menentukan jenis defect, dimensi, refference acceptance criteria, judgemnent pass atau reject, kalau sudah punya 3.0 test ini tidak diikutkan lagi

4. Practical Pipe, hampir sama dengan plate tapi dalam bentuk pipe.

5. Macro. Disini kita akan diberikan beberpa contoh foto makro dan diminta menilai photo tersebut apa saja defect yang ada dalam foto dan jugmen kita

6. Interview.  Saya denger untuk interview ini sudah dihilangkankarena tidak dapat diajdikan pegangan no record yang  mudah terjadi unsur subjective.

Untuk ujian CSWIP ini cukup melelahkan dan bikin stress dari pagi sampai malam ( tergantung jumlah peserta.  Yang bikin stress sebenarnya bukan masalah berat soal, namun banyak di antara peserta sudah di hantui perasaan tidak akan lulus karena rata rata presentas kelulusan CSWIP ini kurang dari 10%  bahkan sering 0%. Kondisi ini secara psikologis akan mempengaruhi kepercayaan diri peserta.

Fail dan retest.

Kalau peserta CSWIP 3.1 gagal dalam 1 jenis test maka dia diberi kesempatan untuk bisa retest dengan jenis ujian yang sama sebanyak 1 kali dalam masa 1 th. Jika seandainya dari ujian ini gagal lagi maka peserta wajib mengikuti lagi keseluruhan ujian yang diadakan. jadi mulai dari 0 lagi ( initial).  Disamping udah stress peserta juga diwajibkan bayar uang retest 2,5 jutaan ( kira kira lho). Sehingga udah nggak lulus udah bayar berulang ulang kali dan tetap nggak lulus lulus juga banyak peserta yang frustasi dan merelakan untuk tidak ikut lagi.

So…apakah susah lulusnya…bisa dibilang ya. apakah bisa lulus …bisa, karena banyak yang punya CSWIP. Kalau mau lulus sebaiknya persiapan diri jauh jauh hari …dan harus punay cara belajar efective.

Biaya ? : 12,8 jutaan.

Semoga informasi di atas bermanfaat buat yang mau go International.

Responses

  1. Saya mau menanyakan contoh soal buat certificate welding international lainnya seperti AWS dan PCN. apakah yang dimaksud pcn itu biar saya tahu lebih jelasnya.

  2. pak, untuk instrument inspector ada gak sertifikasi internasional kayak CSWIP juga.

  3. [...] CSWIP 3.2 Senior WI, ASNT level 3 Income: $6000/month Lokasi: Indonesia, batam dan sekitarnya ujian CSWIP situs [...]

  4. Yth pak Novembri,saya sedang cari kerja , saya hanya punya RT level 2 dan cswip 3.0 ,tolong info nya pak . terimakasih ..

  5. pak, saya ada rencana mengikuti CSWIP 3.1 utk WI, tapi bisa pak kira kira saya minta buku panduan atau contoh soal2nya untuk dibaca2 di rumah utk persiapan. gimana kira2 pak?

    • Pak Dapot…

      Sampai saat ini saya belum ketemu tuh buku panduan untuk CSWIP …ntarlah ya..kalau ada waktu saya karang dulu …
      Agar temen temen bisa lulus CSWIP…

  6. slm pak. saya dari malaysia..mau tau buku panduan peperiksaan untuk CSWIP welding inspector..tak lama lagi saya mau ikuti kursus ini.jadi saya mintak tolong dgn pak bole htrkan buku panduannya…terima kasih ya pak..

    • Sampai saat ini belum ada Cik Mnsi …saat ini lagi dalam proses…

      salam…

  7. pak, saya ada rencana mengikuti CSWIP 3.1 utk WI, tapi bisa pak kira kira saya minta buku panduan atau contoh soal2nya untuk dibaca2 di rumah utk persiapan. gimana kira2 pak?

  8. bagai mana hendak test ujian 3.1

  9. insyaallah saya mau ikut ujian cswip 3.1,…agustus nanti di batam,….
    saya mempunyai bahan2 dan contoh2 soal
    dengan ukuran 1.2 GB dalam bentuk softcopy
    mulai : contoh soal, module, foto, cswip registration, dll :
    bila ada yg minat hub saya di : agusm1972@yahoo.com
    ( bila saudara ada di batam, bisa ketemu 10 – 15 agustus 2009 )

    • pak Agus,saya sangat membutuhkan itu sebagai panduan saya sblm ikut ujian di cswip.saya mita tilong bagaimana caranya supaya bisa mendapatkan contoh2 soal.
      terima kasih pak agus saya tunggu respon bapak.
      salam.
      slamet l

  10. saya denger dari tmn2 bahwa ujian cswip itu sangat sulit hal apa sih yg menjadi dilema???apa krn kita terbiasa dengan AWS??mohon petunjuknya

  11. saya kesulitan mencari alamat tmpt utk pelatihan cswip di jkt, kalo ada tolong saya minta alamatnya, terima kasih sebelumnya saya ucapkan utk informasinya

  12. Gini pak…Saya mw ikut CSWIP 3.1.Tp saya mw minta jadwal kapan pelaksanaan diklat berikutnya.

    Salam

  13. saya dengar jika sudah dapat csiwp3.0, untuk cari kerja mudah.
    tapi saya pak sudah 4 bulan lulus 3.0 belum dapat
    kerja qc inspector. apa benar kalau mau melamar harus ada orang dalam

    salam hormat
    samuel.

    • Cari kerja itu tergantung rezeki dari atas… bukan dari certificate .
      Certificate bermanfaat untuk memberi keyakinan ke user kalau yang memegang certificate kompeten untuk tugas dia seperti yang disebutkan dalam certificatenya.

      Berusaha dan berdoa …..

      Baca tulisan saya terdahulu tentang bagaimana biar gampang dapat kerja… Trik dan advice..

  14. Nama saya Dede Iswono.
    Baground saya Welder kurang lebih dari 7 tahun.apa syarat nya,kalau saya mau ikut Sekolah CSWIP 3.1 untuk INSPECTOR.Saya mau minta pedoman yang bisa saya pelajari lebih dulu.Dan saya juga mau tanya tentang enterpreter Radiografi,3.1 level I.terima kasih.saya tunggu balasanya

  15. sangat berguna bagi yg ingin meningkatkan pengetahuan untuk menambah daya saing yg sangat ketat khususnya di daerah timur tengah.
    saya sangat berharap agar pihak penyelenggara khursus dan ujian mempermudah administrasi atau birokrasi dan syarat2nya.terima kasih

  16. pak dosen saya mau tanya bagaimanacari certificate welding buat international soalnya dimata negara luar seperti ( usa,inggris australia, eropa) certificate migas ,depnaker tidak di setujui(approve) maka dari itu saya lagi cari certificate internationl supaya welder negara indonesia di akui di mata dunia dan tidak di remekan terima kasih dari saya

    from
    DWI SUBAGYO

    • Sebenarnya tenaga kerja indonesia sangat energik di negara luar seperti asia dan eropa, baik disertifikasi badan swasta dan negara di Indonesia seperti welder qualified, welding inspector dll sangat dihargai oleh perusahaan luar bagi mereka yg sudah bekerja.
      yang jadi permasalahan adalah;
      1. Pemerintah RI kurang serius mempromosikan TKI baik yg berkompoten
      dibidan consultan, inspector, welder, dll ke negara luar.
      2. Banyak pekerja indonesia yg bekerja di luar negeri atas biaya sendiri
      karena takut pungutan liar dari oknum-oknum pejabat swasta dan pemerintah.

  17. pak dosen’ kapan jadwal untuk cwip 3.0 di batam. thks

    • @ Rolling Manulang : Jadwal CSWIP 3.0 bisa akses di DUJ WEBSITE
      @ Opan : Anda masih muda kalau baru 26 th masih panjang jalan anda, jadi go a head saja….untuk di Jakakrta bisa ikut di Metalurgi UI atau di FMIPA , kalau udah trainign apalagi sampi 5 bulan belajar insyallah yang gelap jadi terang….
      @Alamsya : Untuk jadi fitter di kapal, pekerjaan di kapal ada puluhan macm dari bawah sampai atas…anda background pendidikan sampai dimana…? Sesuaikan dengan background dan kalau tanya pengelasan nggak paham ya trainign dulu atau belajar sendiri…kalu training resmi anda dapat pengakuan dengan certificate,, kalau belajar sendiri nggak ada reportnya jadi susah untuk diukur…
      @Erick : Standard BNSP WI / day ….nggak ada standardnya tergantung nego dan masa interview….
      @Titin dan mas hijau : Thanks two thumb nya
      @ Yayat : Datanya nggak jadi dikirim biar bisa saya review….
      @ Rifky : Training WI di Batamtraining certificatenya BNSP. Biaya 9.25 juta selama 6 bulan. CWII maksudnya kalau nggak salah certificate welding inspector ikbal. Sama dengan certificate WI lainnya keluaran BNSP, CWII istilah saja … bisa tanya langsung keikbal.

  18. Pa,sy pny rencana ngambil CSWIP tlg kerem alamat yang di jakarta atau di yogyakarta dan biaya yang di butuhkan berapa,dan berapa bulan waktunya..terimakasih

  19. Ada saran dari teman2 saya baru mau ngambil welding inspector
    Saran dari teman saya harus ngambil yang mana supaya memudahkan saya buat ujian nanti
    Terima kasih

  20. slm pak… saya mau tanya persyaratan untuk mengikuti training WI apa saja?dan apakah untuk mengikuti training hrs dari background pendidikan tertentu semisal teknik?

  21. Pak.. Saya mohon informasi bagaimana caranya untuk memperpanjang sertifikat saya :( CSWIP 3.1 level 2 ) sebelumnya saya mendapatkan sertificate tersebut di Saudi Arabia ( SGS )…..thank’s atas infonya…

  22. Dear Pa Novembry,

    Saya mau menanyakan adakah sertifikasi lanjutan untuk Welding Engineer yang sesuai dengan bidang Welding Engineer? Saya yang saat ini memegang certificat Welding Engineer dengan register no. IWE AT 0623.
    Terimakasih atas informasinya.

  23. UNtuk Welding Engineer dengan certificate IWE sudah cukup Pak..saya belum dapat informasi lagi certificate lanjutan setelah IWE ini. Di dunia kerja sebagai WE dengan certifikat IWE sudah cukup dan qualified untuk merunningkan project project. Mungkin sebagai tambahan saja bisa menguasai NDT nya. Salam

  24. Pg pak nov, saya mw tanya, klo ambil cswip 3.1 tanpa 3.0 apakah boleh ?
    klo ambil di batam , sertificate nya internasional tak ?

    • Boleh Pak ..asaal ada pengalaman 3 th di bidang welding inspection ..

  25. pak saya mau tanyak.itu mau test biaya nya tdk bisa kurng.dan bagaimana cara mempermudah mengambil certificat WI itu pak

    • Pelatihan WI di OTI biayanya 11.8 jt..dan sudah sangat murah dibandngkan di tempat lain yang sampai 16 jt atau 13 jt… sertfikasi WI di OTI dikeluarkan oleh LSP MIGAS Jakarta… untuk belajar 4 bulan itu sudh cukup murah..kecuali belajarnya 1 atau 2 minggu ….semoga memabntu …


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

