CSWIP 3.1

Responses

  1. Pak Novembri apa kabar ?
    Saya termasuk penggemar Pak Novembri nih… Rencananya training apa aja yang dalam waktu dekat akan diadakan lagi ?

  2. Hai Deny …

    Untuk training yang akan diadakan ada : WI, WPS, RBI, Piping, & PDMS. Moga moga bisa jadi jembatan untuk ke O & G and marine.

    Gimana kapan daftar?

  3. Gak harus O & G … tapi kalo kerjanya mirip-mirip sama orang tua kita dulu gak apa-apa (petrochemical :D )

  4. Kapan dan dimana ada training piping pak, meliputi apa aja materi trainingnya dan ditujukan utk seorang piping engineer atau piping designer?
    Mungkin bisa dijelaskan lebih lanjut apa tentang PSA atau piping design atau piping isometri dll. diluar PDMS training kan pak training ini.
    Thanks

  5. apa kabar pak Yusuf?
    saya mau tanya nih? kalo untuk pemula kursus yang paling bagus apa ya? saya udah ada basic untuk NDT tapi masih minim n rencana mau ambil UT tapi masih ragu?
    Peluang yang paling bagus apa pak ya, yang kira2 kalo abis kursus langsung kerja gitu?

    Makasih atas infonya?

  6. Mas Slamet ini lulusan dari mana dulu nih …? D3, S1, STM. Kalau dulunya lulusan S1 jurusan electro atau mechanical lebih baik ambil yang sesuai dengan jurusan kita. Karena akan mudah mencernanya dan happy di lapangannya.

    Untuk NDT sebebnanrny method UT lebih rumit dari yang lainnya namun untuk kerumitan tersebut biasanya orang UT mendapatkan bayarannya lebih dari NDT lainnya. Untuk MT PT RT pekerjaanya tidak terlalu memerlukan high skill. Dalam segi peluang sebenanrnya MT PT banyak peluangnnya, namun persaingan di kelas ini sangat tinggi. Saran saya lebih baik ambil UT.

    OK pak selamat mencoba…

  7. Met siang pak,
    saya mau tanya masalah WPS, saya ada WPS ASME dengan proses GTAW, dalam WPS ditulis range qualified-nya: (groove)thickness 1,6 to unlimited, diameter 4 to unlimited, sedangkan untuk fillet range qualified-nya: not restricted. Yang mau di las adalah pipe 2″ ke pipe 4″ (fillet weld), yang mau saya tanyakan adalah (1) apakah maksud ‘not restricted’ diatas adalah tidak terbatas? (2) apakah WPS tersebut bisa dipakai untuk mengelas pipe tersebut?
    terima kasih sebelumnya

  8. Groove otomatis qualified Fillet weld untuk dia dan weld size tidak terbatas, jadi WPS tersebut bisa dipakai .

  9. Pak Novembri, saya sering sekali mebaca tips2 ttg welding dr bapak. Saya orang baru, baru sedikit faham ttg WI dan NDT Radiografi Interpreter sejak September 2006, namun sampai tahun ini saya belum punya kesempatan u/mengaplikasikan ilmu sbg Inspector. Dan saya mau nanya, boleh tidak saya ambil training WI AWS walau belum punya pengalaman?Dan bagaimana prospeknya..?Trimakasih.

  10. Untuk training WI AWS international disyaratkan punya pengalaman di bidang welding lebih 3 tahun. Kalau belum punya pengalaman ya nggak bisa dong… Segala sesuatunya perlu waktu untuk tumbuh dan berkembang.

    Banyak sekarang yang sudah mengambil WI dan NDT belum dapat pekerjaan. Apalagi dengan banyaknya berdiri lembaga training WI dan NDT. Setiap 4 bulan mungkin ada sekitar 100 orang WI di Batam saja. NDT mungkin bisa 40 atau 50 orang setiap bulan. Persaingan dan kompetisi juga akan semakin tinggi.

    Anda perlu meningkatkan skill dalama bidang yang berhubungan dengan dunia fabrikasi mungkin ada WI ada NDT, skill bidang internal audit, QMS ISO 9001, OSHAS 18000, piping ASME B31.3, Pressure vessel ASME VIII. dan lain lain. Setidaknya ini akan menjadi nilai tambah bagi anda untuk bisa diterima dalam suatu interview kerja.

    Ditempat anda kursus cobalah minta bantuan dan informasi mengenai penyaluran kerja setelah anda lulus training disana. Terakhir semua kembali pada rezki yang sudah di tentukan-Nya.

    salam

    salam

  11. Pak Novembri, Saya Johan saya mohon bantuan pencerahannya. Sekarang saya sedang mensupervisi pembuatan tangki API 650 sebagai pihak owner. Di Sambungan annular, terdapat defect. Saya minta repair kemudian di RT dengan tambahan 2 kali pengujian dg welder yg sama pd jalur yang sama. Masalahnya, jalur las sudah tidak cukup untuk penambahan 2 kali ini. Apakah boleh saya menggunakan jalur lain dengan welder sama?Jika tidak boleh, bagaimana solusi terbaik karena shell course 1 sudah hendak dipasang. Apakah kualitas produk cukup dengan pengujian leak test.Maaf saya termasuk masih baru dalam dunia kita ini. Trimakasih

  12. Pak Johan …
    Untuk tambahan RT karena penaluti khan nggak harus dengan welder yang sama kecuali disebutkan dalam client spec. Cukup dengan 2 joint yang ada dalam satu drawing karena persentase NDT khan ada dalam setiap drawing. Kalau sudah tidak ada jointnya ya jangan dipaksakan untuk ditambahkan dengan joint joint lain.

  13. Pak Novembri, trimakasih atas pencerahannya ttg RT annular Joint di atas.
    Satu lagi, di API 650, saya tidak menemukan dibagian mana kriteria lendutan Bottom shell yang diizinkan. Karena plat dasar tangki yg sudah terpasang memiliki kelendutan cukup besar. Sekali lagi mohon maaf jika pertanyaan saya ini agak bodoh. Maklum, masih baru.

  14. Lendutan biasaya disebutkan dalam client specification. Biasanya sekitar 6 mm. Coba bapak check dulu clint requirement untuk lendutannya.

    thx

  15. Hi Author,

    Apa kabar neh. Mau nanya boleh dong.
    Kalau proses welding dengan GMAW saya lihat diatas beadnya kadang2 ada semacam lapisan berwarna kekuningan. Nah pertanyaannya, apakah namanya, bisa dihindari atau tidak dan apa efeknya.
    Ditunggu commentnya.

    Salam,
    Endri

  16. Pa’ Novembri, saya mau tanya apakah Bapak pernah punya pengalaman material tube SA 213 TP 304 crack pada saat hydrostatic test Heat Exchanger. Kalau dari analisa apakahb ada kemungkinan pengaruh panas pengelasan(proses GTAW) yang dapat menyebabkan crack pada tube ? kalau karena proses welding apakah crack yang muncul terjadi pada posisi yang dekat dengan pengelasan, karena posisi cracknya agak jauh dari posisi pengelasan. Apakah material SA 213 TP 304 INI sangat rentan terhadap proses welding?
    Terimakasih atas jawabannya.
    NB : apakah sudah ada kabar tentang certificate WE JWES

  17. Pengalaman ngelas tube SA 213 type 304 belum pernah tuh pak. Tapi untuk mengetahui penyebab yang jelas dari cracknya tube ini bapak bisa lakukan beberapa pengujian seperti uji kekerasan di daerah lasan, HAZ, BM, daerah crack dll. Dari nilai uji mungkin didapat korelasinya crack karena peningkatan kekerasan yang tinggi, atau karena pengaruh temperatur yang terlalu tinggi. sehingga terjadi sensitasi yang mengakibatkan melemahnya daerah batas butir sehingga terjadi crack karena adanya stress dari luar. Kalau lokasi crack jauh dari lokasi welding bisa dipastikan crack bukan disebabkan oleh welding , mungkin dari kondisi materialnya sendiri.

    Certificate JWES ; belum tuh….

  18. Hi Pak Novembri. mau nanya nih.
    Dlm welder certificate (ASME IX), di test dg 11 mm, so qualified hingga 22 mm.Apakah welder tersebut boleh mengelas material dg tebal base metal 28 mm (double groove) untuk 1 sisi saja (kira2 14 mm)?Sementara sisi lainnya dilas oleh welder lain.
    Jika tidak boleh, kita bisa mengacu ke paragraf mana dlm ASME IX?
    Terimakasih atas penjelasannya pak.

  19. Boleh Pak Yuid…

    Dia bisa ngelas sampai 22 mm di dgroove mana saja asal sisanya dikerjakan oleh welder lain…

    Selamat bekerja…

  20. Trimakasih untuk jawaban mengenai thickness welder tsb. Dulu saya menolak hasil pekerjaan oleh welder tersebut. Namun, jika BOLEH, kita mengacu ke paragraf berapa dalam ASME IX?karena menurut saya, welder certificate tersebut hanya membahas thickness mat’l, bukan tebal lasan.
    Trimakasih..

  21. Pak Yudi ..lihat di table qw 452.1.b.

  22. Pak,
    Saya lagi nyari Soft copy ASME V, VIII, IX print PDF(original dari ASME) dan API 1104 tapi sampai sekarang belum ketemu. Kalau ada, boleh gak saya copy
    Mahadi Batam

  23. Ada Pak ….di nternet khan juga banyak beredar…

    Mau…?

  24. maaf saya mau tanya, saya seorang pelajar di sebuah STM swasta jurusan tekhnik las saya mau tanya apakah jurusan saya sesuai untuk melanjutkan kuliah dengan bidang tersebut? trus lembaga apa yang sesuai dengan bidang tersebut?
    dan caranya bagaimana?

  25. Hi pak Novri
    saya pekerja industri electronic tapi saya ada niat mau mengikuti pelatihan welder inspector,apakah postur tubuh saya yang pendek bisa bergabung di dunia industri berat.

  26. Pak Novembry, numpang tanya.
    Saya masih bingung ttg WPS ASME. jika di WPS kita menggunakan Electroda E7016, boleh tidak kita menggantinya dengan E7018 untuk produksi dan atau sebaliknya?Terimakasih pak.

  27. Dear P.Nov,

    Bgm cara membuat WPS?
    Apakah WPS utk pipa 6″,4″ & 2″ dgn material yg sama tetapi thicknessnya berbeda dibuat jadi satu atau terpisah? termasuk utk tie-in, golden-joint. Tks Pak.

  28. Bapak2 bisa bantu aku ? aku ingin ikutan kursus Welding Inspector. dan painting Inspector.di jakarta, aku masih kerja di saudi arabia, Berapa biayanya dan tolong kasih kapan jadwal ?kursusnya?

    • Hi Andri,.

      I think you are registered on our website http://www.worldwideworker.com.

      We are looking for a structural / Fabrication Foreman for our client based in Abu Dhabi. I wanted to get in touch with you. Please let me know your contcat number and email id. You can mail me at sreyoshi@worldwideworker.com or call me at +919900172945.

      Thansk,
      Sreyoshi

  29. Bpk2 mohon bantuannya. aku ada masalah tentang WPS dan PQR, kami ingin buat WPS&PQR MATERIAL API 5L gr X70. tolong pencerahannya dari pakar2 Kita disini. Aku gawe di project Aramco Petro Rabigh Saudi Arabia .
    satu lagi nich Apakah selalu ketentuannya material ALLOY stainless mesti PMI ?

  30. Salam kenal Pak. Nov,

    Mohon pencerahan dr P. Nov ato yg tahu ttg MT, Procedure ato step untuk MT dgn Dry particle.

    Yg sy tahu baru wet particle, kalo tdk slh step ya seperti ini: (Mhn koreksi klo slh..)
    1. Prepare surface
    2. Apply White contras paint
    3. Apply Magnetizing force with Magnetic Particle Ink
    4. Interpretation test
    5. Cleaning

    Untuk dry particle, apakah step sama dgn wet particle seperti yg di atas?

    Terima Kasih atas pencerahannya.

  31. Pak Boedie

    Untuk dry particle urutannya sama dengan wet particle : Surface preperation –> Apply developer—> Magnetizing force together with dry particle–> interpretation and cleaning—>demagnetizing.

    Salam

    Kalau mau gaji gede ikut UT/RI.

  32. Assalammualikum Pak.Novembri
    pak saya masih bingung nih… berhub belum dapat kerja,
    mana duluan yg lebih baik saya ambil diantara
    RI & QMS,INTERNAL AUDIT. soalnya dananya cuma cukup
    salah satu diantaranya pak.

  33. halo pak raymond…..
    maap pak nov……,saya ikutan2 nimbrung….,

    buat pak raymond kan ad pengalaman QC…dan baru siap ambil WI.., ide saya bagusnya RI…, biar jadi satu paket dulu ke WI nya…, selanjutnya baru ke QMS n IA…..,

    semoga hari esok ilmu kita selalu bertambah..

  34. salam semuanya, saya mo nanya sayakan ikut training basic welding kira2 bisa gak saya kalau udah kerja lebih dari 3 thn jadi Wi

  35. Dimana pak ada sertifikasi inspektor untuk Pressure vessel ASME VIII?
    Saya alumni teknik mesin, menurut bapak,disaat persaingan yang cukup pesat di dunia WI, apakah lebih bagus untuk mengambil sertifikasi Korosi inspektor?
    terimakasih

  36. Pak.. mau tanya ni. Saya dari Malaysia & kalau boleh saya ingin dapatkan CODE & STANDARD yg digunakan dalam Bab Duties Of Welding Inspector. Boleh provide ?

  37. ass.wr.wb
    pak nov, mau nanya nih
    apakah dengan berbekal ASME B31.3 saja sudah bisa menjadi piping inspector. dan apa saja job piping inspector,apakah sama dengan yg diajarkan di ASME B31.3
    thanks

    • Piping inspector di beberapa perusahaan, yang di inspeksi 80% adalah welding nya seperti fit up, material , consumable, isometricnya dll. Untuk mau jadi piping inspector lebih baik ikut traning Piping Process ASME B31.3 dan juga welding inspector . Karena antara keduanya nggak bisa dipisahkan, dan user maunya yang mau di pekerjakan mengerti welding dan mengerti ASME B31.3 dan tentunya yang certified…

      selamat mencoba…

  38. Salam kenal pak…
    saya tertarik dengan dunia welding & NDT
    saya bekerja di sebuah kontraktor swasta
    nasional dengan proyek2 sebagian besar
    mengerjakan piping dan tanki…
    saya tertarik untuk memperdalam bidang welding
    dan juga piping melalui kursus…
    Bapak mengadakan kursus dimana saja?
    sertifikat nya nasional atau internasional?
    truz apakah sama tugas seorang Piping Designer dengan Piping Engineer?
    trims atas infonya…..

    • Andri..

      Untuk training WI dan piping bapak bisa clik di http://batamtraining.com kebetulan saya disana juga sebagai instrukturnya. Hub Pak Eko aja di 08127011587.

      Tugas piping desginer dan piping Eng bisa dibilang sama bisa juga dibilang tidak, tergantung perusahaan mendefinisikannya. Piping designer berarti tukang design piping. Apa yang didesign..? mungkin bukan routing karena kalau itu cocoknya dibilang PDMS piping designer, Piping Engineer definisinya lebih luas lagi..bisa kemana mana. dan tugasnya juga beda beda. Piping engineer ada di perusahaan Engineering juga ada di fabrikasi dna shipyard, tapi tugasnya beda beda.

      salam

  39. Bagaimana menurut bapak mengartikan penjelasan QW 420.2 di ASME IX apakah para. 2 & 3 berhubungan, sehingga para.3 bisa dianggap sebagai nilai mati. Bahwa P number bisa untuk S Number sedangkan S Number tidak bisa ke P Number padahal masih sama di no.1 misalnya.
    Padahal maksud diadakannya material grouping adalah untuk mereduce procedure qualification QW 420.1.

    • Pengertian saya S number diberikan pada product dibawah standard ASTM dengan huruf pertam A bukan SA missal A 108 dengan nomor S no1 group 1. Material ini qualified untuk mengelas material P no 1 group no 1. Jadi dia hanya membedakan standard product material apakah ASME atau ASTM. Biar orang nggak bingung dia sebutkan kalau ASTM itu dengan S number tapi dia qualified untuk S dan P number sesuai aturan table QW 420.1

      salam

  40. Kalau dari penjelasan bapak, saya mencoba menyimpulkan bahwa misalnya kita mengkualifikasi procedure pengelasan menggunakan material S Number 1 (API 5L X65/52) berarti procedure kita terkualifikasi juga untuk P number 1 (A 106) juga Pak ?
    Karena kalau kita lihat lagi di QW 424.1 mereka tidak mengatur secara jelas ttg batasan bila Base metal yg kita kualifikasi berdasarkan S Number terhadap P number, yg ada hanya jika kita mengkualifikasi P number terhadap S Number atau bapak punya pengertian khusus ttg hal ini?

    salam

  41. pak, mau nanya nih..
    klu untuk yang ingin kerja ke dunia oil&gas yg pertama hrus d kuasai program pdms atau pds dulu pak..

  42. ap kabar pak novembri? saya murid bapak dulu wkt d blk batch 2.. saya mo tanya menurut bapak setelah selesai wi langkah selanjutnya lebih baek ngambil cswip 3.0 ato asme B31.3 untuk piping? yang mana yang harus duluan pak? makasih…

    • Gimana Khabar ….Pak Martua…sudah OK ilmu weldingnya …?
      Ambil Piping dulu nambah ilmu biar tambah PD…dan posisis piping banyak yang nyari …dari WI…

      salam

  43. salam pak nov,

    saya baru masuk dunia petrochemical, basic saya DO dari Tenik Informatika, saat ini bekerja sebagai IT dan Dokumen Kontrol, kemarin saya ambil kursus piping Drafter, untuk kemajuan ke depan, saya agak bingung, saya suka pekerjaan lapangan (sering bantu bantu QC) sebaiknya kursus apalagi yang saya ambil, agar bisa jadi QC
    terima kasih

  44. Bapak ambil training WI bagus…Piping ASME, lalu cari kerja lapanagan dulu 3 s/d 5 th setelah itu kalau mau ambil international certificate udah OK mungkin/…tergantung anda sendiri mau oK APA BIASA BIASA SAJA>>>
    SALAM

  45. Assalammualikum Pak.Novembri
    In the end of march inshallah i go to write CSWIP3.1 exam if you can kindly give me more cswip multiple choice questions, and can you assistance me in practice part especially about pipe how to prepare the report and acceptance criteria, finally what the other expect questions are coming. Please can send the answer through my e-mail (alwedaee@yahoo.com). thank

  46. Dear Pak Novembri,

    Saya lulusan S1 Teknik Mesin. Kira-kira kursus apa yang cocok saya ambil. Saya ingin punya skill yg dibutuhkan dunia kerja.
    Trus syarat2 menjadi QA/QC apa?
    Terima kasih.

    • Pak Darius..

      Cara gampang untuk mengetahui syarat syarat jadi QA QC…
      Searching di google ” job QA QC Engineer “dsb. Pasti keluar tuh seorang QA QC Engineer harus bisa ngapain……..

      salam

  47. Salam kenal Pak..
    Di “batam training” ada kursus mechanical engineering ga?
    Saya ingin sekali skill tsb mulai dr planning sampai maintenance.

    Terima kasih

  48. Pak Nov,

    Assalamualaikum,

    Pak Kapan kursus WI nya di mulai?

    Thanks

  49. salam2 kepada smua pak pak di sini,

    saya dari malaysia, seorang pemuda yg ingin menceburi bidang WI. saya amat gembira melaman web ini yang best sebab ada contoh contoh CSWIP 3.1 ujian objektif. tetapi itu part 2 sahaja. saya ingin mendapat lebih banyak reference contoh ujian yang macam ini, ia akan banyak membantu dalam preparation saya sebelum ambil ujian CSWIP 3.1 itu.

    bisa pak tunjukkan website yang berkenaan?

    terima kasih in advance.

  50. Boleh Tau Pak informasi tentang CSWIP 3.0 , Sekarang berapa ya Biayanya , termasuk uang ujian , Karna untuk ambil 3,1 sangat Mahal

  51. asslammualaikum pak

    moga kiat nya makin suksess aja pak nov…
    oh ya pak nov masih ingat saya gk? saya dah ikut PDMS, and Piping B31.3 sekarang saya kerja di MMHE sebagai QA executive Piping
    Pak nov apa sih kiat2 supaya bisa lulus CSWIP 3.1 kalau boleh pak nov adain dong training untuk persiapan ambil CSWIP certificate…

    trima kasih pak nov and salam buat pak eko

    • Mantap kali Oscar..

      Selamatlah semoga jadi Piping Expert dan makin sejahtera…..
      Kalau ada masalah atau informasi silahkan dishare kalau bisa dijawab dijawab , kalau nggak bisa dijawab dicarikan jawabannya……..

      Mau tahu kiat kiat lulus CSWIP 3.1…boleh aja…gimana caranya kamu disana….Ntar lah saya pikirkan dulu….alternatifnya On line Training aja …silahkan cari temennya yang lain …

      Salam sukses.

  52. Salam Kenal Pak,
    Saya tertarik untuk ikut online trainingnya bapak mengenai kita lulus CSWIP .
    Saya mau ambil certifikasi CSWIP, sekarang sedang ambil course WI 216 jam di UI -Salemba/Jakarta
    Mohon sharing untuk online trainingnya.

  53. Salam Kenal Pak,
    Revisi :
    Saya tertarik untuk ikut online trainingnya bapak mengenai kiat lulus CSWIP .
    Saya mau ambil certifikasi CSWIP, sekarang sedang ambil course WI 216 jam di UI -Salemba/Jakarta
    Mohon sharing untuk online trainingnya.

  54. Pak Novembri,
    Rasa2nya saya kenal deh.
    Mohon info dong kalo bisa minta modul training CSWIP.

    • Gimana khabar Pak Manager SEAPI…
      Masih bikin pipa………..

      Mau ikut CSWIP…bukannya udah mau expire tuh certificatenya………

      salam

  55. Hehe, untung masih ingat saya.
    Pipa sedang sepi order di dalam negeri, kalo di luar banyak tp terkendala banyak hal. Gimana punya proyek pipa offshore? Bisa gak dikenalkan SEAPI ke kolega pak Novembri.

    Salam

  56. I want to study cswip 3.1

  57. mas yusuf tolong dong dijelasin berapa panjang pipa dia 28inch tebal 0,562inch dgn spec api5lx65 bisa dilakukan natural bending maklum newbie

  58. salam kenal pak!
    saya lulusan s1 metalurgi saya sudah ambil ndt di sme surabaya, sekarang saya mau ambil wi di b4t, kalau saya ambil piping designer ngeklop ga pak sama sertifikat yang sudah saya ambil. mohon sarannya
    wasalam

    • fahrul..

      klop sekali…tapi lebih bagusnya kamu ambil Welding Engineer …

      goodluck

  59. salam kenal pak yusuf
    assalamualikum
    saya sudah punya cswip3.1 dan sekarang kerja di saudi arambia.saya punya rencana mo ngambil Bgas, gimana kiat2 agar bisa lulus

    • Biar lulus ….
      Menurut saya ya …
      3 bulan sebelum ujian dapatkan dulu modulnya pinjam atau gimana…belajar sendiri …kalau udah tahu, ngerti dan paham baru ikut trainingnya…

      Kalau udah ngerti maka kita akan mudah untuk menjawab soal soalnya….

      Good luck

  60. salam kenal dari saya tuk pak novembri (saya panggil aja pak yusuf ya pak) dan rekan-rekan sekalian. saya baru belajar di dunia inspeksi las, mau nanya gimana urutan isnpeksi boiler dan pressure vessel trims atas sharingnya…

    • Masalah inspection PV sebanarnya banyak pak..jadi saya agak bingung juga mulai dari mana…Secara garis besar kalau mau bikin vessel apa yang mau dicheck :

      1. Design PV sendiri…Drawingnya sudah approve apa belum
      2. Kalau sudah OK bisa check lagi jenis material yang akan digunakan ( Mill cert, chemical Composition, Mechanical Test dll)
      3. Dimensional pada waktu assembly : Dia, thk, tinggi, orientasi, dll.
      4. Workmanship nya : welder, inspector, NDT Tech dll
      5. Testingnya ( hydro. leak, pneumatic)
      6. Documentation…

      Kalau kita mau jabarkan maka ilmu tentnag inspection ini akan sangan luas karena masing masing inspection seperti testing punya banya checklist yang harus dsisapkan dan diperiksa.

      Kalau mau lebih lengkap bapa bisa ikuti Seminar sehari tentan QA QC application dibidang Oil and Gas Industry.
      Yang diadakan oleh batam training. Untuk lebih jelasnya bisa klik di http://www.batamtraining.com

      salam

  61. salam kenal pak mus. sebagai bahan inspeksi mas bisa merefer ke amse section I tahun 2008 trims

  62. Salam kenal pak,
    Saya dikri, saya ingin tanya mengenai dunia welding inspector.
    1. Apa bedanya pak WI CSWIP dan AWS?
    2. Apa kelebihan dan kekurangan dari masing2 sertifikasi tersebut di atas?
    3. menurut bapak di daerah surabaya yang kompeten untuk sertifikasi WI itu dimana pak?

  63. salam kenal,

    Pak Yusuf, saya mahasiswa teknik mesin yang sebentar lagi mau lulus. Rencananya saya setelah lulus ingin langsung mengambil WI CSWIP yang di bdg.
    Apakah seorang fresh grad. seperti saya berkompeten untuk langsung mengambil CSWIP?
    Kalau tidak sebaiknya langkah apa yang harus saya ambil untuk menjadi metalurgist terutama di bidang welding etc. soalnya background saya kuliah mesin adalah mesin-metalurgi
    Terima Kasih atas jawabannya..

    sukses selalu Pak..!!!

    • Maulana..
      Fresh graduate tidak bisa ikut CSWIP. Anda harus punya pengalaman kerja di bidang welding fabrikasi untuk S1 minimal 3 th. Ambil WI local dulu ( BNSP) lalu cari kerja dibidang fabrikasi welding selama 3 th setelah itu baru bisa ambil CSWIP.
      Thx

  64. please give guide .. how to register under this group..

  65. Hallo Pak Nov,

    mohon pencerahannya, saya sedang mencari soft copy print pdf untuk API 2B

    khususnya untuk pembuatan API 5L,

    bila ada boleh saya minta soft copynya.

    thx
    ryan

  66. Hi setiap
    Apakah ada yang mempunyai informasi apapun mengenai 3,1 CSWIP ujian. Aku akan ettent dalam ujian ini dan perlu beberapa contoh laporan untuk pelat, pipa, makro, foto-foto mereka, multitask pertanyaan dan isu-isu ujian tertulis.
    Aku sangat berterima kasih jika Anda membantu saya untuk menemukan
    hrezvany@gmail .com.

  67. Saya cewek, lulusan Business Management di sebuah college di Florida.
    Denger cerita temen tentang profesi-nya sebagai seorang welding inspector, saya jadi tertarik juga. Kayaknya kok challenging gitu yaaa…mana duitnya kenceng pula :D

    Masalahnya adalah dunia welding itu maskulin banget, macho gitu. Untuk cewek seperti saya mungkin gak ya ??

  68. Pak Nov salam kenal ..
    Nama saya Agus Wahyu saya tertarik di dunia O&G, lulusan T.Sipil, 6 th terakhir bekerja di bidang telekomunikasi. Mohon saran dan pencerahan masuk jalan yang terdekat atau tercepat dalam dunia tersebut.
    Karena info yg saya dapatkan selama ini sangat terbatas yaitu :
    1. Ambil training CSWIP 3.0 lalu 3.1 bisa Pak ?
    2. Kalau bisa, apa bisa langsung bekerja ?
    Terima kasih banyak Pak .. :)

  69. Salam kenal pak Novembri Yusuf…
    Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan berkenaan dengan pekerjaan saya saat ini.
    Saya Pria berumur 24 th. dan memiliki 2 ijazah. D3 dan S1, keduanya dalam jurusan yang sama. (Komunikasi).
    Saya sekarang bekerja di perusahaan contractor, yang sedang mengerjakan tender Power Plant. Posisi saya sekarang ini adalah sebagai Drafter sekaligus merangkap sebagai QA/QC Document Controle. Dan saya ingin menjadi QC atau yang kemudian mengarah kepada WI.

    Pertanyaan saya :
    1. Apakah bisa saya menjadi QC dan kemudian menjadi WI. Sedangkan bidang sekolah formal saya sebelumnya bukan teknik?
    2. Langkah apa saja yang harus saya tempuh untuk menjadi seorang QC dan kemudian menjadi WI?
    3. Kalau butuh biaya. Berapa biaya yang harus saya keluarkan?
    4. Berapa lama waktu yang harus saya tempuh?

    Mohon pencerahannya Pak Novembri Yusuf. Terima kasih sebelum dan sesudahnya.
    Salam Sukses…

  70. malam,pak
    saya mau nanyak,sekarang saya kerja di PT.Mc dermott bagian welding .sambil kerja saya ikut kursus TWI danWI BNSP .saat ini saya sudah punya sertificat cswip 3.0 & wi nasional. yang mau saya tanyakan bisakah saya jadi qc welding dengan sertificat tersebut atau saya perlu tambah sertificat lagi .makasih pak dari rianda

  71. Malam pak novembri

    mohon saran nih pak.
    background study saya dari T.Mesin (Konversi energi), job exp di turbin gas ,boiler dan rotating equip tapi cuma 1 thn, krn tuntutan bini…pindah job ke industri sales & marketing selama 10 thn..hehehe…

    Krn suatu hal,pengen balik lagi kerja di bidang teknik…nah kebetulan adek ada yg kerja dari bintan sbg R& D semikonduktor dan ada bawa info mengenai WI,NDT dan kroni2nya pak…

    masih worth-it ndak sih pak klo saya ambil WI plus NDT dulu…???mengingat usia yg sudah tdk lagi teenager…hehehe (33 y.o)
    sy masih sangsi nih pak apa hanya dgn course singkat dan zero experience di bid fabrikasi…bisa dpt pekerjaan yg layak…??

    terlepas dari misi utama sy perihal “bayaran” sih pak, cuma klo liat masa depan kayaknya sangat layak utk di geluti bidang ini.
    karena dari sy agak familiar dgn O&G, krn ortu jg kerja di bid O&G piping maintenance…

    rencananya sih secepatnya bulan jan ini mo ikut kursus,mumpung pesangon masih utuh nih pak…hehehe

    mohon pencerahannya..
    thanks a lot

    SATRYA

    • Mas Satrya….

      Anda nggak usah bingung…banyak sekali orang orang yang mengalami perjalanan hidup yang sama spt anda ini. Pada hakekatnya semua pekerjaan itu mulia..tidak ada yang hina ….yang penting halal…

      Dibalik itu kita sendiri dituntut untuk merubah nasib kita sendiri bukan dari orang lain..jadi perasaan anda untuk banting stir itupun baik dan perlu diwujudkan ..

      Saat ini anda perlu mempelajari training apa yang cocok yang bakal bisa membantu karir anda dari teknik konversi….

      Saran saya anda ambil training yang berhubungan dengan energi power. Sebenarnya banyak training yang berhubungan dengan energi seperti HVAC, Turbin, Electrical, dll. Diantara training diatas mungkin anda bisa pilih satu diantaranya…namun kalau E&I (electrical instrumen) demandnya mungkin lebih banyak dari yang lain. ( saya nggak punya data actualnya). Jadi saran saya lebih baik anda ikut traiing electrical dan instrumen saja..karena sangat didukung oleh pendidikan sdr, dimana ini akan memudahkan anda untuk lebih cepat berkembang….

      Masalah umur kalau masih di bawah 35 th saya masih rekomen untuk banting stir ….( tapi jangan sampai nabrak warung orang ya mas )…..

      Informasi training electrical bisa dilihat di http://www.batamtraining.com 0778393747 / 081372210810

      semoga sukses

  72. Malam Pak Nov

    mau tanya apakah ada kursus untuk WPS?
    Klo ada kapan dimulai?

    Thanks

  73. salam pak Nov,
    saya tertarik selaki dengan responses.
    saya punya sedikit dilema. saya 21 tahun baru merintis kerja di pabrikasi, istilah welding, GTAW,WPS,NDT, belum lama saya dengar. posisi saya bagian QC, sayangnya atasan saya tidak begitu melibatkan saya dalam proses kerja, sehingga saya tidak banyak tau tentang semua itu. padahal saya ingin sekali mempelajarinya walaupun bukan itu jurusan saya…..
    mohon sarannya…….

  74. bp novembri yg terhormat..
    ada hal yg ingin saya tanyakan:
    usia saya sudah 28 tahun,,apakah saya telat untuk bergelut di bidang pengelasan?
    saya lulusan s1 teknik industri,setelah lulus sampai sekarang saya bekerja di bidang IT..jadi saya benar2 buta soal pengelasan..
    saya ingin sekali kursus mengelas..kira2 di jakarta adanya di mana yah?
    terimakasih sebelumnya.

  75. malam pak novri…saya mau nanya nih….kalo untuk training online cswip 3.1 gimana caranya.trima kasih dr charles wandri..batam

  76. pak novembri..salam kenal …yang ada di benak saya saat ini,saya belum tau tentang cswip atw cwi..kalo sertifikasi dari BKI termasuk yang mana?terima kasih

    • Pak Roni :

      Certificate CSWIP certificate scheme for welding inspector personnel adalah international certificate untuk WI yang dikeluarkan oleh UK sedangkan yang dikeluarkan US namanya adalah AWS. kalau CWI… itu certificate dari mana ya…saya pun nggak tahu….
      BKI certificate ya keluaran dari PT BKI …….

  77. Salam Perkenalan..
    Saya Pak Razlan dari Malaysia.. Sy cuma mahu berkongsi dengan saudara semua..

    CWI itu maknanya Certified Welding Inspector. Certificate ini dikeluarkan dari American Welding Society(AWS) Untuk dapatkan CWI, kamu mesti ikuti syllabus dari AWS…

    CSWIP Welding Inspector atau nama jolokannya CSWIP 3.1 in dikeluarkan dari The Welding Institute,(TWI) U.k. Sama juga..syllabusnya dari TWI..

    Sekian..

  78. Assalamualaikum… salam kenal

    Terima kasih

    he3x…

  79. hallo salm kenal…

  80. boleh tak saya nak minta soalan2 apakah yang d keluarkan untuk mengikuti 3.1 course

  81. Assalamualaikum wr wb,

    sebelumnya salam kenal pak nov, semoga sukses sll buat pak novembri.
    Saya minta tolong pak nov, jika ada informasi tentang lowongan yg gi butuh WI trutama CSWIP 3.1, sebagai informasi saya punya kualifikasi WI B4T Bandung, NDT RI, MT, PT Level II dan CSWIP 3.1
    Terima kAsih atas bantuannya.

    Walaiku Salam wr wr

  82. Assalamu’alaikum..salam kenal.
    Pak Novembri, saya mau menanyakan…kapan jadwal untuk kursus piping (asme B31.3) dan painting inspector grade i (oleh TWI)

    Mohon informasinya….

    Terimakasih

    Salam

    Yusuf Al-Rasyid

  83. salam pak novembri,
    salam kenal. saya minta sarannya
    saya lulusan S1 T. Mesin dan pernah mengikuti kursus tentang failure analysis tp penglaman kerja sy skrg sebagai mekanik di tambang batu bara. klo mau terjun ke dunia O&G pelatihan apa yang harus sy ambil untuk start awal mengingat sy belum punya keahlian di bidang fabrikasi. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
    wassalam

    ali.alquds

    • SAlam pak ali..

      Kalau sampean mo ikut O&G sampean siapkan sesajennya sebagai berikut:

      WI
      UT
      RI

      Nah kalau tuan ali sudah dapat yg kayak gituan di jamin dech pasti jadi OFFSHORE MANNNNNNN..

      Wassalam

      Yahya

  84. Assalamualaikum pak nov..

    Saya mau nanya pak,,,!!

    Saya seorang electrician pak dan sejak duhulu hingga sekarang masih di electrician saja,,
    nah saya ingin menambah pengetahuan electric saya kalau bisa mau belajar electician inspection ..nah bagaimana di tempat bapak apakah ada kursus itu di sini,,kalau ada apa saya syarat2nya dan kapan trainingnya…jika di tempat bapak belum ada tolong arahkan kemana saya mo ngambil sertefikat itu…
    mohon penjelasannya pak,,,

    wassalam..

    Yahya Bustomi

  85. tolong bantuannya pak novemberi, apa fungsi wps dalam pengelasan

    wasalam

  86. Pak Novembri.. salam kenal dari saya..
    Saya Mhasiswa Politeknik Perkapalan Surabaya dari jurusan D4 Teknik Pengelasan..

    Saya mau tanya pak..
    Untuk Ikut pngambilan WI Cswip apakah membutuhkan pengalaman kerja selama min. 3 th pak sbagai persyratannya,, ??

    kbetulan jg saya sudah ambil sertifikat WI dr ITS..
    tp masih junior sekali..
    butuh pencerahan..

    trima kasih..

  87. Tetap semangat welder Indonesia.

  88. maju terus welder Indonesia.

  89. Selamat Siang Pak Novembri, saya alumni WI PPNS ITS Surabaya thn 2011, & saya minat ingin mengambil CSWIP 3,1U.
    1. Apakah saya harus mengambil CSWIP 3,1 dulu sampai 3-5 tahun,
    2. Syarat2 apa sajakah sebelum ambil CSWIP 3,1U?
    3. Dimanakah kursus diver untuk CSWIP 3,1 U?
    4. Apakah bisa kita ambil pelatihan diver untuk umum?
    Demikian terima kasih atas jawabannya.
    Anas Mubarok

  90. malam pak novembri……
    saya masih kuliah ni jurusan t.industri, tapi rencanaku tamat kuliah maw ngambil ndt, cocoknya ambil apa pak ?
    dan gmn prosedurnya ?

    • PAk AMza..

      Untuk Ambil NDT setelah kuliah bagus tapi saya sarankan anda ambil WI dulu deh . karena bagaimanapun untuk pekerjaan fabrikasi konstruksi hampir semua perusahaan mencari orang uyang mengerti dengan welding inspepction/ engineer. Nanti setelah anda bekerja bolehlah menambah certificate lain spt NDT ini …

      Salam.

  91. Yth Pak Novembri,

    Melanjutkan email saya tadi, jika tidak keberatan Bapa saya mau No Mobile Bapa untuk komunikasi dan ini No Mobile saya: 081364440476.

    Salam,
    Miduk T.

    • Silahkan aja pak kita ngobrol lewat email atas forum ini..

      salam

  92. Selamat siang Pak Novembri Yusuf,

    Salam kenal.
    Mohon sarannya pak. Pengalaman saya sudah 3 tahun dlm dunia manufaktur. 2 tahun sebagai Engineering Assistant Process dan 1 tahun sebagai QA Engineer. Saya tamatan dari Teknik ELektro.
    Kira2 kl saya mau ambil kursus O&G, kursus apa yg cocok utk saya ambil?
    Kalau saya lebih tertarik dengan dunia desain dan Electrical juga. Tapi saya dengar dlm dunia O&G, Piping adlh hal yang mandatory.
    Kira2 dengan situasi saat ini bagi saya, kursus mana yg menurut bapak baik utk masa depan saya? Sebab saya benar2 memiliki impian ingin bekerja di perusahaan O&G.
    Mohon balasannya pak.

    Terima kasih

    • Bagusnya ambil pelatihan electrical dan instrument saja ..itu cocok dengan letar belakang dan cita cita nya…untuk piping itu nanti setelahanda mengambil certificate E/I dulu. Dengan certificate E/I sudah cukup banyak loker yang bisa di apply…

      Informasinya bisa lihat di http://www.batamtraining.com

  93. Selamat Siang Pak Novembri

    Apakah NDE after Hydrotest diperlukan..? kalau iya apa yg akan di check disana, karena di Project Refinery yg sedang saya kerjakan (lagi phase construction) UT after Hydrotest is required.
    Sebagai tambahan material yg digunakan adalah P11 and P22
    Mohon pencerahannya

    Salam

    • Itu tergantung dari client nya juga pak ..nggak semua project tidak mensyaratkan….jadi coba baca lagi procedurenya…
      Kalau merefer ke code standard itu tidak diperlukan lagi ….tapi harus dipahami juga code standar khan minimum requirement…requirement dari client harus di penuhi…salam

  94. salam pak novembri,
    saya mau tanya mengenai nomor pengelasan….misalnya dlm pembuatan laporan inspeksi pengelasan,apakah ada ketentuan didlm standar mngenai itu pak?
    contohny: weld no 005……..apakah sekedar hitungan atau munkin ada ketentuannya pak?

  95. Asslmkm pak Novembri, saya mau tanya kalo lulusan teknik elektro telekomunikasi (Arus lemah) disarankan untuk ikut pelatihan apa? Mohon pencerahannya, terimakasih

  96. Pak, mending ambil CSWIP atau API 570 atau API 510?Yang mana yang lebih menantang?Baik dalam ujian, pekerjaan dan salary?

    • MAs Sofya..
      Ambil CSWIP saja…
      yang minta API 570 sangat jarang sekali…. kalau udah senior di CSWIP baru ambil API 570 ..

  97. Dear Pak Novembri,

    Pengalaman 5 Tahun bisa ga langsung ngambil WI 3.1 tanpa 3.0?
    thanks.

    • Untuk ambil 3.1 atau 3.0 dengan pengalaman 5 th di bidang welding QC itu bisa saja…karena requirement 3.1 min penglaman adalah 3 th…jadi silahkans saja untuk ikut…. 3.0 saya rasa nggak perlu di ambil….

      salam

  98. Aslm Pak Novembri,

    Slam kenal Pak Nov, Mhon Pencerahan nya pak, saya Lulusan S1 Pendidikan, tetapi penglaman kerja saya dibidang Insepksi Teknik khususnya Alat Berat Crane dan sejenisnya,, dalam pekerjaan, saya familiar dengan Peralatan NDT khususnya MPI, tetapi belum memiliki sertifiakat.
    saya ingin sekali masuk kedunia Oil & gas,,, kira-kira sertifikat apa yang perlu dilengkapi pak, kebetulan saya ada rencana untuk Kursus MT/PT/UT.
    kira-kira prospek kedepannya seperti apa ya pak.

    mohon pencerahanya pak.
    salam.

    • Pak EKa..
      Planning anda untuk ikut NDT MT PT itu sudah sangat pas…silahkan saja ikut pelatihan tersebut…
      Silahkan menghubungi untuk pelatihan MTPT …081270116675.

      salam

    • Pak EKa..
      Planning anda untuk ikut NDT MT PT itu sudah sangat pas…silahkan saja ikut pelatihan tersebut…
      Silahkan menghubungi untuk pelatihan MTPT …081270116675.

      salam

  99. Salam pa novembri ,saya bekerja sbg welder sudah 12 tahun,ingin mencoba jd inspector bisa tidak saya ambil training cswip 3.0 soalnya saya hanya. Lulus SMA.terima kasih penjelasannya

    • Pak Zahruding..

      Sebaiknya anda mrngikuti pelatihan WI saja..kalau CSWIP 3.0 kayaknya anda tidak mendapatkan ilmunya karena belajarnya hanya 4 hari…
      Dibandingkan dengan WI yang belajarnya 4 bl.. pasti akan lebih mendalam….ilmunya..

      salam

      • wahhh. liat forum ini. sebagai lulusan baru diploma teknik mesin. saya ngerasa ga punya kemampuan apa” untuk masuk kedunia industri. saya banyak berpikir bagaimana bisa menjadi orang yang hebat dalam bidangnya. yang saya tau hanya sofware design engineering. ( solidworks, inventor, catia , autocad ) mohon masukannya pak Novembri Yusuf

      • MAs Maman..
        Keahlian mas maman sebagai pengguna software solidworks, inventor, catia , autocad sangat dicari perusahaan terutama perusahaan engineering ..kalau di migas spt Technip, worley Parson, Bechtel, dll.. coba arahkan penggunaan softwarenya ke industri Migas tersebut..saat ini di LN banyak dicari desginer spt : PDMS, Caesar II, dll anda harus memperdalam knowledge ttg dunia migas dan mengerti yang namanya code standard… mengikuti pelatihan seperti Piping Engineer akan menignkatkan pemahaman anda ke dunia ini…

        Lihat info ini : http://batamtraining.com/read_det.php?act=select&id=451

        salam

  100. Selamat pagi Pak Novembri, salam kenal saya sjaiful, saya mau tanya schedule pelatihan cswip setelah bulan april 2013 ada dimana yah ?

  101. syarikat saya sedang mencari welding inspector 3.1 dan 2 orang QC Inspector

  102. Pg Pak Novembri……………
    Saya dah jadi ambil WI – nya pak..BATC 11.
    saya ucapkan trima kasih atasa saranya sebelumnya.
    dan Mohon dukungan nya…
    heheheheh
    Salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

%d bloggers like this: