Posted by: novembri yusuf | November 8, 2007

WPS

MEMBUAT WPS

Ada pengalaman dengan temen di tempat kerja saya selama ini. Pertanyaannya mungkin sepeprti ni.

Tanya :

Mas saya dapat tawaran kerja di tempat yang baru sebagai client, dengan tugas memverifikasi wps atau membuat wps …bagaimana sih caranya membuat WPS ? Saya nggak bisa mengerjakan pekerjaan seperti yang diminta tersebut di atas..Jadi terpaksa saya tolak job tersebut padahal gaji yang ditawarkan bisa 5x gaji saya saat ini.

Bahasan :

Mungkin pertanyaan di atas banyak juga di alami oleh rekan rekan lain di tempat kerja saat ini. Sayang sekali kalau kita tidak dapat menguasai ilmu WPS ini.

Di beberapa fabrikasi seperti Shipyard banyak para QC QA Engineer yang di suruh membuat WPS tanpa pengetahuan yang cukup. Sehingga secara qulitas dan standard WPS yang dibuat tidak memenuhi syarat min code standard tersebut. Parahnyalagi para owner, surveyor, client yang memeriksa WPS tsb juga tidak mengerti bagaimana menilai WPS itu memenuhi standard. Jadilah WPS yang dibuat WPS ecek ecek …

Bagaimana sih cara membuat WPS …
(to be continue sect 2 )


Responses

  1. Betul sekali Pak, karena saya memang bener-bener zero dalam hal istilah wps, ya mungkin kalo dipaksa dikait-kaitkan dengan yang terdapat di tempat kerja saya mungkin ada tapi sangat minim relevansinya. Mungkin ini bukan sebuah commen tapi sebuah pertanyaan dari saya, step-step apa yang harus saya lakukan dalam mempersiapkan (how to make WPS), adakah faktor essensial yang harus saya pelajari sehingga dalam pelaksanaan pembuatan WPS dapat dihindari kesalahan atau kesulitan, itu aja Pak.
    Saya tunggu Sect. 2 -nya.

  2. Kemaren juga ada pertanyaan yang sama dan sudah saya jawab. Mungkin Pak Deny belum membaca nya jadi saya copy pastekan lagi dari jawaban saya yang terdahulu…
    Semoga membantu…

    Urutan kerja membuat WPS/PQR :
    1. Dari drawing konstruki (AFC) perhatikan : Jenis material, thickness material
    2. Periksa code standard yang akan digunakan ( ASME ix, AWS D1.1, API 1104, DNV FS101, ISO)
    3. Rancang terlebih dahulu pWPS nya)
    4. Lakukan welding sesuai pWPS
    5. Inspeksi visual
    6. Lakukan NDT ( MPI (DPI), UT, or RT)
    7. Lakukan mechanical test sesuai req standard yang digunakan.
    8. Kalau semua hasil OK
    9. Pindahkan record welding tersebut ke dalam WPS
    10.Dapatkan prsetujuan approval WPS dari client

    Ini hanya urutan secar garis besarnya saja. Perlu pekerjaan detail untuk mendapatkan hasil akhir yang namanya WPS. Contoh detail pekerjaan lain adalah : bagaimana cara mengukur amper, voltage, travel speed, dll.

    semoga membantu ,,kalau yang belum jelas silahkan bertanya…

  3. Nama saya Sintong, saya seorang Welding Engineer lulusan B4T Bandung sebagai authorized training body dari IIW/IIS Austria. Saya memiliki kualifikasi untuk melakukan approved terhadap sebuah WPS.
    Saat ini saya bekerja pada sebuah proyek BUMN, bidang yang saya kerjakan saat ini tidak berhubungan dengan bidang Welding.
    Untuk itu saya akan sangat berterimakasih apabila terdapat lowongan di bidang Welding Engineer yang diinformasikan kepada saya melalui email sintongwh@yahoo.co.id.
    best regards
    sintong

  4. salam kenal
    saya arman pak, saya minta bantuan anda untuk
    menentukan kawat las apa yang digunakan untuk
    material dgn komposisi sbb
    – MATERIAL JISG5101(1991)SC480

    – CHEMICAL COMPOSITION :

    C LEBIH KECIL/SAMA DENGAN 0,4%

    Cr LEBIH KECIL/SAMA DENGAN 0,35%

    Si LEBIH KECIL/SAMA DENGAN 0,6%

    Ni LEBIH KECIL/SAMA DENGAN 0,4%

    Mn LEBIH KECIL/SAMA DENGAN 1,2%

    Mo LEBIH KECIL/SAMA DENGAN 0,15%

    P LEBIH KECIL/SAMA DENGAN 0,035%

    S LEBIH KECIL/SAMA DENGAN 0,035%

    – MECHANICAL PROPERTIES :

    YIELD STRENGTH LEBIH BESAR/SAMA DENGAN 245 Mpa

    TENSILE STRENGTH LEBIH BESAR/SAMA DENGAN 480 Mpa

    terima kasih

  5. pak novembri, bagaimana cara menentukan voltage untuk membuat prelimenary wps,karena untuk membuat wps tentunya parameter arus belum bisa tercatat, sebelum merekam pqr. nah initial votage, dan heat input rata2 berapa ya ?

    • UNtuk PWPS data data electrical characteristic nya bisa diambil dari data data WPS yang lama yang sudah terqualifikasi atas dari data manufacturer kawat las…

      salam..


Leave a Reply

Categories

