MATERIAL

Responses

  1. Dengan Hormat,

    Kami sedang mencari beberapa material untuk pembuatan PQR. Apa bisa kami beli material tsb di sini?
    Mohon responnya.

    Thanks/ BRam

  2. Kita tidak menyediakan material untuk running PQR. Saat ini kita masih concern ke pemahaman dan sahring pengetahuan saja.

    Sebenarnya untuk pembelian materail bisa dilakukan dimana saja melalui vendor vendor yang ada. Syaratnya material tsb harus memiliki mill certificate yang lengkap.

  3. eq

  4. saat ini saya sedang mempunyai masalah welding yaitu:
    Pengelasan material baru (tube incoloy 800H) disambungkan dengan sockolet Incoloy 800H material ini material lama.

    Permasalahan yang timbul adalah Crack pada base material sockolet.
    .
    Proses las menggunakan ER Ni Cr3

    Mohon bantuannya untuk mengatasi crack tersebut.

    Sockolet 1 1/4 inch sch 40 material incoloy 800h
    Tube 11/4 inch tebal 3,2 mm material incoloy 800H
    M

  5. Crack pada material yang dilakukan menurut saya dapat disebabkan dari beberapa sebab.

    1. Tebal material. Material yang dilas hanya memiliki tebal 2.27 mm dimana material tipis ini gampang sekali untuk terjadi kondisi britle karena pendinginan yang sangat cepat. Bapak bisa lakukan analisa uji mechanical test dengan hardness test pada daerah weld metal, HAZ dan Base metal. Bisa juga pengujian macro/ microstructure untuk menganalisa adanya crack pada batas butir.

    2.Process welding yang terlalu panas atau HI yang tinggi. Gejalanya hampir sama dengan point no 1. Mungkin bisa dilakukan simulasi dengan menggunakan Amper yang kecil atau travel speednya dinaikkan dengan catatan tidak terjadi LOF

    3.Preheat. Untuk mengurangi laju pendinginan dari material yang tipis mungkin bisa dengan menjaga preheat atau temperatut selama welding tidak drop dengan cepat.

    4.Check juga kondisi material dan filler metal yang digunakan apakah dalam keadaan kering atau banyak mengandung uap air.

    Mungkin itu yang bisa saya sarankan. Semoga membantu.

    salam

  6. Yth P’Novembri,

    saya ingin bertanya masalah ASME IX, untuk grouping material, di QW-420.2 tentang S-Number, di paragraph tersebut disebutkan bahwa ” (i.e, SA-240 Type 304 is assigned P-No.8, Group No.1; therefore, A-240 Type 304 is considered S-No.8, Group No.1)” … apakah pernyataan diatas bisa saya interpretasikan begini: untuk material SA (ASME) = P-Number; tapi untuk material A (ASTM) = S-Number??

    Dan saya crosscheck ke QW-424.1 dimana ditabel dalam paragraph tsb disebutkan bahwa “Base Metal(s) Used for Procedure Qualification Coupon: One metal from a P-Number to any metal from the same P-Number and — Base Metal Qualified: Any Metals assigned that P-or S-Number”… apakah kutipan diatas bisa saya interpretasikan begini: saya membuat WPS dengan material coupon SA(ASME) shg qualified untuk mengelas material SA(ASME) dan A(ASTM), kebalikannya, saya membuat WPS dengan material coupon A(ASTM) maka tidak qualified untuk material SA(ASME)”…mohon penjelasan untuk interpretasi saya ini..

    Rgdrs,
    Sugab

  7. siang pak nov

    pak apakah di asme B31.1 itu mengatur tentang PWHT 2x . boleh kah material yang mendapatkan perlakuan PWHT terdapat repair boleh d PWHT lagi ? trims atas pencerahannya

  8. PWHT 2X nggak diatur…..berarti dianggp boleh.

    Yang penting yang harus diperhatikan adalah Temp attaind, Holding, dan cooling ratenya harus benar benar di jaga jangan sampai embritlement. Lihat table 331.1.1 Asme B31.3.

    thx

  9. Dear all
    Butuh masukan dari senior2. berapa suhu general preheat, interpass and PWHT?

    Thank u

    UCHENK

    • Temperatur preheat dan PWHT bisa dilihat di table 330.1.1 dan table 331.11 ASME b31.3 piping process

      thx

  10. terima kasih atas masukannya Pa Novembri. saya kembali mau menanyakan, kalau untuk plate berapa suhu general, interpass dan PWHT?

    • Pak Uchenk

      Preheat / Interpass untuk plate tergantung pada jenis dan tebal material. lihat ke AWS D1.1 table 3.2 hati hati cara bacanya …banyak yang salah cara baca table…

      Saya kasih contoh ya…
      Perhatikan material category A jenis ASTM A36 tebal 50 mm maka min preheat dan interpass temp adalah 110C , sedangkan kalau tebalnya 70 mm imterpass dan preheat temp nya menjadi min 110C. ( ini hanya acuan ajaloh…) Actualnya nanti di tentukan dalam WPS PQR. Tapi kalau dibawah yang saya sebutkan tadi biasanya client nggak mau….

      Masalah PWHT ..tergantung buat apa dan refer ke code masing masing dan jenis material masing masing…

      Pipe ke ASME B 31.3
      BPV ke ASME VIII …

      semoga membantu….

      • bapak2 semuanya…itu cuma minimum requirement…yang terbaik adalah TANYAKAN PADA MATERIAL MANUFACTURER…ntar dia akan merekomendasikan kepada anda tentang preheat and interpass temp yang anda inginkan.
        Kalau cuma mengacu AWS…ingat…code itu cuma MINIMUM REQUIREMENT,alias pada prakteknya masih banyak lagi requirement yang LEBIH BERKUASA.

  11. berapakah toleransi panjang pipa API dia 28 inch tebal 9,7 mm x 12.000mm

  12. salam hangat

    pa Novembry, terima kasih atas masukannya. selama saya udah tahu temperatur preheat, interpass di aws d1.1, tp cara bacanya itu yang saya kadang salah pengertian.
    Apa Pa Nov tidak salah tulis? diatas pa Nov, tulis material ASTM 36 Thickness 50, min temp preheat n interpass 110 C. material thick 70pun Pa Nov tulis min 110 C interpass n preheat.
    mohon penjelasan kembali

    saya mau bertanya mengenai perbedaan antara material stenless steel dgn carbon. selain yg membedakan kekuatan, kadar karbon, tensil, yield, adakah ada perbedaan yang lebih spesifik?

    Thank u
    Uchenk

  13. saya mau tanya..

    tolong jelaskan tentang AWS D1.1 ?

    dari base metal yang dipakai, standar pengujiannya, posisi pengelasan,

  14. please can anybody tell that what kinds of quenched and Tempered steels available means in short classification of Q&T steels

  15. dear pak,
    saya ada order pengelasan ke welding co. untuk Casing 20″ X-56 thickness 0.625″. keperluan Drilling
    dari tawaran mereka NDT nya make UT. trus tidak diperlukan PWHT.

    saya mohon saran.. apakah pekerjaan mereka sudah mengcover qualitas yg diinginkan..
    klo bisa saya minta referensi ttg PWHT & NDT nya..

    trims

  16. Dear pak nov,

    tolong di jelaskan tentang preheat& interpass dalam pengelasan.

    trimakasih,

  17. Berapa jumlah kawat las yang dibutuhkan untuk berbagai ukuran

  18. dear pak,

    saya mau tahu,bagaimana cara welding pada material titanium..saya dah mencoba berkali2 segalu gagal..weld nya mudah retak..tolong tips nya..

    makasih..

  19. saya ingin minta info tentang hardness material
    elbow 3″ ASTM SA 53 Gr B .

  20. Dear senior

    Saya mau tanya, bagaimana cara mengukurweldingan sockolet 1,5″ ke pipa 6″sch 80, asumsi saya adalah denganmenambah antarabutt joint thicknessnya dengan filletnya , apakahini benar pak, mohon pencerahanya

  21. Dear all,

    ada yang faham estimasi harga tuk item dibawah ini ?

    KNOCK OUT DRUM (3 PHASE SEPARATOR)
    D2,200
    T/T6,000
    600psi
    Temp158
    Material CS + SS 316L

  22. Pak Mohon informasinya :
    Jika dalam PQR nya 32 Volt & Amperenya 250 A, utk di WPS berapa Ampere yang terendahnya dan tertingginya? termasuk juga Trave Speed menurut AWS untuk Proses FCAW,

    Terima Kasih,

    Susilo

  23. kenapa weldding selalu ikut tickness yang titip untuk ukuran leg nya

  24. permasalahan pengelasan yang dikarenakan pemilihan welding rod yang tidak sesuai dengan aplikasi , kami punya solusi nya…
    hub
    Handri
    087879005376

    durametal welding rod from USA bisa membantu memberikan solusi pengelasan…

  25. Dear all,

    Mau nanya, Dalam mengakhiri D3 sy, sy dihadapkan pada TA yang berisi tentang material plat/pipa-pipa. Sy mau minta bantuan dari bapak2 semua. Barangkali bersedia untuk memberikan pencerahan. pertanyaan yang ingin sy ajukan diantaranya :
    1. Penjelasan rinci dari material A 106 Gr B, A 234 WPB, A 105, A 36, SUS 304, SS304, Alumunium. (A artinya apa, 106 artinya apa Gr. B artinya apa, masing-masing angka/huruf menunjukan apa, karakterisitik dari material bagaimana, kalau bisa, minta tabel material yang bisa lebih memperjelas lagi)
    2. Hal-hal dasar yang perlu diketahui lainnya mengenai material-material diatas.
    Terima kasih banyak untuk jawaban. Allah Bless U all..

    arturo_0609@yahoo.com

  26. pak mau tanya,mungkinkah setelah di lakukan pwht akan ada defect pada film radiography,atau hanya salah interpret aja pada saat mereview film sebelum di lakukannya pwht.
    trims

  27. saya mau tanya pak, saya seorang WI yg telah punya sertif 2 tahun yg lalu jd saya baru mau mulai bekerja tapi saya bingung apakah yg mau saya kerjakan pada perusahaan tersebut,jd saya minta bantuan sama bapak =
    thanks…….

  28. hehehe maaf
    maksudnya ada yang tau gak langkah langkah untuk menyelesaikan proyek perpipaan dengan bahan AISI 1040 dengan tebal 10 mm….
    dan tp untuk pembuatan BOILER dengan bahan 304 setebal 8 mm gmana ya….

    mohon bantuannya ya all……..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 39 other followers

%d bloggers like this: