Posted by: novembri yusuf | April 26, 2008

ARC SRIKES

ARC STRIKES made in welder

Masalah arc strikes sering terjadi dilapangan. Sebagian orang masih banyak yang tidak aware dengan arc strike ini. Para welder welder baru yang masih kurang berpengalaman sering menimbulkan arc stike di material kerjanya.

Penyebab arc strike :

1.       Arc strike dapat terjadi karena welder tidak memperhatikan dengan seksama daerah mana yang akas di touching nya saat memulai pengelasan.

2.       Adanya aliran arus pendek dari kawat las yang terkelupas atau dari perlatan NDT seperti prods dan yoke saat melakukan MPI.  

Arc strike bisa dilogikan dengan pengelasan yang sangat kecil, dimana tidak dilakukan pmanasan awal atau preheat. Karena ukuran sangat kecil dan tanpa pemanasan awal maka terjadi cooling rate yang sangat tinggi. Untuk carbon steel cooling rate tinggi ini akan menimbulkan resiko britle fracture dengan munculnya phase martensite. Akhirnya arc strike ini mengambil posisi sebagai initiator untuk terjadinya crack ( crack initiator ).

Intiating crack akan berubah menjadi propagation crack dengan adanya kombinasi high stress, ukuran crack yang memadai dan material yang toughnessnya rendah.

AWS D1.1 menyebutkan tentang arc strike :

 

 Jadi dapat disimpulkan untuk kasus arc strike harus datasi dengan : menggerinda arc strike sampi habis sesuai denga kedalaman dan lebar areanya lalu diikuti dengan crack detection dengan NDT MPI.

Apakah hal ini berlaku untuk semua kasus loadnya..?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: