Posted by: novembri yusuf | April 29, 2008

Tujuan PWHT WELDING

PWHT (POS WELD HEAT TREATMENT)

 Tujuan PWHT :

PWHT adalah bagian dari process heat treatment yang bertujuan untuk menghilangkan tegangan sisa yang terbentuk setelah proses weldingan selesai. Material terutama carbon steel akan mengalami perubahan struktur dan grain karena effect dari pemanasan dan pendinginan. Struktur yang tidak homogen ini menyimpan banyak tegangan sisa yang membuat material tersebut memiliki sifat yang lebih keras namun ketangguhannya lebih rendah.

 

 

 

Untuk mengembalikan kembali kepada sifat yang diinginkan terutama dalam ketangguhan maka struktur yang berubah tadi dikembalikan lagi ke struktur semula melalui pemanasan pada waktu tertentu dan dalam jangka waktu tertentu pula. Tergantung dari jenis material dan ketebalan material.

 PWHT menurut AWS D1.1.

 Dalam AWS D1.1 paragraph 3.14 Postweld Heat treatment dijelaskanbahwa PWHT dapat dilakukan dengan pesyaratan sebagai berikut :

1. Material yang di PWHT memiliki SMYS tidak melebihi 50 Ksi (345 MPa)

2. Material yang di PWHT bukan material Quench Tempered, Quenching and self Tempering (QST), bukan material TMCP

3. Material yang kan di PWHT tidak mensyaratkan impact test pada Base Metal, HAZ atau weld metal.

4. Adanya data pendukung kalau material yang di PWHT memiliki strength dan ductility yang cukup.

5.  PWHT harus di proceed sesuai dengan para 5.8

 PWHT menurut ASME B31.I.

 1.       Aturan PWHT terdapat pada paragraph 331 hal 67 ASME B31.3 masalah Heat treatment. Disebutkan parameter PWHT merujuk kepada table 331.1.1 dimana PWHT di tentukan oleh grouping material dan thickness dari material masing masing.

2.       PWHT yang dilakukan harus tertulis secara khusus dalam WPS yang akan di gunakan. PWHT menjadi factor essential dalam pembuatan WPS berdasarkan ASME IX.

3.       Engineering design harus melakukan penagkajian khusus masalah heat treatmen dimana quality weldment memenuhi dari  requirement code

4.       Heat treatment untuk material yang dibending atau forming sesuai para 332.4

Yang harus diperhatikan dalam PWHT :

 Proses PWHT dapat dilakukan dengan dua cara yaitu memasukkan benda uji kedalam dapur atau melakukan pemanasan setempat localized  didekat daerah weldingan saja. Methode mana yang akan dilakukan lebih bersifat kepada pertimbangan ekonomis saja.

 Parameter parameter dalam PWHT yang perlu dijaga adalah :

 1. Heating rate .

2. Holding temperature

3. Cooling Rate

 Persiapan sebelum PWHT :

 

 

 

 

 

 

 Dalam melakukan PWHT banyak hal yang harus diperhatikan agar tujuan dari PWHT ini dapat tercapai. Faktor factor penting yang harus diperhatikan diantaranya :

1.    Expansion area. :Karena proses panas akan mengakibatkan terjadinya pemuaian dan expansi material maka harus di perhatikan bahwa saat stress relieve material tersebut tidak mengalami restraint.

2.   Insulasi : Saat element sudah terpasang dengan benar maka area disekitar (adjacent) element harus ditutup dengan kowool atau ceramic fiber untuk menjaga kestabilan suhu.

3.   Cleaning Material : Material harus bersih dari segala grease , oil.

4.   SUpport material : Proses pemanasan akan mengakibatkan terjadinya pelunakan material. Dengan adanya gaya gravitasi maka material yang akan di PWHT harus diberikan support sehingga tidak terjadi distorsion

 

Record PWHT :

Semua kegiatan PWHT harus dilakukan pencatatan terhadap parameter parameter dan element lainnya yang dianggap essential sesuai kesepakatan dan eq code antara fabricator dan owner. Secara garis besar factor factor penting yang harus di catat dalam report PWHT adalah :

1.       Identitas dari Material (tracebility, Spool No , or etc)

2.       Waktu diakukan PWHT

3.       Temperatur record dalam bentuk dot grafik atau sejenisnya.

4.       Personel PWHT.

 


Responses

  1. Saya ada pertanyaan Apa perbedaan antara PWHT dgn Thermally Stress Relieved ?

    • INFO EMAIL: Welding Technology / PWHT Equipment

      Manufacture of heat treatment equipment / heat treatment units with accessories (heaters, ect.)

      – *** NEW *** INVERTER 11KW heat treatment plant at only 16kg!
      – lightweight, flexible, practical, inexpensive … resistance heat treatment equipment made in Germany

      Please note http://www.sokoltherm.de may be forwarded to the Head of Department QA / Welding Supervisor

  2. Nggak ada bedanya pak…

    Thermally Stress relief itu prinsip kerja dari PWHT, Dimana stree di hilangkan dengan proses thermal atau pemanasan …

    Jadi thermally stress relief itu prinsip kerja dari PWHT itu sendiri..

  3. Pak ….
    Tanya neh….SMYS itu kepanjangannya apa dan dimana kita bisa mendapatkan nilainya.

    thanks,

  4. Pak,
    Based on ANSI B31.3, apakah PWHT ini bisa tidak dilakukan jika tebal pipa lebih > 19 mm? karena saya baca dari code, kok kesannya diwajibkan. Dari pengalaman kawan2 maintenance, saya dengar PWHT bisa saja tidak dilakukan, asalkan hasil brinel testnya tidak melebihi suatu nominal tertentu.

  5. Bila kita merefer ke code ANSI ASME B31.3 untuk thickness diatas 19.1 mm memang harus wajib dilakukan PWHT. Masalah stress relieve dan hardness number tidak selamanya atau tidak 100 % itu berhubungan.

    Tujuan utama dari PWHT adalah untuk menghilangkan atau membuang tegangan hasil dari pengelasan sehingga nanti dalam servicenya akan mengurangi resiko cracking atau failure (fatique).

    Sementara nilai kekerasan material bisa berbeda beda antara satu jenis material dengan material lainnya. Bahkan satu type material sendiri kalau terjadi perubahan struktur akan memiliki sifat kekerasan yang berbeda.

    Siapa yang menjamin kalau kekerasan tinggi dari komposisi atau dari heat treatmentnya..?

    Bisa saja kekerasan masih dalam toleransi namun struktur mikronya sudah mengandung banyak tegangan sisa.

    salam

    • salam kenal pak.

      saya mau tanya. apakah diperbolehkan melakukan PWHT dekat valve yg terpasang ?. karena lokasi pengelasan dekat dengan flange yang sudah dipasangi valve. mohon penjelasannya.

      Terima kasih,
      Wassalam,

      Alimin

      • Boleh dikirimkan foto bendanya pak..antar pipa yang mau di PWHT dengan lokasi valvenya…seberapa jauh…dan juga jenis pipa sch pipa , dan data valvenya..

        kirimkan ke novembri_wi@yahoo.com

        Salam

  6. Thanks Pak Nov atas Jawabannya,
    Saya memiliki permasalahan pada Fabrikasi Tank, dimana untuk material 516 Gr 70 pada API 650 termasuk pada Group IV dan V material, sehingga untuk Proses Opening Pada Shell yang menggunakan Material tersebut dengan Thickness lebih dari 1/2″ harus di Fabrikasi dan kemudian di lakukan Stress Reliefed,
    Sementara Untuk ASME IX (Welding) Material tersebut masuk P 1 dan Group 2 sehingga untuk masalah Welding jika kita mengacu ke Material tersebut belum masuk dalam kategori untuk di PWHT (PWHT Mandatory jika Thickness Lebih besar dari 38 mm) nah bagaimana dengan WPS apakh kita dapat melakukan Fabrikasi dengan memakai WPS yang tidak ada PWHTnya, mohon bantuannya ya Pak
    Wassalam

  7. Thanks atas Jawabannya Pak,
    Jika Process Fabrikasi Material Tank dengan thickness dibawah 1/2 Inch, dengan Material A 516 Gr 70 dan harus di Stress Relieved apakah WPS yang akan kita Pakai untuk FAbrikasi tersebut harus WPS yang memiliki PWHT, mohon informasinya Pak
    Wassalam dan Mohon maaf lahir dan batin

  8. Pak Nov,
    Mohon Informasi maslah Material A 120 dan A 53 Gr B apakah material tersebut Equivalent dan berada dalam 1 Group Welding

    Thanks and Regard

  9. aku sayang welding
    dan aku sayang semua yang ngasih saran positif

  10. Saya punya separator yang harus menggunakan material NACE MR0175, dan setelah di fabrication harus di PWHT. seperti yang saya ketahui kekerasan material untuk standard NACE adalah dibawah 22 HRC. Dalam process nya karena welding material akan mengalami perubahan structure micro, bisa jadi diarea HAZ kekerasan sudah diatas 22 HRC.
    Yang saya tanyakan Apakah dengan PWHT material yang kekerasan harus dibawah 22HRC bisa kembali seperti semula atau akan diatas standard NACE.
    Apakah PWHT akan merubah stucture micro material kita

    • Bisa.
      Efective tidaknya PWHT bisa di cross check dengan hardness test..

  11. ada yang tau apa penyebabnya tejadinya cold cracking/delay cracking/?????

  12. ada yang tau untuk PWHT Tube Furnace dengan material 1/2 Cr 1 Mo dia 6″ tebal 7,11 mm berapa waktu yang dibutuhkan ? dan Rental PWHT dimana ?

    • bagi yg membutuhkan pekerjaan pwht, anda bisa kirim email ke aficlg@gmail.com

  13. bisa minta tolng informasi tentang test RTR, sekalian dengan referensinya
    trimakasih

  14. Apa sajakah aspek keselamatan kerja yang perlu diperhatikan dalam pekerjaan PWHT ini?

    Terima kasih

  15. Please sharing, untuk cross check keberhasilan PWHT apakah ada tabel hardness untuk berbagai material.
    Terima kasih,
    Salam

  16. salam kenal pak..
    mohon bantuannya, pak saya sekarang ini sedang mensupervisi kegiatan preheat & PWHT pada welding joint boiler pressure part.
    sejauh yang saya tau setiap material yg di joint punya standart temperature dan waktu masing2…
    yang saya ingin tanyakan adalah..
    1. bagaimana efeknya jika temperatur yang dipakai dipakai lebih tinggi daripada yang distandat kan? apa saja pengaruhnya?…
    QC di tempat saya mengatakan tidak apa2 karena temperatur daerah lasan sendiri sudah mencapai +-1000 C..sehingga menaikkan temperatur berapapun di atas standart tidak akan bermasalah pada material kita..
    2. saat preheat QC di tempat saya suka menaikkan temperatur tiba2 (diatas yg distandartkan) dengan alasan mempercepat pemanasan saat pengelasan, apakah itu benar dapat ditolerir? sedangkan kita harus mengacu pada standart bila kita menginginkan hasil yang baik.
    3. apakah pengertian dari interpass temperatur pada heat treatment?
    terimakasi banyak atas bantuannya..

  17. Salam Pak

    Saya ada 2 soalan tentang PWHT :
    1) Client saya mahu laksana PWHT untuk satu joint, tetapi joint itu di fabricated from TMCP material. AWS D 1.1 tidak membenarkan PWHT ke atas TMCP material tetapi API 2W clause 1.2.1 membolehkan PWHT degan syarat soaking temperature not over than 595oC. Ape pendapat bapak? perlu saya teruskan dengan PWHT?

    2) jika saya teruskan PWHT, procedure perlu di pre-qualified or perlu buat simulation on PWHT. Ape charecterictic yang perlu di verify kan during simulation?

    Terima kasih

    • Pak Saznor.

      1. Karena ada pertentangan dari standard code yang digunakan, bapak harus kembali ke Client dengan membuat TQ dan mereka apporved dulu untuk dilakukan PWHT. Masalah pengaruh metalurgi ths material TMCP pasti ada , dan karena sudah disebutkan dalam API bahwa temp dibawah 595 C, tidak ada permasalahan lagi ..jadi bapak bisa lanjutkan PWHT.

      2. Untuk PWHT khan itu harus dibuat procedure tersnediri, jadi kalau belum punya WPS PWHT buat dulu WPS yang ada PWHT nya. karena WPS bukan PWHT tidak qualified untuk joint yang akan di PWHT.

      Masalah characteristic yang perlu di verivy tidak ada, hanya untuk mengetahui efek PWHT terhadap sifat mekanis material apakah masih masuk standard acceptance criteria atau sudah keluar karena adanya proses PWHT yang merubah struktur atau fasa logam.

      Demikian semoga membantu

  18. pk mau tnya nih? maklum msh bru krj d ke PWHTan…
    apabila smua material uda trpasang,trs panelnya gk mau naik tetep aja.apa itu merupakn keslahan connect ato apa?maaf sebelumnya klo ini prtanyyan yg konyol maklum msh bru,bole kan nanya ama yg uda ahli? makasih bnyak.
    than’s be regard…

  19. Selamat Siang Pak Yusuf,

    Saya mempunyai 1 unit esin PWHT, dimana sebagian spare partnya sudah tidak ada. Kami kesulitan dalam mencari spare parts. Bisa dibantu dimana kami bisa mendapatkannya?
    Terima kasih atas jawabannya.

    salam,
    Yustinus Eko

    • saya nurhadi (manager) PT.saya ada di singapore GLOBAL….klo bpk butuh SP barangkali saya bisa membantu kirim k email aja apa yang bpk butukkan barangkali aja my bos bisa bantu….bila bpk jg butuh pwht harap kirim email dan nnti akan saya beri penjelasan leebih lanjut…

  20. Maaf pak mau tanya?
    Sy dpt ref. PWHT pada pengelasan baja karbon rendah d lakukan pada temperatu d bawah A1.sedangkan klau pemanasn d lakukan d bawah A1 tdk akan terjadi perubahan struktur mikro,tp kekerasan, kekuatan tariknya menurun.pertanya saya:
    Kenapa kekerasanya dan kekuatan tarainya bisa menurun sedangkan tidak ada perubahan struktur mikro?

    Thx atas bantuanya

  21. Pak mau tanya, gimana kalau kita mau mem-pwht joinan valve. mungkin ada perlakuan khusus terhadap si-valve nya, misal nya di bongkar. mohon infonya…

    thx atas bantuan nya

    rgds,

    Fadli

  22. mohon maaf pak saya sedikit ada masalah neh, jika kita melakukan pwht temporary furnace, apa yang langkah yang tepat yg harus dilakukan pada saat holding jika temperatur tak mau turun karna furnace berbeda dengan localize pak, walaupun pada mesin pwht sudah kita hold chart pada recorder masih tetap heating.apkah dengan membuka tutup atau sekat itu suatu proses yang tepat atau gmn pak,,,,,,

    thx’s

    rgds,

    Toni

  23. Pak, mau tanya, bagaimana penulisan untuk temperature PWHT di WPS maupun di form U-1 atau A-1, kalau terdapat tulisan min temperatur, apakah tidak ada maksimum temperatur di PWHT, kalau temperatura PWHT misal tertulis 560 – 590 C, apakah artinya range pemanasana antara 560 sampai 590 apakah di luar tersebut sudah tidak masuk. terimakasih

  24. pak, sy mw nanya…untuk proses pwhtlokal dg mat’l p91..disaat cooling…mencapai 400c…bleh gak gasvool kt buka ?apa pengaruhnya? terima kasih

  25. Boleh dibuka…..
    Karena laju pendiginan diudara tebuka tergolong lambat….
    Jadi tidak akan mempengaruhi dari pada fasa yang terbentuk…

    Salam

  26. saya mw menanyakan tentang lokal pwht…..untk mat”l P91,,,bolehkah teckweld langsung kebenda kerja? thank atas jawabanya

  27. Dear All,

    Mohon pencerahan untuk repair (cut & re-weld) PWHT line.

    Saat ini kami sudah mulai fabrikasi pipe CS dan beberapa line tersebut di aplikasikan PWHT (CS NACE). Isometric sudah kami issued ke fabricator dan spool tersebut sedah selesai di weld komplit dengan PWHT.

    Akan tetapi karena perubahan design sehingga line tersebut di modifikasi dan mengakibatkan spool yag sudah jadi harus di CUT & RE-WELD.

    Pertanyaan saya apakah di perbolehkan kita melakukan cut / reweld pada joint fitting make up yang sudah di PWHT. Mungkin ada beberapa alasan mengapa boleh ataupun mengapa tidak…?
    (Boleh kah PWHT 2X..pada material yg sudah di PWHT?)
    Jika tidak bagaimana solusinya. Apakah akan beli material lagi.

    • Pa Sugiono…
      Pertanyaannya agak susah dijawab…namun mungkin masih bisa dianalisa melihat applikasi dari material ini sendiri dengan mempertimbangkan stress ato gaya gaya yang akan dihadapi oleh material ini…

      PWHT yang berulang ulang menurut hemat saya dapat mengakibatkan perubahan metalurgy material tsb spt pembesaran butir yang akan menurunkan kekuatan material…jadi sepanjang service yang akan dihadapi pipa ini tidak terlalu kritikal atau mungkin tebal pipa jauh dari analisa design ( over design ) hal ini nggak apa apa….

      Konsultasikan dengan orang designenya…berapa tebal pipa design nya..dan berapa actual yang ada sekarang…over thickness bisa saja terjadi karena ketersedian sch pipa di pasaran…

      Semoga membantu…

  28. apa pengaruhnya bla mat’l p91sehabis pengelasan kena air? thanks jawabnya

    • Ini sangat berbahaya dan bisa dapat mengakibatkan crack karena restraint atau hydrogen embritlement….
      Pengelasan material ini harus dikontrol lebih ketat baik dalam min preheat atau max interpass temperature…

      hal ini bisa dilihat pada kutipan berikut ini :

      ” Welding P91 generally requires preheating the joint, maintaining interpass temperatures, hydrogen bakes, and postweld heat treatment (PWHT). Preheating, typically to 400 to 500 degrees F, drives off moisture and thereby reduces hydrogen. Hydrogen embrittlement can lead to cold cracking of the finished weld. For this same reason, hydrogen bakes are recommended for P91 if a weld cools to ambient temperature before PWHT.”

  29. thanks atas jawabanya….kl membutuhkan operator pwht bisa menghubungi 081357143974…mksih infonya

    • OK Mas….
      Untuk PWHT ada beberapa perushaaan di batam dan Jakarta yang jalan kerjaan tersebut…kalau mereka buth orang nanti saya coba infokan…salam

      • ok trimakasih bpk infonya

  30. Pak mau tanya soal PWHT
    Saya ada pengelasan untuk hight strength material AISI 4130 yield strength nya 100 KSI Tensile nya 120 KSi, dari beberapa consumable ga yang boleh PWHT. sedangkan requirment dari client kami harus PWHT. Mohon bantuannya yang pernah mengalami hal yang sama.
    kami pernah coba melakukan PWHT dengan beberapa merek consumable tapi impacy nya semua turun derastis dengan sebelum pwht.

    saya ucapkan banyak terima kasih pencerahannya bisa ke email saya pak insan_sahaja@yahoo.com

    • Pak Bunaya …untuk kasus anda material yang digunakan adalah High streng steel yang biasa digunakan untuk structure seperti leg jack up rig dan sejensinya…
      Kalau material structure seperti ini yang biasa dilakukan adalah Post Heat treatment bukan PWHT yang gunanya post heat treatmen ini adalah mencegah terjadinya crack selama atau setelah pengelasan…

      PWHT material ini akan menurunkan impactnya dan tidak akan mememnuhi design enigneeringnya lagi …coba pastikan lagi apakah yang dimaksdu Post HT atau PWHT… dan juga coba minta referansi dari clientnya tentang harus di PWHT…

      salam

    • Pak Bunaya …untuk kasus anda material yang digunakan adalah High streng steel yang biasa digunakan untuk structure seperti leg jack up rig dan sejensinya…
      Kalau material structure seperti ini yang biasa dilakukan adalah Post Heat treatment bukan PWHT yang gunanya post heat treatmen ini adalah mencegah terjadinya crack selama atau setelah pengelasan…

      PWHT material ini akan menurunkan impactnya dan tidak akan mememnuhi design enigneeringnya lagi …coba pastikan lagi apakah yang dimaksdu Post HT atau PWHT… dan juga coba minta referansi dari clientnya tentang harus di PWHT…

      salam

  31. Saya ingn bertanya pak,Material apa saja yg bisa dilakukan PWHT,thanks pa,tl0g jwbn nya,

    • Untuk material di PWHT cukup banyak Pak jenisnya..coba aja di baca di ASME b31.3, ASME VIII untuk PV, ASME 1 untuk boiler…dll..

      Salam..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: