Posted by: novembri yusuf | May 6, 2008

Tempat training WI NDT Batam

 

 

      

INFORMASI  TRAINING  WI DAN NDT  BATAM

 

Saat ini training WI dan NDT di kota Batam sangat banyak sekali  tempat training.  Lokasi dan nama Tarining WI dan NDT tersebut antara lain :

 
 

 

 

 1.PT KIAT  GLOBAL  BATAM

          Batam Training Institute menyelenggarakan trainng training seperti : Welding Inspector, Pipeline Inspector, Piping Process Asme B31.3, Pipe fitter, Drafter, NDT, WPS Design, ISO Internal , dll. PT KIAT GLOBA BATAM berkomitment menghantarkan para alumninya menjadi professional di bidang masing masing dengan bantuan tutorial, diskusi, dan seminar seminar gratis.

Informasi lebih lanjut hubungi :

Pak Eko Budianto 08127011587

Ibu Nova Yanti 085264673231

website : www.batamtraining.com

 

B2.LK Batu Aji Dengan pimpinan Pak Hendra Wijaya  No HP : 081364468602

Program yang diadakan antara lain :

  1.  
    1. Welding Inspector
    2. NDT dengan Methode (MT/PT, RI, UT)

 

3. Ikbal M Yos batam di Bengkong Garama dengan program sama dengan di BLK ditambaha dengan program program lain seperti E&I, Coating, Marine surveyor.

 

  1. B4T di Baloi Center pimpinan Pak Edwar dengan program sama seperti di BLK.

 

  1. UINDT di Legenda Bali dengan pimpinan Siwa Kumaren dan Natarajan (Raj) dengan program sama seperti di BLK.

    2.  PT DUJ : dengan pimpinan Pak Iskak. Program yang diadakan adalah CSWIP WI, dan CSWIP NDT, BGAS. No HP : 0811697001

 

  1. NDT di Hotel Mercure dengan pimpinana Pak Wijaya. Program yang diadakan adalah PCN NDT No HP : 07787254022

Note : Satu tempat lagi akan berdiri di daerah Batu Aji arah Tanjung Uncang…(masih dalam established). 

Secara keseluruhan dari semua penyelenggara kursus WI akan menghasilkan sekitar 150 orang WI tiap 3~4 bulan atau sekitar 30 orang setiap bulannya atau 1 orang setiap hari.

 

Cukup banyak pilihan bagi anda untuk mengikuti training WI dan NDT. Dengan data tersebut di atas diharapkan akan menjadi pemikiran dan analisa yang matang untuk “MEMUTUSKAN  SEBELUM  MELANGKAH “.

Semoga sukses ……

 
 
 

 

 

 

 
 

 

 

 

Bagi anda yang bingung mau ikut ikutan atau memang ikut ikutan (apa bedanya ya…) ambil Wi atau NDT silahkan menuliskan pertanyaan anda di kolom comment di bawah ini…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

Responses

  1. bisa minta alamat email pak hendra di blk tak, biar mudah komunikasinya.

    tks

  2. Pak Putra tinggal dimana …? Untuk lebih jelasnya saya sarankan untuk langsung kesana saja agar informasi yang ingin diketahui bisa diterima secara gamblang…
    Kalau lewat email email nanti juga tidak seperti yang dibayangkan, kalau datang khan bisa langsung lihat lihat fasilitas yang ada disana…

    Selamat mencoba

  3. hmm yang di Batu Aji/Tj. Uncang kapan mulainya pak ?

  4. dari ke tujuh itu yg paling baik yg mana ya pak???
    karena saya serius mau terjun dibidang ini sesuai dengan keahlian saya.

  5. Pak,Saya cuma tamatan SMU , Pengalaman dikonstruksi juga belum ada , apa bisa ya saya mau ambil WI , Bahasa Ingris Pas pas an nih,, Tolong di inform ya

  6. Pak, kalo background dari manufacturing (muka kuning) trus kita kursus wi, bagaimana peluangnya untuk kerja di shipyard / oil&gas?

  7. Fanny : Saya nggak mau menjustify ttg ke tujuh tempat diatas kayaknya nggak enak gitu. Saya sarankan anda datangi saja satu persatu tmp tersebut mana yang lebih baik menurut anda. Untuk WI nasioanl ada Ikbal, Baloi, BLK, Legenda Bali. Yang lain itu International certificate.

    Menurut saya saat ini WI sudah sangat banyak lho … persaingan dikelas ini sangati tinggi. Kalau anda punya latar belakang Instrument, painting, electrical, mechanical masih banyak yang kosong..kenapa nggak coba yang ini aja…?

    Indra :
    Untuk lulusan SMU kayaknya anda agak risikan. Walupun secara peraturan anda bisa saja ikut kursus, namun sudah banyak saat ini para user minta yang D3 atau S1. Ambil D# atau S1 dulu kalau bisa….

    Darmawan : Peluang kerja di WI kalau melihat lulusan WI yang sudah seabrek abrek…agak berat ya. Coba lirik bidang lain ….saat ini 1 hari lahir 1 WI di Batam….Tapi WI sebenarnya khan dipakai juga pada bidang lain, seperti construction, PE, Piping, jadi habis WI bagusnya ditambah bidang lain untuk nilai tambah.

  8. Thanks buat Rekan2 yang share WI

    Saya tertarik di bidang Piping Designer, adakah rekan-rekan yang tahu tempat Pelatihannya di Batam ??
    Yang Di P.jawa jg tidak apa2 dengan timing 1 Month..

    Atau ada rekan2 yang tahu pelatihan Scada/DCS untuk standard oil&gas…?

    Kalau ada mohon info via email.

    Rg,

    Iwan (ione.stk@gmail.com)

    • Tolong ya kalo dah dapat info TC E/I atau DCS/Scada saya jg tertarik. tp standar Oil & Gas

  9. Iwan …
    Anda bisa minta confirmasi dengan Pak Eko Budianto di No : 08127011587.Katanya mau ada ASME B31.3 Piping Process Training.

    thx

  10. terima kasih atas jawabannya.
    dan terima kasih juga atas sarannya.
    tentang Instrument, painting, electrical, mechanical, saya lebih tertarik yg ke mechanical. kira2 tempat kursusnya dimana? apa di tempat yg disebutkan di atas (yg 7 tmpat) itu ada???
    saya mau cerita sedikit tentang latar belakang pendidikan saya (saya harapkan bapak bisa menyarankan atau memberi solusi tentang bidang apa yg harus saya geluti)
    saya lulusan STM mekanik umum. saya mengikuti diklat community collage las dan fabrikasi kerjasama antara Universitas Negeri Malang dengan BLK Malang. dan sekarang saya sudah mengantongi sertifikat BLKI welder level 3. dari kursus tersebut saya dapat menguasai pengelasan 3F dan 3G. yang saya tanyakan, bidang manakah yg harus dan bisa saya geluti sesuai dengan keahlian saya?

  11. Untuk bekerja di sektor Oil and Gas atau fabrikasi yang menggunakan International standard certificate yang anda punya tidak berarti apa apa. Maksud saya certificate mengelas welder itu tidak banyak bermanfaat. karena dalam Internatinal standard spt AES D1.1 ASME semua calon welder yang bekerja harus lulus qualifikasi test. Jadi tetap akan dites ulang lagi mengelas sesuai kebutuhan.
    Kalau mau jadi welder di fabrikasi berarti anda harus di test ulang lagi. Fabrikasi tidak melihat dan menggunakan certificate welder anda untuk langsung di terima. Tapi bisa berguna untuk refernesi kalau mereka mau rekrut welder nama anda jadi prioritas karena sudah punya certificate.

    Apakah anda mau jadi welder atau WI…? dua hal yang puya jobdesk yang berbeda…

    thx

  12. terima kasih jawabannya pak.
    waduh saya bingung kalo di tanya mau jadi welder atau WI. terus terang saya kurang begitu paham tentang jobdesk masing2. mgkn yg saya tahu hanya gambaran kasar saja.
    saya sangat hobi sama dunia las dan fabrikasi.
    sedangkan di tempat saya kerja sekarang hobi saya tersebut gak bisa saya manfaatkan secara maximal.
    saya mengerti sekali kalau bekerja yg berhubungan dengan keahlian harus di test ulang. dan mempunyai certifikat bukan suatu jaminan.nah yg ingin saya tanyakan adalah dimanakah saya bisa mengikuti qualifikasi test tersebut??? apakah saya harus masuk kerja ke suatu PT dulu atau gmn???

  13. met pagi pak yusuf. saya mau tanya nih saya tertarik dengan dunia ndt. gmana peluang kerjanya di ndt. saya lulusan d3 elektro. saya kerja di manufacture. kebetulan saya punya sertifikat mt,pt, n ut. selama dua bulan ini saya masih ikut magang sabtu dan minggu aja di bidang ndt ini. makasih atas infonya

    • jangan pernah melangkah ke pada suatu yang bellum jelas informasinya,
      anda punya sertipikat ndt, saya pun sama, tapi anda tau kan kalau itu sangat ketat persaingannya,
      mari cari peluang yang baru dan belum banyak di geluti orang.
      mari kita saling tukar pikiran sebelum melangkah,
      kirim email ke belitung212@gmail.com

  14. Peluang kerja di NDT sebenarnya lumayan banyak… apalagi bagi yang sudah pengalaman. Untuk yang baru baru lulus biasalah agak berat. Coba aja NDT Company yang baru baru buta kerja disana…memperdalam ilmu. Tantangan bagi pemula ya kondisi saat ini. Lowongan yang dibuka tidak ada hanya informasi dari mulut ke mulut. Jumlah lulusan NDT makin hari juga makin bertambah…sehingga persaingan saat ini makin ketat saja…selamat berjuang.

  15. Buat fanny :

    Ya.. anda harus ikut kerja di contractor dulu…sebagai welder ya…

  16. Saya mau nanya: untuk yang belum memikili pengalaman dibidang NDT khususnya UT, seberapa besar kemungkinan perusahaan akan bisa memberikan kesempatan untuk bergabung. apakah mereka akan me Mock-up atau tidak. Karena minim sekali ilmu yang kita dapat di tempat kita training. Makasih

  17. Saat ini untuk pekerjaan NDT dan juga WI demandnya biasa biasa saja. Namun supplynya dari tempat training khan lumayan banyak. Sehingga persaingan jadi tinggi. Banyak sekarang perusahaan service menggunakan tenaga tenaga non experrience untuk magang baik dengan imbalan maupun tanpa imbalan. Jadi yag baru baru jadi harus survive lah …. Dari surat lamaran yang anda kirimkan sebebenarnya bisa diukur tingkat demand pekerjaan tersebut. Apakah tinggi atau rendah ….

    Biasanya informasi kerja banyak didapat dan lebih produktif dari informasi temen2 yang udah bekerja di bidang tersebut. Kalau mengharapkan dari iklan lowongan mungkin ada mungkin tidak …tapi banyakan tidaknya khan …kecuali untuk yang experrience memang ibaratnya tinggal milih kerja …

    Jadi seiring dengan waktu …

    thx

  18. Pak, yang B4T itu apakah cabang atau perwakilan B4T yang ada di bandung..??
    Please advice,

  19. Kalau B4T di Baloi saya tidak begitu jelas. Mungkin bapak bisa langsung tanyakan kesana.

    Memang saat ini tempat kursus WI dan NDT sudah sangat banyak. Putuskan dengan bijak tempat kursus yang bisa memberikan ilmu dan fasilitas yang mendukung untuk menguasai ilmu welding secara keseluruhan. Mulai dari teori, praktek, dan bantuan untuk magang atau mendapatkan pekerjaan setelah anda lulus.

    salam

  20. Selamat siang,,
    aku udah punya sertifikat MT/PT level II,dan skr mau lanjutin ambil UT leel II,teman2 punya info lowongan kerja MT//PT,tolong info nya,makasih

  21. Ya, bagi rekan rekan yang punya info pekerjaan welding bisa share di website ini.
    Biar bisa share dengan yang lain ..

    thanks

  22. Mohon informasinya Kapan dimulainya kursus NDT untuk UT di BLK

  23. Bisa langsung tanyakan ke Pak Zul di no HP 081364468602

  24. Apakah saya masih bisa mengikuti kursus NDT,mengingat usia saya saat ini sudah 38thn, bagaimana dengan kesempatan kerja
    apakah karir di NDT dibatasi usianya. saya mohon advis dari bapak

  25. Untuk usia 38 th menurut saya agak berat kali ya ….karena pekerjaan NDT itu untuk selain UT dan RI itu banyak pekerjaan fisik. Artinya kita harus membawa gulungan kabel, bawa peralatan, naik turun lokasi …saya rasa bukan ide yang baik itu pak ….

    Mungkin bapak punya spesifik skill lainnya sarang yang masih bisa di develop di dunia fabrikasi …
    Kalau boleh tahu latar belakang pendidikannya apa pak …?

    • Sory pak
      NE ari MO TANnya pendapat
      Usiaku sekarang 21
      Tamatan SMA jurusan IPA
      Q tertarik dengan welding
      Rencana mo ikut kursus di batu aji
      Mnurt bpak gmna y

      • MAs sitinjak..kalau mau ikut welding berarti ambil aja welder …pekerjaan welder cukup banyak..ntar mantapin sampai bisa GTAW dan FCAW …
        Banyak job welder di batam..

        salam..

  26. Latar pendidikan saya cuma STM.sebelumnya bekerja di salah satu perusahaan di muka kuning.tapi sekarang perusahaan tsb sudah tutup.pengalman saya di mesin CNC miling. tapi sampai saat ini belum juga dapat pekerjaan,dengan ikut kursus NDT tsb harapan saya bisa mendapatkan lapangan kerja baru buat saya pak.

  27. sampai kpn buka lowongan weldernya.

  28. ada info kursus CSWIP 3.2, kapan mulai?

  29. Pak,saya udah megang sertifikat UT,saya kepingin coba apply ke NDT company yang ada di batam ,sayang
    nya alamat ndt company di batam tidak semua tahu
    bisa tolong di list kan alamat ndt company di batam .
    terima kasih.

  30. pak saya mau tanya apakah di b4t batam bisa training UT level 2 langsung tanpa level 1 dulu.
    terima kasih Pak
    Syofyan HS

  31. Pak Umam…
    Mohon maaf saya nggak tahu detailnya juga perusahaan NDT di batam kecuali Oceannering danLekom maras dan RTD di Batu ampar.

    Pak Sofyan…

    Untuk di B4t batam sayaa nggak tahu, tapi tempat saya ngajara di BLK batu Aji bisa tuh….

    thanks

  32. Bapak mohon infonya,
    mengenai kursus WI di jakrta khususnya yg durasinya dibawah 1 bulan, apakah bisa langsung ngambil kursus WI internasional tanpa mengambil WI lokal dulu… seperti Cswip atau AWS tetapi bukan kelas visual inspection

  33. Kursus WI di Jakarta dibawah 1 bulan sepertinya nggak ada, tapi coba aja tanyakan ke UI (Fmipa) yang bisa menyelenggarakan kursus WI. Untuk CSWIP atau AWS persyaratanyya adalah pengalaman kerja di bidang perweldingan 3 tahun. Kalau udah punya pengalaman itu bisa langsung ikut CSWIP 3.1 atau AWS.

  34. maaf pak,….. and all..
    kalo sya boleh sedikit minta pencerahan..
    sy lulusan poly t. mesin, pernah di elektronin M.kuning 6 th ( maintenance )kemudian pindah di Mdermott sebagai pipe fitter tapi waktu itu bag mech. support ( cold cutting )slma 5 bln trus masuk lg murni sbgai pipe fitter slma 3 bln n sekarang nganggur, dr background sy ini mana yang lebih baik buat sy kalo ambil certifikasi….. sementara kalo WI kita lihat dah menjamur….gmana kalo coating..? mohon pencerahan..

    terima kasih

  35. Pekerjaan di bidang piping sangat bagus loh ..baik untuk piping inspector, piping designer atau piping engineer. Banyak lowongan perusahaan nyari piping engineer baik dalam maupun luar negri. Karena udah punya basic piping dan dari d3 politeknik mesin sudah cocok masuk ke piping engineer atau piping desgner. Skill yang dibutuhkan untuk posisi ini biasanya adalah : Auto cad, PDMS/PDS, Caesar II untuk pipe stress, ASME B31.3 piping process.
    Untuk Welding Inspector saya sangat setuju juga sih kalau melihat kenyataannya di lapangan saat ini. Sudah terlalu banyak juga para lulusannya.

    Untuk training PDMS bisa lihat di http://pdmsbatam.wordpress.com yang akan di adakan 28 ~ 29 June and 5 ~ 6 July 2008 ini. Atau bisa menghubungi Pak Eko di no : 08127011587

    • pak saya sekarang bekerja di salah satu perusahaan oil n gas offshore service, saya bekerja di bagian data entri bgian piping document, menurut saran bapak saya baiknya ambil certifikasi apa ya dan sekolahnya di mana kalau di wilayah Batam?

      Mohon srannya
      Terima Kasih

      • Pak Ferdy ..trimakasih atas pertanyaan sdr…
        Kalau sdr sudah bekerja sbg entri document saya srankan bapak untuk ambil traiing jadi piping inspectornya karena akan memberikan niali tambah dalam karir ke depan dan tentunya juga in come. Bapak bisa ikut training tersebut di http://www.batamtraining.com untuk training piping process ASME B31.3. atau ikut sekalian Piping Engineer.

        Thx

  36. pak nov, saya mau tanya tempat kursus piping engineer di batam dimana ya,dan kapan diadakannya.trims

  37. Halo kawan2x ada tak lowongan,magang neh buatkoe dah lama neh gwe lulus ndt mt,pt tapi belon pernah dapet job please help me !!!

  38. To Nano : tempat kursus piping engineer, adanya kursus Piping Process engineering ASME B31.3. Diadakan oleh DAP Consultants cabang Batam, Bisa menghubungi Pak Eko Budianto di 08127011587 atau ibuk Nova Yanti di 058264673231.

    Brewoks :
    Bisa hubungi Oceaneering atau Lekom maras.

  39. Pak untuk UINDT di legenda Bali persyaratannya
    apa saja dan biayanya berapa ?

  40. Pak SISWA KUMAREN untuk UINDT di legenda Bali persyaratannya
    apa saja dan biayanya berapa ?

    • minta info selain ndt……….prospek kedepan apa y

  41. Untuk persyaratan WI di Legenda Bali saya kurang jelas. Tapi untuk persyaratan jadi WI saya udah pernah posting sebelumnya. Sebaiknya untuk tamatan SLTA jangan ikut ambil WI. Karena saat ini lulusan WI khan udah banyak dan banyak yang belum dapat kerja. User juga maunya WI saat ini merupakan sarjana S1 atau D3 bidang teknik. Kalau tingkat pendidikan SLTA saja maka agak berat untuk bersaing dengan yang lainnya.

  42. Pak mau nanya lagi,,
    kaloo tempat training UT level II di Jakarta
    Adanya dimana yah?

    Terima Kasih PAk

  43. Pak bisa minta alamat tempat pelatihan UT level II dijakarta,
    Terima Kasih Pak

  44. bisa minta alamat email pak hendra di blk tak, biar mudah komunikasinya.
    Pak, apakah ada lowongan kerja di tempat Bapak
    untuk anak tamatan SMU dan D3?
    terima kasih.

  45. salam kenal
    pak mohon dibantu saya untuk info program pelatihan Painting Inspector Program-nya TWI/BGAS berikut jadwal, biaya dan contact persons nya.
    terima kasih sebelumnya.

  46. Training TWI BGAS untu painting tgl 21-25 Juli, 22-26Sept 2008 di Batam dan coating 17-21Nov 2008.
    Contact person bisa menghubungi no 0811697001 telp 0778495120.

    thx

  47. Pak, apakah pengalam welding di aerospace
    company bisa dipakai sebagai syarat mengikuti
    CSWIP 3.1 atau AWS.

  48. Bisa ikut aja Pak …
    Nggak ada larangan …welding khan sangat luas

    thx

  49. Karena info dari pak Novembri kayaknya udah komplit tentang WI,NDT,Material dll…saya ingin menyarankan pada temen2 agar juga mencari info yang lain daripada welding…sperti berkebun,beternak dll.
    Agar ada persiapan kalo udah pensiun dari WI dan lainnya…hal ini saya anggap wajib lho…terutama buat yang suka FREELANCE….atau minimal waktu stand by ada sedikit kegiatan…hehehe.

  50. BERAPA BIAYA NDT NYA

  51. Mo nanya..
    ASNT level II di certify oleh level III.
    Gimana kalau NACE level II?
    Trus,gimana dengan BGAS..?

  52. saya mau cari ndt body (gak pakai kepala) yang
    benar2 berkomitment bukan hanya untuk mencari
    duit dari peserta, tetapi memberikan kesempatan
    untuk bekerja dengan gaji yang layak di terima
    istri dirumah. tolong no contact nya yah pak?

  53. Wah.., kayaknya bisnis kursus WI di batam lahi booming habis ya.., tp perlu diketehui bahwa dengan mendapatkan sertifikat WI belum tentu menjamin dapat kerja yang bagus, buktinya masih banyak yang belum dapat kerja di offshore atau oil&gas seperti yang diharapkan.

  54. Salam hormat, buat pak yusuf dan semua.
    kalau kita sudah berhasil lulus cswip 3.1
    bagaimana peluang kerjanya kedepan pak?
    terimaksih,

  55. Saya mw nanya,berapa biaya kursus NDT&WI 3.1&sy lulusan D 3 t.mesin politeknik mesin&sy mmpnyai srtfikat welder cswip 6G&srtfkat, foundry technology dr polman bandung. Apkh sy bs ambil lgsg ambil srtfkat wi 3.1,skrg sy bkrja sbgai fitter d arab saudi.

  56. kepada bapak2 ato ade ade ato sodara2 tolong dipikirkan matang2 kembali untuk maju ke dunia ndt..seperti hukum dagang katakan semakin banyak barang makin murah harganya..teliti dan pahami sebelum ngambil keputusan..

  57. ada yang tahu tempat training pipe inspector di batam
    trims sebelumnya

  58. pak, mana yang paling bagus n sangat terpakai sekarang di industri, Welding inspector atau piping designer?
    mohon balas ke email saya. terima kasih pak.

    Hezron

    manurung_hbm@telkom.net

  59. WI dan NDT saya sdikit tau,tapi kalo x-ray sepertinya lagi banyak di minati..saya ingin tau banyak..tentang x-ray,apakah ada pelatihan nya ya di batam…terimakasih

  60. [...] Tempat training WI NDT Batam, 2008/07/30 at 9:57 [...]

    • Ass .w.wbrktu …, sy cuma mau tanya ambil WI minimal tamatan apa pak..? dan NDT itu sinkatan dri apa…, Nach klo tamatan STM perkapalan bisa masuk dan istilah Level apa nanti dlm pelatihan ini dan kira2 di Jakarta ada ngk yach Pelatihan2 wellding Course level High School/ tamatan smt lah Pak…..? regrad Omar Ar .

  61. Pa Nov, bisa dimasukan blog soal painting ga?
    Trus Punya jadwal kursus painting inspector NACE atau
    BGAS ga…atau corrosion inspector

  62. Ass.Wr.Wb
    Pak,saya diver.sertifikat ADC.
    saya ingin Up grade skill,
    terus terang saya sdikit skali tau tntang NDT.
    saya pengen kursus keahlian tsb.
    mnta masukan apakah nntinya skill ndt bs di terapkan dgn diving saya.
    thanks,
    Wasallam

  63. halo siang pak saya ingin bertanya tentang sertifikasi E&I di m.yos gimana apa hanya standard batam atau bahkan hingga keluar. mohon penjelasan! dan dimana perusahaan mana saja yang telah bekerja sama dg m.yos

  64. just spirit… ga ada salahnya untuk mencoba man. ikhtiar. setiap orang yang di hasilkan belum tentu punya skill n attitude yang “kepake”. mean terus man..

  65. dimana alamat training WI dan NDT di Jakarta.
    Terima kasih atas informasinya.

  66. Tedi Kamu dimana sekarang …? Sudah balik dari Dubai …? Nanya nanya WI NDT di jakarta buat siapa tuh..?
    Untuk di Jakarta WI ada di BKI, UI Fak teknik Jurusan Mesin.

  67. Pak Azwar …
    Unuk E&I M Yos certificatenya hanay keluaran M YOS bukan international certificate (competency dan tidak diakui di LN. Tapi untuk sekedar orang yakin kalau yang pegang certificate ngerti dan paham ttg E&I. Perusahaan yang bekerja sama maksudnya gimana Pak….ya.
    Yang jelas kalau udah lulus mau cari kerja itu urusan masing masing…. kalau nau disalurkan kerja nggak ada tuh ….

  68. Mau nanya nih pak..saya tamatan D3 Kimia Industri berumur 29 thn, bekerja di manufactur dan belum mengenal sama sekali ttg dunia NDT & WI tp “sangat ingin banting stir” kesana karna prospek dan salarynya. Memang sudah terlalu banyak tamatan dari WI atw NDT tp saya ingin benar2 belajar dari awal dan bukan hanya untuk mendapat sertifikat saja. Apa menurut bapak saya bisa mengikuti WI dari sisi background dan umur ??lalu apa menurut bapak yang harus saya kuasai terlebih dahulu sebelum menjadi seorang WI yg handal??apa perlu mengambil sertifikat lainnya ?? dan dmn tmpt yg terbaik di batam ini pak untuk belajar WI ???? Thanks

  69. Maaf pak saya tamatan S1 Teknik Industri,
    walaupun saya sudah bekerja di perusahaan manufacturing,
    saya berencana untuk mengambil kursus yang berhubungan dengan oil and gas,

    kira-kira untuk seorang tamatan Teknik industri cocoknya ngambil kursus apa ya pak?
    terima kasih.

    • ok pak ardi, kalau anda dg besic teknik industri, langkah yg paling pas anda bisa coba amblil training piping proses Asme B31.3. ini ilmu fundamental untuk memahami dunia oil and gas ( fabrikasi). Pengalaman yg lalu menunjukkan bahwa setelah peserta selesai training biasanya pikiran dan pemahaman terbuka untuk mendalami skill ke depannya.

      oke semoga dapat memberi masukan
      terimakasih

  70. Salam kenal pak…

    Saya tertarik dengan training PDMS yang bapak sampaikan,bagaimana prospek jika saya mengikuti training tersebut
    saya lulusan SMU,pengalaman kerja di QC perweldingan selama lebih kurang 4 th,sertifikat welder 5G BLK Malang.menurut bapak apakah saya bisa survive dengan lulusan lulusan Sarjana maupun D3.Mohon masukannya pak….?

    Best Regards

  71. designer job minimal D3 atau S1, kalau tamat SMU nggak usah deh..karena akan kalah bersaing dengan yang d3/s1, lagian sekarang banyak user yang nyarinya d3/s1.

    Konsentrasi di welding atau NDT aja mungkin lebih bagus…

    thx

  72. saya mau minta comment nya dari bapak-bapak sekalian, dimana tempat pelatihan coating inspector selain di iqbal myos dan uindt, klo ada sy minta CP nya, mhn bantuannya, thx….

  73. assalamualaikum…

    sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih kepada Bpk.H.Edward. karenatanpa bimbingan beliau kami tidak dapat mengembangkan ilmu kami di bidang industri.
    mungkin dalam dekat ini saya akan melanjutkan lagi di tempat bapak smoga bapak masih mau menerima kami sebagai anak didiknya.

    Terimakasih.

  74. berapa persen ndt biasanya diberikan untuk steel
    struture of boiler
    terima kasih

  75. askum,,
    Salam kenal pak, saya mau minta masukannya nich,
    saya udah bekerja di manufacturing 3 tahun. basic saya dari teknik elektro, saya ingin pindah ke dunia oil & gas kira2 saya harus mengambil kursus yang mana ya?
    instrumentasi, NDT atau yang lainnya,
    tolong pencerahannya ya

  76. syalom,,,

    saya tamatan SMIP, tapi saya ingin sekali menekuni fabrikasi. dan saya ingin mengambil kursus welding Inspector.

    yang menjadi pertanyaan saya :
    apakah saya bisa langsung mengambil kursus itu tanpa saya harus mempunyai pengalaman di bidang welding?

  77. SMIP itu kepanjangan dari apa Pak ? Mau ikut kursus WI boleh aja nggak ada larangan …tapi sekarang ada kecendrungan karena sudah banyak yang punya WI usernya lebih suka mengambil lulusan dari D3 atau S1. Biasalah hukum dagang..kalau banyak stock khan orang nyari yang standard lebih tinggi.

    thanks

  78. Pak

    Saya manu bertanya tentang instument untuk oil dan Gas, latar belakang saya S1 Teknik elektro
    kebetulan saya sekarang bekerja dibidang Elektronik Manufacturing, apakah saya bisa ikut sekolah instrumentasi, dan untuk dibatam tempatnya dimana ya Pak.

  79. pak apa sih persyaratan untuk bisa ikut kursus WI

  80. salam kenal,pak mohon pencerahan sy bkrja di manufactur (valve produck) sy ingin menambah pengetahuan untuk piping (inspector,design) di btm,untuk bekal krn sy ber keinginan untuk bekerja di timur tengah,terimakasih

  81. Pak Adi.
    Untuk ikut persyaratan kursus WI sebenarnya tidak ada persyaratan yang jelas, di dalam code ASME IX disebutkan bahwa untuk persyaratan jadi inspector dia harus mempunyai kemampuan untuk melakukan tugas sebagai seorang inspector atau seseorang yang ditraining untuk melakukan tugas tugas inspector.

    Untuk dapat memahami tugas tugas dan mengerti tentang welding ini yang menjadi lebih lebara definisinya.

    Secara logika mereka harus mengerti tentang ilmu bahan, heat treatment, pengelasan, consumable, mechanical test, NDT, dll.

    Kalau orang yang dari tamatan SMA lalu ikut training WI sepertinya akan mengalami kendala dalam melaksanaka tugasnya dan tidak mempunyai ilmu dan bekal yang cukup untuk menilai suatu permasalahan dalam pekerjaannya.

    Semoga membantu

  82. Pak Deharjo

    Menurut saya cita cita Pak De dengan pengalaman saat ini sangat mendukung sekali karena valve merupakan component piping yang sangat penting dan bapak sudah sangat paham dengan valve ini.

    Untuk meningkatkan skill bapak bidang piping dan design saya sarankan bapak ikut training “Piping Process dan enginerring ASME B31.3″ disini nanti bapak akan dibekali untuk memahami ilmu piping lebih mendalam mulai dari material piping, manufacturing pipe, P&ID, Isomeric, komponent piping, branch connection, fabrication dan erection, welding, inspection, testing, comissioning, test package, dll. Sehingga diharapkan selesai training ini bapak sudah sangat paham dengan seluk beluk piping secara keseluruhan.

    Informasi training piping bisa dilihat di

    http://batamtraining.com atau http://pdmsbatam.wordpress.com

    Trainingnya akan dilaksanakan pada tgl 2 s/d 12 nov 2008 di Politeknik Batam bapak bisa menghubungi Pak Eko Budianto di HP : 08127011587

    semoga membantu.

    salam

  83. pak ada lowongan ga buat saya, saya dari mt/pt gelmbng III di BLK batu Aji, ternyata susah juga pak nyari kerjaan di batam

  84. slm kenal teman2 ndt. sy mempunyai sertifikat mt, pt & ut level II. sy lagi cari kerja mohon informasi kerjanya di bagi kesaya.

    thks

  85. buka di lowongan NDT dalam blogroll halaman ini…
    http://www.ndtcabin.com

  86. salam kenal,

    Dengar dengar di McDermott ada pusat pelatihan MCTC……
    kepada rekan rekan …….
    ada yang tau tidak,program pelatihan apa aja yang ada di MCTC?welding GTAW ada ngga’?
    pelatihan tsb khusus karyawan McDermott atau di buka untuk umum?
    ada no telepon yang bisa di hubungi tidak?

    THANKS
    Makasih banyak

  87. Sorry…..
    Cuma pengen numpang lewat aza….
    See You………

  88. Ya betul pak…

    Khusus untuk karyawan mcdermott pak. Jenis pelatihan yang ada adalah welder, fitter, piping, scafolding, dll.

    thx

  89. Asswrwb..

    maaf pak, mau tanya tentang WI. Saya lulusan S-1 Teknik Sipil, terbiasa kerja di Konstruksi Sipil. Saya mau banting stir, coba ke Oil&gas Construction, menggeluti bidang Steel Structure, Welding, atau apa saja. menurut bapak, apakah background Sipil saya cocok untuk ambil sertifikasi WI? (terus terang saya masih blank ttg perweldingan)

    Terima kasih

  90. Makasih atas jawabanya pa………
    kirain kursusnya di buka untuk umum.

    Tempat pelatihan untuk welder GTAW di batam di mana ya pa?

    BTW, ini pa Novembry yang dulu kerja di PT.Rubycon ya?
    soalnya saya ngga asing namanya…Batong,sakti dan Eko……(saya baca tanya jawab)

  91. Training GTAW di batam Ada di BLK batu aji. Disana fasilitas welder lengkap mesin las juga lengkap….
    Saya kira cukup bagus kalau mau ke sana….

    Kursus WI disana juga diberikan latihan mengelas untuk para calon WI .

    Ini pengalaman yang berharga bagi yang belum pernah pegang stang las.

  92. Sekali lagi makasih banyak pa atas jawabanya…….

    Saya butuh advice nih pa…….
    saya sekarang bekerja sebagai welder di GTAW di salah satu perusahaan di Mk kuning yang bergerak di bidang aerospace.welding di tempat saya mungkin jauh beda dengan di fabrikasi,selain setengah otomatis juga tidak meggunakan filler sebagai penyambung.
    saya ingin meng ug grade skill saya…
    kalau saya langsung mengambil untuk sertifikasi 6G GTAW,kira-kira efektif tidak ya pak?

    saya sudah hubungi Pak Yusnan di BLK,tapi katanya belum ada peserta untuk 6G GTAW,minimal katanya harus ada 5 peserta.
    tolong informasi yang jelas.

    Terimakasih.

  93. pak nov yth
    sy dr wi angkatan I BLK batu aji,sy menyarankan di adakan perkumpulan almamater, bagi kami di waktu yang sangat sibuk.
    mohon sunbang saran
    dan minta rekomendasi training 3.0 ang bagus di batam

  94. OK nanti saya usulkan ke Bosnya BLK. Kayaknya OK juga tuh…

    Untuk 3.0 di batam hnya ada di tempat Pak ISkak PT DUJ Batu ampar.

    salam

  95. pak Nov perkenalkan nama saya agus, saya mau tanya training yang cocok buat saya apa ya?,
    saya lulusan S1 teknik komputer (IT).saya ingin pekerjaan di oil field. karna kerja di manufacture gak menjanjikan lagi buat saya…

  96. asslamualaikum p.nov yth
    kok soal ujian 3.1 aja mana 3.0 ? penting juga lo bagi pemula spt saya.dan kalau ada penjelasan ruang lingkup pekerjaan 3.0. saya start tgl 2 nonember 2008 ini
    gimana nih pak cara menyikapi lowongan yang rata2 minta experience min 2 tahun?
    punya alamat-alamat agent manpower tuk QC d batam pak ?

  97. 3.0 nggak ada soal soalnya karena langsung practical plate.

    Lowongan 2 th ya kamu kerja dulu di perusahaan yang nggak membutuhkan 2 th seperti di Shipyard, Subcontractor, dll.

    Kalau mau sukses itu harus dimulai dari bawah jangan short cut . Karena disanalah ilmu dan himkahnya…

    thx

  98. sore pak.. moderator
    saya butuh informasi tentang WI pak..
    yang di BLK. butuh berapa lama untuk kursusnya yah pak. atau bpk tahu dengan siapa saya bisa cari infonya .
    terima kasih

  99. siang pak…

    saya mauliddin
    background teknik fisika nuklir
    prodi elektronika instrumentasi

    punya sertifikat PPR (petugas proteksi radiasi) published by BAPETEN.

    saya mw tanya, di batam selain sebagai teamwork NDT radiography, apakah ada jobdesk yg lain sesuai dengan background saya?

    kemudaian saya ingin pencerahan mengenai instrumentasi apa yg harus saya dalami untuk focus ke industri oil and gas?

    selanjut nya untuk rekan2 NDT, mohon informasi nya untuk lowongan PPR di batam pada saat ini.

    trima kasih

  100. slamat siang pak..

    saya mhon info lowongan petugas proteksi radiasi.

    background saya teknik fisika nuklir
    program studi elektronika instrumentasi
    punya sertifikat petugas proteksi radiai keluaran BAPETEN.

    kpada teman2 mohon info nya.

    trimakasih

    mauliddin@yahoo.com

  101. Pak….
    k”Lo WI itu. . .
    Lebih cendrung kmna ya???
    Mksd saya. . .
    krjanya itu ngapain ja????

  102. minta syarat pendaftaran untuk Magnetic Particle Testing untuk bulan november dan biaya pendaftaran.tolong kirimkan ke alamat email saya di Dio_itms@yahoo.co.id

    tolong secepatnya.

    terima kasih.

  103. pak masih ada ga lowongan kalau ada kasih kabar ya atau kirim aja ke emailnya saya okey saya tunggu

  104. tolong ya pak beri kabr
    terima kasih sebelumnya

  105. pak nov tolg nasehatnya dunk, saya S1 T.Mesin dan bekerja sebagai Supervisor Produksi Crude Palm Oil (CPO), saya tau sedikit tentang Vibration, Hydraulic dan Pneumatic sewaktu training d PT. PUSRI dan PT. Krakatau Steel. Program study saya Konversi Energi. Untuk memperbaiki competensi saya, saya sebaiknya mengambil kursus apa ? agar saya bs jd A Mechanical Engineer di bidang Oil and Gas. Thank’s atas nasehatnya. Wasalam

  106. Oksilan

    Menurut saya kalau mau masuk O&G bisa ambil PLC, instrument dan electrical course, dan juga PV Elite.

    Thx

  107. saya mau tanya beda WI sama WE apa?
    saya baru lulus sekolah teknik mesin jurusan design, TA yang saya ambil masalah conveyor. tolong kasih saran kursus apa yang cocok untuk saya WI/WE/piping instalation/lainnya. Yang banyak peluang kerjanya apa?

  108. Rachmad

    WI = welding inspepctor tugasnya lebih banyak ke quality control mulai dari barang datang sampai barang selesal di fabrikasi , ereksi.

    Sedangkan WE lebih banyak ke masalah engineering pengelasan sepaerti membuat WPS, welder test, trouble shooting welding, analisa defect, analisa performance proses welding.

    Saat ini peluang kerja bagian design engineering sangat banyak. Kalau kamu jurusan anda jurusan teknik mesin bisa ambil training ttg mechanical PV (PV Elite), piping inspector / engineering, atau trainng bagian facility lainnya.

  109. dear,……….

    saya butuh informasi training baru yg ada di PT McDermott (MCTC)

    kepada teman2 yg ada informasi nya atau ada no teleponnya,tolong dikasi.

    Terima kasih.

  110. Edy ..

    Training di Mc Dermott saat ini hanya untuk calon karyawan yang akan di hire Mc dermott. Trainingnya meliputi : welding, fitter craft, scafolding, dll

    Untuk masyarakat luar spertinya belum ada tanda tanda tuh….karena Mc Dermott sendiri harus mentraining calon karyawannya sendiri dengan jumlah ribuan orang….

    salam

    thx

  111. Dear Pak.

    Saya Rachmad mau tanya, saya lulusan teknik industri apa bisa ikut training WI atau WE pak ?

    Klo bisa, cara daftar gimana dan jadwal/schedule tempat pelatihannya ada pak ?

    Thks.

  112. pak tusuf saya lulusan s1 perkapalan
    baru lulus dan baru bekerja selama 1 bulan digalangan

    atas sarang dari kawan2, saya berminat mengambil WI
    kira2 fresg gdr. seperti saya bisa gk ikutan sertifikasi WI, karena seperti AWS aja minimal 3 th

    dimanakah kiranya yang memperbolehkan fresh gdr dari univ. untuk mengambil sertifikasi??
    lokasi saya dijakarta

    untuk lamannya saya tidak jadi masalah….

    mohon jawabannya
    aditya

  113. Untuk jakarta bapak bisa ikut Ke UI aja..Hub Pak Winarto di kampus UI jurusan teknik metalurgi.

    salam

  114. thanks banget pak.

    kalau no kontak kursus welding yang di BLK ada tidak?
    Atau saya butuh informasi aja pak hari apa aja belajarnya ya,biar ntar saya langsung ke BLK.

    thx

  115. Pak Admin, saya mau ikut Training pemnbuatan WPS dan Welder Test, kapan dselenggarakan, dan berapa biayanya?

  116. Saya juga berminat nih, mau tahu gimana bikin WPS dan Welder Test.
    Soalnya di tempat saya kerja, koq Engineernya tingal jiplak WPS dari Project yang dulu?

  117. terimakasih respon nya pak yusuf
    sangat membantu sekali

    salam,
    aditya

  118. Dear Mr.Yusuf,

    Pak Yusuf, background saya dari civil engineer.Saya butuh informasi training apa yang harus saya ikuti untuk masuk kebidang oilgas? Apakah WI / NDT kompeten utk background sy?
    Mohon informasi pak..
    Thanks

  119. UNtuk CIVIL Eng bapak konsentrasi di training SACS cukup bagus. Saat ini banyak yang nyari struktur engineer,

    Training lain juga cukup bagus dan laku di pasaran. Kalau bisa yang mengarah ke applikasi software di bidang Civil engineering untuk pekerjaan offshore.

    Thx

  120. saya penasaran pak mengenai sertifikat WI
    badan yang memberikan pelatian cukup banyak
    apakah sertifikat tersebut dalam satu wadah??
    atau seperti cswip, iwes, iws itu berbeda serifikat??
    kalau berbeda, yang manakah sebenarnya yang diakui(cukup bagus)dalam dunia indonesia??

    tks

  121. pak, saya mau tanya? saya masih study juga sekarang jurusan tehnik elktro, tapi saya dari dulu tertarik dan berminat untuk ngmabil kursus WI, jadi apakah dalam waktu 3 bulan masa kursus kit bener2 bisa menguasai skill tsb, karena hanya 3 bulan. Terus jika kita sudah mendapatkan sertifikat tsb apakah peluang saya untuk bekerja dlm bidang tsb besar karena kuliah saya juga belum lulus.

    thanks

  122. Pak Moderator saya mau tanya, kalau kursus corrosion di Batam ada nggak ya? kalau ada tolong saya diberi tahu contact personnya.

  123. Pak Nov Yth,
    Untuk kawasan Batam, selain di Iqbal & M Yos, setau Bapak dimana lagi ada tempat penyelengaraan kursus untuk Maritime Industrial Safety Officer atau PK3.
    Mohon Bantuan nya.

    Salam

    Ginting

  124. Dear pak Nov,
    Saya mohon info alamat kursus Mechanical, Electrical dan Instrument yang murah. Serta materi apa saja yang bisa diaplikasikan pada oil and Gas, Refinery, Petrochemical dan pabrikasi kapal. Mohon di kirim k Email : oxcylander@gmail.com
    Atas bantuannya saya ucapkan byk Terima Kasih.

    Salam,

  125. Pak , kalo background D3 Teknik Informatika,,, bagusnya saya ambil apa .. WI atau NDT ???

  126. saya berminat ingin bekerja di bidang shipyard .mohon informasi nya, t4 training mana yg bagus dan lengkap peralatannya untuk daerah Batam.

    atas informasinya saya ucapkan trimakasih .

  127. saya mau tanya tentang pelatihan untuk sertifikasi engineering apa ada rekan2 yang tau tempat yang bagus??

    terima kasih..

    • Ilham

      Bidang Eng sebenarnya sangat bagus untuk ditekuni..kerjanya juga nggak capek seperti orang lapangan.
      Saat ini untuk bidang Eng kebanyakan yang d perlukan adalah penguassan software software teknik. Perdalam aja training training spt itu….

      salam

      bisa kunjungi http://batamtraining.com

  128. pak,saya mau tanya apa ada lowongan buat ASNT UT level II,saya butuh job training pak,saya udah lama lulus tapi blum dapat-dapat juga pak,jk ada tlng info k 0778922944,makasih ya pak sebelum nya

    • Rahmad..

      Ikut prihatin dengan kondisi bapak yang belum kerja…
      Saran saya…perbanyak ling dan network..kalau ada temen yang udah kerja ya rajin rajin silaturahmi, biasanya informasi kerja banyak lewat temen.

      Atau tanyakan ke tempat training bapak dulu di mana…biasanya juga banyak link nya…

      salam

  129. tolong informsi schedule RI dan Biaya nya kalu ada Bro..thank”s

  130. slm sejahtera’pak.saya mau bertanya’saya lulusan s1 fisipol’sy tertarik utk b’kerja di proyek.kira2 training apa yg pas bt saya.apakah safety atau ndt?krn sy sempat b’tanya ke org2 WI atau Ndt technician,mrk blg utk msk ndt atau WI semua jurusan bisa.pdhal sy blm tau sm sekali mengenai pekerjaan tsb.bisa dibilang spekulasi dan banting setir.trims atas advisenya pak.

    • Pak By J…
      Saran saya kalau
      bisa berkarir di bidang yang kita mempunyai background agar kita lebih mudah memahaminya. Ada juga bidang fisipol di pekerjaan proyek seperti bagian CSR, HRD, Legal, COnsultant tapi bukan bidang seperti ilmu ke teknikan karena saat ini user kalau mau menghire tentu akan dilihat latar belakng pendidikan.

      Kalau tetpa dipaksakan nanti agak susah berkembangnya

      salam

      • pak yusuf…
        saya ingin kursus design engineer..
        dimana ya tempat nya???
        saat ini saya sudah menguasai auto cad, mechanical dekstop, dan autodesk inventor…

  131. Terimakasih banyak pak nov atas penjelasannya. Cuma saran nih, ini kan forum sosial yang membantu kita kita yang awam, atau kurang paham masalah dunia pengelasan etc, gak usah ragu ragu memilih mana sebenarnya tempat kursus yang paling baik di batam menurut pak nov (ini bebas lho, lain orang bisa lain pendapatnya). Soalnya saya kurang tau itu batam, dan ada niat mau ikut pelatihan disana, tadinya kalau tidak ketemu forum ini saya mau ngambil di Ikbal m yos. Sekarang menurut saya nih, itu kurang bagus, selain sertifikasinya lokal, juga kayaknya kurang prof (ini menurut saya lho). Atau kalau pak Nov misalkan dipaksa suruh milih, mana yang terbaik. OK deh terimakasih jawabannya.

    • Pak Rico lokasi dimana Pak….

      Kalau daerah Jakarta khan bisa ikut yang di UI, BKI, atau B4T di Bandung….

      thanks

  132. pak tlng kasih tahu dimana saya bisa sekolah W.I yang benar-benar diakui berapa lama kira-kira sekolahny? terimakasih

  133. salam

    Pak bulan maret nanti, saya mau ikut W.I di surabaya selama 11 minggu. Setelah itu mau diajak kerja di batam sama suadara saya. Latar belakang pendidikan saya Teknik perkapalan..
    yang jadi pertanyaan adalah, disaat sekarang adanya krisis global, apakah nantinya masih banyak proyek2di batam yang menyediakan pekerjaan?

    tolong jawabanya atas kebimbangan saya…. apa saya harus meneruskan W.I atau cari kerja dulu.

  134. siang mr.nov..
    saya 25th b’cita2 jd welder handal.saya belajar dari seorang WI yg lumayan sarat experience (beliau jd WI sjk th 80an).tp saya g pnh ikut training WI/WE.
    my Q: apa yang harus saya tanamkan dlm benak saya agar bs sukses di dunia WI,mostly tdk mudah menerima pelajarn WI dg cra lgsg practice gitu.saya mendalami GTAW & SMAW sekaligus.
    plz advice..i beg..
    saya d banten.

    • WI zaman sekarang udah banyak…dan banyak diantara mereka yang masih nggak jadi jdai WI dalam istilah bidang pekerjaan. Mungkin karena gara gara hal tersebut sekarang usernya banyak meminta WI dari tamatan D3 dan S1. WI sendiri nggak mensyaratkan bisa jadi welder ..tapi kalau welder jadi WI ya jadi nilai tambah begitu…

      Kalau kamu udah D3 atau S1 berarti kamu harus certified WI artinya ikut training WI dan lulus bersertificate agar orang orang tahu kalau kamu qualified dan certified. Kalau nggak ada certificate usernya mungkin nggak percaya kalau kamu bisa mengerjakan pekerjaan WI, walupun kenyataanya bisa. Dalam benak user WI itu khan nggak cuma inspection aja . Juga harus tahu why dan apa solusinya…

      Jangan banggakan pak WI yang udah 18 th itu kalau dia tidak mengajari kamu sambil duduk di meja 4 jam sehari semalam 3 s/d 4 bulan…Ilmu WI itu sesungguhnya banyak..tapi banyak orang yang menjadikannya sedikit…dan jadilah mereka sebagai Checker tapi bukan WI.

      Kalau mau sukses harus banyak belajar dan banyak tahu ….

      Selamat mencoba…

  135. Good Day Mr.Nov..thanx 4 ur advice last time.
    sekarang saya jd lebih termotivasi lg buat jd
    “WI yang bs ngelas”.guru privat saya pun senada dg anda ttg ini.sbg catatan,saya belajar 4-5 jam/day dan mgkin saat ini saya lebih menekankan kpd practice drpd theory.
    saya ingin share lebih banyak lagi dg anda,mohon alamat emailnya dong,,i think u won’t mind.
    terimakasih banyak…

  136. salam

    pak kalau pelatihan NDT di jakarta kira-kira berapa biayanya?saya mahasiswa senester akhir jur tek mesin…

    terima Kasih

  137. aslmkm pa yusuf..mau minta advise nya nih.
    background sy Electronic S1, pnglman kerja di manufacture electronic lobam 2 thn.. sy pingin banget dpt kerja di pertambangan..menurut bpk kl sy ikut kursus NDT yg sesuai dgn background sy apa ya.

    • Pak SUHAIMI…
      Untuk lulusan jurusan electroninc saya tidak srankan anda ikut NDT karenaitu hal yang sangat berbeda. Akangkah bagusnya anda bisa melirik ke bagian instrumentasi atau control. Training yang berhubungan dengan electronic sebenarnya sangat banyak untuk tambang.

      Kalau perusahaan tambang nantinya mungkin pekerjaannya menghandle permasalahan equipment, alat berat, mesin , mesin kompressor, power, peralatan lain misal crushing, leaching dsb. Kalau perusahaan tambang yang make NDT dimananya ya…saya agak kurang ngerti nih…

      salam

  138. Pa yusuf…makasih banyak atas advisenya.skrg sy baru mengerti. kalau boleh, minta tolong infonya dong untuk memperdalam instrumentasi/ control yang bagus dimana ya? skrg sy berada di jakarta.

    salam

  139. Pak novembri yusuf, sy lulusan T.Mesin(S1). sudah bekerja dibidang isolasi selama 11thn. saya berminat mau ikut Coating Inspector. Bisa info refensi ke saya alamat utk training tersebut yg berlokasi di Jakarta dan Dibatam. karena mobilitas sy di 2 kota ini.

    • Pak SUsilo Coba buka di PT DUJ. Batam
      Search di google ada tuh…..

      thx

  140. Pak mau tanya saya sudah bekerja sebagai welder selama 5 tahun di PT.antam,,,,
    Ada g lowongan buat profesi welder???
    TRIMS

    • Tulis aja di halaman cari kerja identitas dan keahlian sdr , mungkin nanti ada yang mau cari welder…
      Lowogan welder khan sangat banayk pak..tterutama di Kepri …

      salam

  141. Smua lokasi di atas kebanyakan di batam ,tolong kirimin dong yang di Jakarta. Jadwal dan tempatnya !!!!!!

  142. Pak Novembri,

    Saya lulusan s1 teknik elektro konsentrasi intrumentasi dan kontrol. Saya mau tanya kursus intrumentasi atau control apa yg perlu saya ikuti jika mau bekerja di perusahaan oil&gas atau shipyard ? kira2 berapa lama kursusnya ?
    trmksh atas penjelasannya

    • Pak Raihan….

      Untuk jurusan spt Pak Raihan sangat cocok ambil kursus Electrical dan Instrument , dan juga PLC karena ini sangat berhubungan…pekerjaan orang E&I biasanya
      mulai setelah 50% construksi berjalan…kalau bagian engineeringya tentu mulai dari awal project…prospeknya sangat bagus….

      http://www.batamtraining.com akan memeluai kelas ini pada bulan april besok…. hubungi saja Pak Eko dengan nomor 08127011587.

      Salam

    • Pak Raihan….

      Untuk jurusan spt Pak Raihan sangat cocok ambil kursus Electrical dan Instrument , dan juga PLC karena ini sangat berhubungan…pekerjaan orang E&I biasanya
      mulai setelah 50% construksi berjalan…kalau bagian engineeringya tentu mulai dari awal project…prospeknya sangat bagus….

      http://www.batamtraining.com akan memulai kelas ini pada bulan april besok…. hubungi saja Pak Eko dengan nomor 08127011587.

      Salam

  143. pak Nov,
    trmksh atas infonya.
    dari sekian banyak kursus2 yang ada, menurut bpk apa yg prospeknya paling bagus ?
    saya hanya mau meyakinkan kursus yg akan sy ambil tidak sia2.

    rgds

    • Bekerja dengan bidang yang kita kuasai akan lebih baik dari skadar ikut ikutan training dari hal hal yang kita akan susah berkembang….dalam bekerja nantinya yang akan di bahas nggak hanya bahan bahan yang didapat dari kursus tetapi akan menuju ke hal yang lebih mendasar dan teoritis sehingga anda bisa berargumentasi kalau menemui suatu kendala….kalau ilmunya setengah setengah anda tidak akan jadi orang yang expert…

      salam

  144. Pak Nov,

    Apakah setelah kursus E&I (yg akan dimulai pd bln april besok) bisa menjadi seorang Instrument Inspector ?

    • Pak Raihan..
      Bisa aja Pak…kalau anda sangat menguasai ilmu dibidang tersebut dan mungkin punya latar belakang teknik electro akan semakin mudah untuk bisa mendapatkan kesempatan ..( tentunya teknik elektro yang kuta keilmuannya bidang electro..). Yang penting menuntut ilmu dulu ..tingkatkan skill..kalau mau perang senjata harus lengkap biar nggak kalah perang…

      Selamat berjuang…

  145. Saya background S1 mesin , sertifikat mt/pt/ut
    skrng kerja di fabrikasi selama 3 th lebih sebagai project engineer , sy mau jump ambil CSWIP 3.1
    bgmn chancenya untuk lulus kalo sy tdk ambil WI local..pls advise

    • Kalau dilihat dari data statistik kelulusan CSWIP 3.1 boleh dibilang dibawah 5% dalam satu kelas ( 10 ~ 15 org).
      Ngambil CSWIP harus pengalaman welding 3 tahun..jadi kalau nggak ada pengalaman sama sekali..akan jadi pertanyaan orang…

      Pesan saya semua itu perlu proses…jangan suka short cut…

      salam

  146. Apakah ada informasi tentang kursus operator kren alat berat ya pak.Jika ada tempatnya dimana dan kira2 habisnya sampe brapa ya pak?

  147. Tempat pelatihan yang mau berdiri di Batu Aji kira2 kapan ya mulai operasional nya? juga dibawah lembaga yang mana? Saya berencana mengikuti nya! tolong informasinya jika bisa up date by mail… Thanks’

    • Pak Yuki ..

      Lembaga training Batam training institute sudah berjalan di Batu Aji sejak bulan December kemaren. Untuk informasi lengkap buka http://www.batamtraining.com . Batam taining institute dikelola oleh PT KIat Global Batam Sukses yang mengelola secara professional bidang oil and gas dan marine seperti : WI, Piping Process, Caesar II, PDMS, Pipe Fitter, PLC, Electrical and Instrument, Welder, NDT, Drafter. dll

  148. Salam…

    Pak, kalo training NDT di jakarta di mana aja ya? soalnya kejauhan bgt saya hrus ke batam.. Mohon dbalas ke email saya ya pak..

    Trims

  149. pak. kalau boleh tau biaya untuk training Welding Inspector brapa… & masuk trainingnya malen pa siang ?..

  150. Pak Nov, background saya Electrical eng (S1), udh ada cert. PLC, ETAP. pengen ngambil antra PDMS atau NDT. Mana yg paling cocok pak? Atau dua2 nya? Lebih bagus peluang kerja PDMS atau NDT pak?

    Trims….

    • Electrical and instrument inspector lebih mengena dengan jurusan sdr…nggak usah ambil NDT, PDMS masih ada relevansinya dalam design electrical routing…or instrument…

      salam

    • pengen ngambil ndt……..? jangan menurut saya.
      kenapa? peluang kecil..karnena saya dah di luang lingkup ndt..
      tujuan anda adalah kemapanan saya tau..ndt gajinya lumayan, tapi anda cuma mendapatkan pekerjaan preeland aja .

      mending ambil pdms..saja
      mengapa???? jwbnya pdms bagi kebanyakan orang masih terbilang awam

      untuk itu saya minta maaf jika saya lancang kepada anda tuk merespon.

  151. pak mau tanya, saya lulusan STM elektronik udah kerja di batam 10 thn lebih di mukakuning (manufacturing IC) sekarang lagi krisis, saya ingin kerja di shipyard/offshore/OIL&GAS. kursus dan certifikat apa yang harus saya ikuti untuk menunjang pekerjaan tsb?
    mohon bantuannya… terimakasih

    • Anda bisa ikut program Electrical dan instrument inpsector training….
      salam

      • Emang dimana tempat training nya pak ?

        makasi

  152. makasih pak, kalo boleh tau jobdescnya seperti apa dan bagaimana peluang saya yang mengungat hanya lulusan stm saja…?
    terimakasih penjelasannya

  153. tolong kpd bpk2 yg mau ngasih saya tmpat magang
    saya mempunyai sertivikat MT,PT level 2
    tpi saya blum mpunyain pengalamn kerja.

  154. Pak Nov saya mau nanya program Instrument inspector training di mana yang bagus pak … ?terimakasi pak

  155. Pak,

    Untuk training ETAP ada tidak pak? kalo ada kira2 brapa biayanya.

    Terimakasih

  156. kalo ambil NDT UT biaya berap dan peluang kerja kalo sy ambil dibatam berapa % dibandingkan di Malaysia? thanks

    • Pak Yogi…

      Untuk UT biayanya 6 juta , sangat murah kalau dibandingkan dengan di LN.

      salam

  157. pak,saya sudah lama jadi welder d batam,tapi gak tahu gimana caranya untuk jadi welder yang pro. saya ingin jadi welder yang punya kualifikasi,khususnya pada piping. dimana saya harus cari informasinya.

  158. Pak, saya mau tanya…
    Di tempat Bapak ada safety training gak?…..
    kalau ada, tolong beri tahu alamatnya ke nomer hp 08566593263 ya..
    terima kasih….

  159. assalamualaikum.saya jadi bingung tmpat training menjamur,tapi peluang kerja tetap aja sulit.saya sarankan mendingan kamu belajar berbisnis aja.ada training gratis loh

  160. saya tamatan S1 Teknik mesin, dan telah bekerja disebuah perusahan manufacture velg, saya ingin mengambil sertifikasi UT/MT/PT untuk dan ingin mengarah ke oil dan gas. apakah training tersebut yang harus saya lakukan, dan mohon email saya tempat training di jakarta. thanks

    • anda seharus nya dah berkerja di offshore dulu
      baru dengan mengambil sertifikat bisa naik gaji.

  161. wah.. dimana2 banyak tempat training, sedikit membingungkan mau pilih yang mana? Pak. saya ada rencana mau ikut training WI,bagi2 informasinya tentang biaya,pendaftaran dan prospek ke depannya Pak. terima kasih

  162. Apa kabar pak,

    Mudah-mudahan pak yusuf membaca attensi ini…
    Niat hati saya ingin bertemu dan berkonsultasi dengan anda pak, kalau tidak bisa lewat telfonpun tidak apa…
    Senada dengan beberapa kawan yang ada dimanufakturing muka kuning, saya sendiri punya background electrical engineering, banyak kursus dan pelatihan in-house dari luar negeri (khususnya jepang) yang kita ikuti, audit pun dah yang aneh-aneh. namun sayangnya kita semua minim sertifikat pak…
    Bukan semata-mata untuk penghasilan, tapi ada kepuasan batin yang berbeda bila bekerja di lapangan.
    Saya sendiri tadinya tertarik dengan Welding Inspector (buat saya belajar agak keras dari temen-temen yang punya background mechanical engineering gak masalah)…tapi setelah membaca ulasan blog ini, sepertinya masuk akal/logis juga kalau prefer ke Electrical dan Instrument…
    Singkatnya kapan kursus ini diadakan?
    yulizar_37@yahoo.com

    • Pak Yulizar terimakasih atas pertanyaan saudara..
      Saya sangat memahami keinginana beberapa temen yang ada di Muka Kuning untuk dapat bekerja di lapangan…karena beberapa alas an yang kita sudah sama tahu…
      Sekarang pertanyaannya bagaimana caranya biar bisa dapat kerja di lapangan tersebut….
      Prinsipnya …” kalau kita expert disatu bidang maka pekerjaan akan datang menjemput kita “
      Anda sebagai orang dengan background Electrical EngineeringI sepatutnya tetap berada di jalur ini. Masalahnya banyak informasi pekerjaan di lapangan untuk bidang Electrical yang tidak kita ketahui qualifiaksi dan requirementnya..
      Untuk dapat bekerja di lapangan fabrikasi atau dilapangan lain ( shipyard, offshore, service, operation ) diperlukan selembar certificate. Dari certificate ini user confidence untuk menghire seseorang kalau orang yang di hire tsb mampu melakukan pekerjaan yang diberikan. Banyak jenis certificate yang diperlukan oleh seseorang untuk bekerja di bidang electrical spt : E&I, PLC, SCADA, Turbin generator, safety training, dll.
      Dari certificate yang anda miliki maka kesempatan untuk ikut masuk dalam criteria memenuhi syarat oleh user sudah terpenuhi sehingga kesempatan untuk dapat pekerjaan menjadi “ ADA”.
      Setelah training bagaimana ….
      Banyak keluhan dari beberapa temen bahwa banyak training yang sudah mereka ikuti tapi tetap juga belum dapat kesempatan yang untk bekerja di lapangan …why…

      Nanti akan kita bahas lebih lanjut tentang trik dan tips untuk dpat bekerja di lapangan O&G.
      Untuk training E&I di BTI silahkan langsung datang saja ke kampus BTI di Batu Aji.kayaknya training ini sudah mulai jalan 2 minggu ini..kepastian kelas baru bisa hubungi sdr Subhan di 0778393747.

      Salam

  163. salam pak nov yth,

    saya mau menanyakan, adik saya tamatan STM elektro dan meneruskan pendidikan D1 komputer. skrg dia berhasrat untuk menceburi bidang oil & gas pula walaupun gak ada pengalaman sedikit pun. menurut pandangan bpk apakah tepat kalau dia ingin mengambil training WI atau NDT? layak kah dia dengan kelulusannya yg ada skrg? apakah training yg hanya 4 bln bisa menjadikan dia tahu segala hal welding? sedangkan dia sama skali buta di bidang itu? diharapkan sangat nasihat dan saran dari bapak demi masa depan adik saya n keluarga.

    thx pak nov,,

    • Mella…

      Saat ini sebenarnya sudah banyak yang jadi Welding Inspector di Indoensia yang didapat dari ikut training vacational. Dan kalau dilihat dari data lowongan job untuk welding inspector yang diikuti oleh WI dari Indonesia maka nama Indonesia masuk ke urutan nomor 3 tingkat dunia. Hal ini sangat menggembirakan karena WI diIndoensia sangat dynamis dan agresive.

      Namun dibalik itu …sudah banyak juga diantara pemegang certificate WI masih jadi pengangguran dan tetap di pekerjaan lama mereka bukan jadi WI. Artinya banyak WI yang nganggur saat ini di Indonesia… itulah kondisi saat ini. Hal ini juga ditemukan pada NDT.

      Kalau saya mau jawab pertanyaannya saja…saya bilang boleh saja untuk mengikuti training WI asal setelah traiing dia kompeten untuk tugas WI tersebut. Ada kecendrungan juga saat ini user mau ambil WI itu paling tidak D3 atau S1. Jadi kalau mau ikut WI juga tantangannya seperti itu.

      Saran saya kalau dia masih ada kesempatan untuk lebih maju lanjutkan saja kulahnya dulu ke D3 atau S1. Saat ini sebenarnya banyak jenis pekerjaan fabrikasi lain yang nggak hanya WI. Kalau dia ahli komputer bisa ikut jadi IT nya, atau Electrical and Instrument, atau design engineering lain yang berhubungan dengan komputer seperti PDMS, PV Elite, Cad Work, Solid work, dll.

      Semoga sarannya membantu…

      salam

      • Thanks a lot atas saran nya pak nov,,

        semoga bisa membantu untuk kami dalam membuat pilihan yg tepat
        Insyaallah..

        Have a nice day ^-^

  164. pak mw tnya jdwl kls bru utk program WI & NDT di B4T baloi kpn y?dan mnrt bpk mna yg lbh baik d antara keduany n pa klbhn2ny n mna utk pluang krjny yg lbh bgs.trima kasih

  165. ada yg tau info low utk mpi gk?/
    ak lulusan BLK batam neh..

  166. Mohon hubungi saya jika ada jadwal training NDT

    Terimakasih

  167. Salam kenal PAK, saya lulusan SMK perhotelan, bahasa Inggris aktif…kira-kira kursus & posisi apa yang cocok buat saya di bidang oil & gas.
    terima ksih

  168. kalau mau kerja di timur tengah sih banyak kerjaan untuk QC WELDING ,PIPING ,ndt tapi yg jadi masalah semua sudah didominasi sm orang india ,philipina karena mereka lebih menguasai masalah bahasa , kita cari orang indonesia yg punya API 510 ,API 620 ,cswip 3.2 , masih jarang sekali , kalau anda punya sertifikat tsb diatas saya jamin anda bisa bersaing di timur tengah dan pekerjaan menanti anda ,salam

  169. tolong di share silabus ndt vt ut pak,..

  170. Salam kenal Pak, saya S1 teknik mesin jurusan metalurgi universitas merdeka malang 2005, saya berkeinginan untuk mengambil training NDT ultrasonic testing ( self sponsored ) dan untuk saat ini saya berdomisili di jakarta, yang saya ingin tanyakan dimana lokasi training yang ada di jakarta karena klo untuk ke batam terlampau jauh dan untuk biayanya berapa dan lamanya training berapa bulan? mohon untuk di reply ke bunbun_sercome@yahoo.com
    terima kasih atas waktunya

  171. malam pak,
    saya seorang designer di Shipyard,
    khusus pembuatan crane barge,
    Saya tertarik mempelajari lifting,
    kira2 sya mesti mulai kursus atau ada sertifikasi apa ya pak?
    aapakah ada training safety atau lifting yang bisa saya ikuti?

  172. Dear…

    Tolong dong pa bisa kasih tau training yang bagus buat di ikutin?
    saya background dari Teknik mesin!

    • To Tresna :
      Teknik mesin lebih fleksibel dalam dunia kerja oil gas karena bisa masuk ke beberapa bidang yang masih berada dalam konsep T mesin. Training yang bisa diikuti antara lain : Piping design, Piping Eng, Piping proses, PV design, Power plant, dll.

      Nafis :
      Untuk design lifting barge crane training yang cocok mungkin Femap nastran untuk menganalisa struktur perelement yang sangat dibutuhkan untuk menentukan crane capacity dan safety.

      Gareng :
      UT PCN Biaya sekitar 17 juta
      Chandra
      Welding Eng job .
      Kadang kadang memang agak sedikit demandnya. Karena pekerjaan ini biasa dirangkap oleh WI. Kalau ke Batam bisa saja. Training lain jelas perlu untuk meningkatkan nilai jual kita. Silahkan lihat di http://www.batamtraining.com

      Dede Iswono
      Dari welder mau langsung ikut CSWIP 3.1 sepertinya banyak tantangan, sebaiknya ikut WI saja dulu untuk meningkatkan pengetahuan ttg welding secara keselurahan.

  173. malam pak,

    saya background dari Teknik elektro!
    kira2 training apa yang cocok buat saya.
    klo ambil piping process bisa apa tidak, mohon pencerahannya terima kasih

  174. B4T yang di bakloi cntre pimpimpinan pk EDWAR.di mana tuh pk,?ada contac numbernya ga,sms ajake no,ini tq :081270004835.

  175. salam kenal..,
    saya lulusan S.1 .T.Mesin(manufacture),saya mau tanya,umur yang idel untuk mengikutin progran platihan WI & NDT ini brapa?(saya berumur 28thn),apakah ada pnyaluran kerja dari pihak penyelenggara?

    • Herman :
      UNtuk training WI di Offshore technology Institute ( dulu namanya Batam Training Institute ) 9 juta dengan cert BNSP.
      UNtuk NDT setelah selesai WI saja karena ada program discount untuk para alumni.

      Kesempatan kerja :
      Offshore Technology Institute telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan Main con dan sub con di daerah Tanjung Ucang. Yang beruntung munbgkin bisa disalurkan untuk kerja atau magang. telp saja ke 0778393747.
      http://www.batamtraining.com

  176. B4T di Baloi Center pimpinan Pak Edwar dengan program sama seperti di BLK

  177. Bisa alamatnya pa edwad ynag di baoli pa ?

    salam

  178. Salam hormat Bapak…,
    trimaksih atas penjelasan pertanyaan saya sebelumnya.Pak saya mau tanya umur saya sekarang 28thn apakah masih ideal untuk ikut program ini dan bersaing didunia kerja bidang ini?krna kita sama2 tahu sekarang sudah mudah ditemukan Sarjana yang berumur muda dengan setifikat keahlian yang mendukung.
    Tolong Bapak memberikan saran/komentar,krena saya sangat tertarik dengan program ini yang merupakan impian saya dari dulu bila dapat bekerja dididang ini.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  179. salam bpk nofembri,sya nofa usia saya 21thn.
    saya sudah bekerja diperusahaan yg bergerak di bidang blasting painting,saya ingin mengambil kursus tapi bingung mau ambil kursus apa.
    mohon masukan dari bapak,sekian dan terima kasih .

    • Mas Nofa..
      Kalau mau ikut training yang bagus sebaiknya disesuakian dengan cita cita anda dan latar belakang pendidikan. Karena ini akan saling berhubungan. Kalau mau tetap konsentrasi di Painting kendalanya adalah demand yang masih sedikt. Jadi mungkin agak susah cari kerja dibidang inin saja….

      Kalau boleh tahu bapak lulusan mana dan cita citanya mau berkrir di bidang apa? painting, welding, mechanical, electrical., atau yang lain..?

  180. sebenernya saya hanya lulusan smk sja,tapi saya ingin sekali kerja dioffshore mungkin bapak ada saran untuk saya .

    • Lanjutkan saja ke training Painting Inspector ….Itu akan lebih menunjang karir anda karena experrience anda sudah ada disana dan kalau sudah punya certificate tinggal melanjutka pekerjaan yang lama. Setelah punya pengalaman 10 th ambil certificate International…NACE, BEGAS, dll.
      Sukses..!!!

  181. Bapak benar, mengenai wi sudah banyak buanget dan yg pasti persaingan makin tinggi,apalgi untuk wi lokal yg terkadang nilainya pun lemah dimata user yg tidak sebanding dengan harga masuk kursus/training itu sendiri agar mendapatkan certifikat wi seperti iklan di televisi namun itulah ironisnya banyak sobat2 yang kecewa setelah melihat kenyataan yg terjadi. terima kasih

  182. kalo kursus cross conect transmisi, VSWR, Up grade. On air 2G dan 3 G dimana ya..?
    ada yg punya infonya gak?

  183. Dear sir Pak Novembri…Pak saya lulusan Stmik/Sistem informasi..Background saya kerja di manufaktur di mukakuning ,saya ingin mencoba menggeluti oil&gas .cocok nya masuk training apa yach…karena WI sudah penuh…tolong pencerahannya pak…

    • Pak Iwan…

      Untuk pekerjaan fabrickasi oil gas dg latar belakang Informasi, cocoknya sih pekerjaan IT juga Pak. Biasanya bagian ini ada di maincon system jadi nggak inchare project. Kalau incharge project bapak harus belajar instrumentasi aja …sekarang yang banyak ada adalah electrical instrumen Inspector. Jangan yang lain lain dulu…setelah itu juga ada PLC, SCADA, dll.

  184. Salam kenal pak Novembri. Apakah bapak bisa memberi informasi dimana tempat pelatihan untuk certified welding inspector dan painting inspector di Jakarta.

    Terima kasih banyak pak sebelumnya. Website ini sungguh mencerahkan. Salam sukses dan berkelimpahan.

  185. askum.pak
    Saya brniat ikut pelatihan WI d b4t bndung..tp saya lulusan dari jurusan k3/safety..apakah itu msh nyambung??saya kut pelatihan karna bmbngan dr ayah saya..karna dtmpt krja na dbutuhkn seorang WI..
    Saya minta saran dr bpak.trima kasih

  186. Pak saya lulusan S1 Teknik Geologi sekarang saya bekerja perusahaan general Contractor di batam terus saya pengen kursus untuk bekerja didunia Fabrikasi yg cocok apa ya selain WI sebenarnya saya pngen ke NDT saya minta sarannya karena saya masih bingung. terima kasih

  187. 1. pak saya lulusan d3 teknik informatika apa bisa ikut training welding inspector?
    2. jika bisa menurut bapak apakah prospek nya bagus kedepannya buat saya?
    3. jika tidak bagus untuk kedepannya apakah saran bapak untuk training yang harus saya ikuti?

  188. Slmat siang Pak.. Saya lulusan S1 tek.informatika dan punya keahlian desain grafis.. Jika ingin masuk ke industri Oil and Gas, menurut saran Bapak saya harus mengambil sertifikas apa? Trimaksih untuk infonya..i

  189. aslm pak…saya lulusan D3 electrical dan pengalaman kerja di power plant dan usia 25 tahunan.saya minta masukan dari bapak kara2 bagusnya saya ambil kursus apa pak biar bisa terjun ke O & G..?menurut bapak kursus apa yang bagus saya ambil..?terimaka kasih masukannya..!

    • Kalau bapak mau jadi electrical dan instrumentasi di project kapal dan oil gas cukup menjanjikan..

      • terima kasih masukannya,masalahnya sekarang apa ada kursus buat dapetin sertifikat electrical yang di akui dan sesuai standar?masalahnya selama ni saya bekerja di pembangkit gas engine atau power plant.jadi belum ada pengetahuan di project kapal atau pun oil gas

  190. Mohon infromasi Pak, ada ga ya training instrumentasi yang jadwalnya kira2 seminggu? kalau ada mohon informasi jadwal and biayanya pak, thanks…

  191. salam pak….. saya lulusan teknik mesin (S1 ) dan sekarang saya sedang belajar ambil S2 mechanical engineering. saya belum pernah punya pengalaman kerja dari perusahaan, tapi saya ingin mendapatkan keahlian yang bertaraf Internasional, kira-kira kursus apa yang menurut bapak dapat berguna bagi saya serta dapat dengan mudah saya mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lumayan atau sesuai….. Terima kasih atas bantuannya……

  192. salam kenal pak…..
    Saya lulusan S1 teknik mesin dan sekarang saya masih belajar program pasca sarjana. saya mohon batuannya, Kursus apa yang dapat membantu saya dalam bidang teknik mesin yang bisa saya dapatkan sertifikat Internasionalnya juga…..??? Terima kasih atas bantuannya…

  193. Nice Infonya

  194. Selamat siang…Pak.

    Saya mau nanya saya lulusan teknik elektro (s1) jurusan electrical, bagusnya saya ambil training apa ya pak. dan durasi trainingnya berapa bulan. kalo kesempatan kerja ada nga pak… mohon penjelasan nya …

    terimaklasih

  195. Hallo Pak Nov moderator,

    Saya sudah lama berminat untuk ikut pelatihan di WI ini, hanya selama ini kendala saya tersendat dalam pekerjaan saya yg mana saya kehilangan banyak waktu atau tidak bisa mengikuti pelatihan ini sejak kurang lebih 4 tahun ini.

    Sebagaimana yg telah bapak utarakan kebeberapa orang yg input comment diatas tentang persyaratan yg mana sebagian besar users dibatam membutuhkan lulusan WI yg bertitelkan minimal D3/S1. Bagi saya, tidak semua yg bertitle lulusan SMU itu tidak berwawasan setara dengan orang2 yg bertitel D3/S1 tsb. maksud saya, mungkin bisa saya yakinkan bahwa sebagian orang yg hanya lulusan SMU tapi pernah berkecimpung dalam urusan kerja diposisi management walaupun berbeda profesi atau tidak dibidangnya.

    Mungkin saja, orang yg lulusan SMU tp pernah bekerja diposisi managing atau operation ikut training WI bisa meyakinkan bahwa orang tsb bisa menjadi seorang WI yg kompeten disebuah perusahaan dibidang ini walaupun pengalamannya tidak dibidangnya sebelumnya.

    yg ingin saya pertanyakan disini, berkisar seberapa kecilkah kesempatan untuk seorang yg lulusan SMU yg mempunyai pengalaman kerja 10 tahun yg mana pernah menghandel suatu opeation (wakil) yg lumayan besar disebuah perusahaan bonafit diterima oleh user-user dibatam untuk menjadi seorang WI diperusahaanya?

    mohon pencerahannya..

    Sekian dan terimakasih…

    Wassalam..

  196. tanya boleh,sy mempunyai pengalaman dibidang perkapalan,sebatas pekerja biasa.antara lain 2thn sebagai fairing di pt palma batam,piping fitter 1 thn dimalaysia NAUTICA NOVA SHIPULDING ENGINERING.WELDER GTAW,SMAW di mutual speed SDN.BHD malaysia.sampai saat ini.mengingat kelayakan utk kursus diikbal DIPLOMA/S1,sementara sy hanya tamatan SMU,ada kesempatan utk sy kursus WI.minimal dasar kerja dilapangan sudah ada,apa masih ada bertimbangan,karna setahu sy seorang WI harus memang paham kerja dilapangan.TERIMA KASIH

  197. pak,,saya dari lulusan D3 elektronika dan instrumentasi… saya bercita2 bekerja di O&G.
    sedikit saya sudah mengerti tentang PLC,DCS,scada dan HMI..
    kalau saya mau ikut pelatihan,,sya cocoknya ambil yang apa y…NDT,WI atau Piping design, Piping Eng, Piping proses…..
    mohon saranyan..
    makasih…

  198. Ass wr wb

    dear All penggemar Oil & Gas.
    Pak Saya mau tanya ada ga kursus bidang IT (information Technology) untuk Oil & Gas di Batam atau ditempat lain?. kalo ada dimana & berapa harganya?

    Dan apakah banyak kebutuhan untuk orang IT di Oil & Gas?

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Wassalam

  199. pak,ada lowongan gak buat NDT….???

  200. CURRICULUM VITAE

    Personal Details

    Full Name
    Sex
    Place, Date of Birth
    Nationality
    Marital Status
    Height, Weight
    Health
    Religion
    Address
    Mobile
    Phone
    E-mail
    : Anggi Dwi Saputra
    : Male
    : Batam,22-July-1992
    : Indonesia
    : Not merried
    : 170 cm, 48 kg
    : Perfect
    : Moslem
    : Batu aji kav.sekarwangi No.1 Batam
    : 082169404434
    : 085836000389
    : anggx2202@gmail.com

    Educational Background

    1996 – 2002
    2002 – 2005
    2005 – 2008
    SDN 005 Batam
    SMP Negri 9 Batam
    SMA SKB Batam

    Course & Education

    2009 – 2010
    2010 – 2010
    Course MT/PT Level II ASNT
    Soldering Labtech

    Qualifications

    1. Computer Literate (MS Word, MS Excel, MS Power Point, MS Access, MS Outlook)

    Working Experience
    Working at PT. Bandar abadi, Batam
    Period : Agustus 2009 – Februari
    Purpose : Contract
    Position : Welder

    Working at PT.Rotary Engineering, Batam
    Period : April 2010 – July 2010
    Purpose : Freelance
    Position : Qa/Qc

    Working at PT.RAPP Pangkalan krinci
    Priode : September 2010 – Oktober 2010
    Purpose : Freelance
    Position : LPT ( Liquid Penetran Testing)

    Batam,17 November 2010

    Anggi Dwi Saputra

  201. Met siang pak..
    Mau share nih… Saya lulusan S1 Teknik Mesin, dari th 2005 smp sekarang masih bekerja di sebuah perusahaan di batam. bidang proses pembuatan ulir pipa dan ulir box (coupling) dengan mesin bubut CNC. Saya kepengen bekerja sebagai inspector pipa, bisa di pabrik atau di Rig. yang saya tanyakan saya harus punya sertifikat apa, dan prospek kerjanya saat ini seperti apa. Apakh juga ketat…??? Tarima kasih banyak infonya.. Balas ke email saya..

  202. smua tmpat training yg di batam nhe ap sama aj sistem ato modulnya dengan b4t yg di bandung pak…

  203. Pak…saya 33 tahun,latar belakang pendidikan STM jurusan Automotiv.Saat ini bekerja sebagai storekeeper baru 3 bulan.Saya tertarik untuk ingin berkarir di bidang oil dan gas.Kira – kira bidang apa yang sesuai untuk saya ? saya bisa komputer dan sedikit bhs.Inggris….saya tertarik untuk mengambil kursus piping tapi juga khawatir jika terlambat untuk mempelajari nya.Dari manakah saya harus memulai nya ? Mohon arahan nya dan penjelasan nya pak.Terima kasih banyak…

  204. Mau tanya di batam ada ngak pelatihan untuk jadi teknisi bagian navigasi kapal & sertifikatnya ?

  205. saya mau tanya pak saya lulusan stm mekanik otomotif dan saya pernah freelance ut geugging,nah pertanyaan saya apakah saya bisa untk mengambil sertifikat ut level 2 tsb.

    • Bisa nggak ada masalah….ikut aja UT level II udah ada experrience.

  206. Apa bisa dari S1 pendidikan mengikuti program kursus WI ?

  207. salam. pak ini kt mau tanya untuk pendaftaran WI yg 3.0 kpn dimulai pak

  208. Pak, saya mau tanya…saya lulusan D3 Management Informatika, saya ingin serius menggeluti dunia welding ini, tapi pengalaman saya belum ada sedikitpun dalam bidang WI ini, background pekerjaan saya berhubungan dengan komputer selama 3 tahun, saat ini saya sedang memperdalam ilmu bahasa inggris untuk bisa bersaing di dunia ini. apakah backgroud saya tersebut bisa mndukung nanti di saat training welding ini ? terima kasih seblum nya untuk info nya pak.

  209. Pak, saya mau tanya…saya lulusan D3 Management Informatika, saya ingin serius menggeluti dunia welding ini, tapi pengalaman saya belum ada sedikitpun dalam bidang WI ini, background pekerjaan saya berhubungan dengan komputer selama 3 tahun, saat ini saya sedang memperdalam ilmu bahasa inggris untuk bisa bersaing di dunia ini. apakah backgroud saya tersebut bisa mendukung nanti di saat training welding ini, atau apa bidang yang cocok dengan background saya di bidang ini pak ? terima kasih seblum nya untuk info nya pak.

    • Pak Azi.
      WI adalah pelatihan bukan kulaih seperti biasanya..
      Anda bisa saja ambil pelatihan WI ini dan itu bagus buat meniti karir di bidang oil gas konstruksi atau project lain spt power plant, petrocehmical dll.

      Masalh nggak tahu welding ya nggak apa apa karena dalam pelatihan WI ini anda akan diajarkan mulai dari nol. Sampai anda menguasai requirement pekerjaan seorang WI.

      Background anda nggak ada masalh untuk mengikuti pelatihan ini…

      Salam

  210. Pak saya mau tan ya..?,saya seorang welder dan sudah lima belas tahun saya jadi welder. Yang ingin saya tanyakan ke bap ak bisa saya jadi WI ..? Dan saya lu lus stm dan untuk sekarang berapa biaya ya dan bera pa lama ikut kur sus untuk wi,tolong informasi ya pak

  211. met siang pak
    mau tanya untuk ambil program NDT syarat – syaratny apa saja
    terima kasih sebelumnya

  212. saya mau tanya ni pak….untuk pelatihan /course electrcal dan instrumen yang di batam di daerah mana ya pak,,,,,,,,,pasaslnya saya bingung ni pak selama ini saya kerja dibagian electrician khususnya di derick tidak mempunya ceretifikat electrician jenis apapun, say sdah 3 tahun bekerja derrick khusus bagian electrician…jadi say mau tanya ke bapak dimana tempat untuk pelatihan course yang mepunya qualitas internasional di daerah batam………….

  213. Salam sejahtera pak nov..
    Saya ingin minta solusi dan saran nya, saya lulusan sma, umur saya 25th dan non pengalaman.. Saya ingin bergelut di industri shipyard, oil & gas/ sejenisnya.. Kira” saya harus menekuni bidang dan training” certifikasi apa yg lebih memudahkan saya untuk mencari pekerjaan di industri trsbut?
    Mohon saran dan solusinya..
    Trims

  214. membutukan biaya berapa untuk ikut belajarnya,,terus syarat2nya apa aja..

  215. Assalamu’alaikum.., salam sejahtera pak…
    saya mohon solusinya pak, saya pekerja kontraktor, berbagai project yang sudah saya geluti di indonesia baik di bidang mechanical & Electrical namun saya lebih tertantang untuk lebih mendalami keahlian di bidang Electrical/Instrument.
    saya pendidikan menengah (STM), dan saya berkeinginan kursus Electrical Inspector di salah satu Institute DiBatam, tapi yang menjadi pikiran saya …..”apa mungkin dengan pendidikan menegah tapi punya pengalman dan sertifikat Electrical Inspec. perusahaan mau melirik saya untuk merekrut jadi karyawannya…?.
    terima kasih, mohon saran dan solusinya…

  216. pak, pelatihan dilakukan sore/malam. berapa kali dalam seminggu?

  217. dear pak yusuf….

    saya ingin kursus mengenai design engineer…
    kira2 tempatnya dimana ya untuk daerah batam…
    saya sudah menguasai auto cad, mecanical dekstop, dan autodesk inventor,
    terimakasih ….

    • Pak Reza … banyak disiplin ilmu ttg designer ini , bapak mau jadi designer apa dulu nih…

      Untuk menjadi designer perlu menguasai skill ttg :

      Designer Piping : PDMS, PIPING ENGINEERING, CAESAR II, ASME B31.3 , drafter autocad
      Designer Electrical : Drafter electrical, tekla, pdms, E/I (Engineering / inspector )
      Designer Structural : PDMS, drafter struktural, tekla.

      Designer : tugasnya lebih kepada art dari pekerjaan yang dikombinasikan oleh penguasaan code standard pekerjaan tersebut. Karena mendesign basicnya adalah requirement code dan standard … sementara software adalah tools saja…

      Untuk trainingnya bapak bisa searching di google…
      kalau di tempat kita bisa lihat di http://www.batamtraining.com

      Salam

  218. au pgen jdi welder tpi blu tau tempatnya minta alamatnya yg bisa di hubungi,wslm

  219. Sepi..
    Mas Novembri apa kabar?
    Mas, saya baru selesai kuliah 4 bulan lalu, S.Kom Jurusan Sistem Informasi.
    ada rencana minggu minggu depan saya ingin mencoba peruntungan di batam.
    setelah saya baca2 postingan mas Novembri dari atas sampai ke bawah saya tertarik untuk mencoba mengadu nasib di batam.
    Rencana di batam nanti saya mau di bantu dengan saudara kerja di Perusahaan Migas, ya…untuk sementara menjadi herlper gitu lah langkah awal2,krn da pusing jg saya cari kerja sana sini,tes sana sini,blm dapat kerja..
    saya tertarik dengan bidang designer,tapi masih buta. palingan klw ketertarikan dulu di kuliah di bidang gambar,otak atik photosoft..

    kira2 klw di batamtraining untuk biaya khursus bidang designer biaya2 brp an ya mas novembri? Mohon petunjuk..

    • Untuk mencoba bidang designer anda bisa memulai dari drafter ….setelah berpengalaman jadi drafter anda bisa jadi designer…

      Insyaallah banayk job untuk seorang drafter..

      salam

  220. pak saya mau usul ini di batam saya sudah tekad tuk mengikuti studi bpk confirmasi ini no sya087894314388

    • Pak Sumerdi …
      OK Pak nggak ada masalah…semoga berhasil..

      salam

  221. Saya lu2san smu saat ni sya bkerja d perusahan galangan d batam posisi painter rencana Ώyå mau ikut certification Qc painting bs ga ya krn ijazahku smu aj n bhs inggrisku kurang baik..

    • Mas Hengki… ijazah ma bisa mas IKUT saja certifikasi nya untuk QC painting… Insyallah bisa lebih maju …
      Salam..

  222. Mas Novembri,saya sudah tiba di batam.,.
    Langkah awal untuk menjadi seorang drafter,di oti sudah ada buka kelas gak bulan ini atau bulan depan?
    saya berminat ingin memperdalam Ilmunya bidang Draf.. :)

  223. Bro ada ga blk di daerah jawa tengah yg mnyelenggarakan kursus NDT??? Tlong info y….
    Trimzz

    • Kayaknya belum ada mas… ikut aja yang di Jkt ato di Sby…

      Salam ..

      • pak saya mau tanyak kalo untuk lulusan STM,kursus apa yang tepat pak?
        soalnya saya ingin ikut kursus tp bingung pak memilih kursusnya pak. .

      • Paj Fadly..

        Untuk tamatan STM silahkan mengikuti pelatihan Drafter, welder. karena permintaan bidang ini cukup tinggi..

        salam..

      • klo di daerah jakarta di mna tmpatnya trening welding GTAW pa tolong kasi tau dan harus menghubungi siapa pa.

      • @sukarno Pelatihan Welder GTAW Ada di Condet pak langsung aja kesana atau lihat di wenya….

  224. salam..saya mau menanyakan kapan lagi jadwal pelatihan welding inapector di b4t batam.. saya bermunat mengikuti pelatihan tersebut.
    atas jawaban nya terima kasih..
    wassalam

    • Untuk B4t batam bisa menghubungi bapak riski disana… atau datang ke tempatnya yang di Baloi…

      Salam..

  225. salam hormat saya buat pak novembri yusuf..

    saya mau minta saran dan pencerahannya dari bapak, to the point saja ya pak, background pendidikan saya adalah S1 sistem informasi pada fakultas teknik informatika di bandung.
    tetapi dunia kerja menuntun saya untuk kerja di dunia NDT (i love it), sekarang saya sedang bekerja d salah satu project malaysia dan berjalan hampir 2 tahun, saya baru memiliki sertifikat “pengendali pelatih” saja dari salah satu lembaga kursus di malaysia.

    saya berencana untuk mengambil kursus WI d b4t bandung; pertanyaan sy, apakah saya boleh mengikuti kursus ini langsung? karena saya mencintai dunia ini, tidak mengapakah dengan backround pendidikan saya?

    trim’s,

    • Boleh PAk …

      Silahkan aja ikut untuk S1 bisa langsung ikut …

      Salam ..

  226. Apakah habis menjalankan trining Wi di jamin langsung kerja,..dan brapa lama qt menjalankan trining

    • Pak Isron..

      Yang penting dalam mengikuti pelatihan adalah meningkatkan skill dan kompetensi..kalau udah punya skill dan kompetensi maka peklerjaan akan mudah didapatkan…
      Untuk minta jaminan kerja kayaknya nggak ada lembaga pelatihan yang memberikannya..

      salam

  227. Apakah kursus sertifikat ini bisa diikuti pemula ? N ada tdk kursus yg bisa msk diluar jam malam ? Dan bagaimana dengAn sistem belajarnya kok masing masing tempAt kurusu kok beda beda ada yg 12 hari Dan ada sampai 3 bulAn ..apakah kursus yg 12 bulAn bisa membuat orang itu expert ? Maaf kalau ada kata kata yg salah.
    .

    • UNtuk yang 12 hari namanya bukan training tapi sertifikasi, khusu bagi mereka yang sudah bekerja di dunia QC welding atau dari jurusan tertentu di pereguruan tinggi seperti teknik metalurgi atau teknik material tapi belum memiliki sertifikat sehingga dengan mereferesh pelajaran tersebut mereka bisa dan kompeten untuk jadi WI, tapi kalau yang 3 bulan khusu bagi mereka yang belajar WI dari 0 ..sehingga butuh waktu panjang untuk menguasai ielmu tersebut..

      Semoga bermanfaat
      Salam..

  228. Maaf pak kl lulusan SMK listrik+pengalaman kerja electrical 2tahun. Bisa masuk ke kursus bagian electrical nggak?

    • Mas Pasetyo .

      Anda bisa mengikuti peltihan Electrical Instrument Inspector atau pelatihan lain yang berhubungan dengan electrical…
      Pelatihan TEknisi K3 Listrik pun bagus utuk diiukuti..

      salam

  229. siang pak? saya mau tanya kalau mengambil sertifikat wi atau ndt berapa biayanya untuk masing2? dan bisakah saya soalny saya tamatan smk listrik dan saya berpengalaman di welding lebih kurang 5 tahun

    • Mas Rinto ..

      Kalau anda tamatan Listrik mestinya melirik ke Listrik aja..karena pekerjaan skill bidang listik juga dibutuhkan dunia industri… unutk listrik anda bisaberkarir sebagai technisi listrik, listrik inspector , E/I inspector ,.yang juga menjanjikan..anda bisa lihat informasinya di http://batamtraining.com/read_det.php?act=select&id=456

      salam

  230. pak saya serjana komputer apa bisa saya ikut pelatihan welding atau NDT

    • Insyallaha bisa mas..asal mau belajar..dan tidak memilih milih kerja kalau sudah mendapatkan ilmu dan sertifikatnya…
      Setelah mendapatkan pengalaman dalam jangka waktu tertentu baru anda bisa memilih pekerjaan sesuai dg gaji yg anda harapkan…

      Salam

  231. assalamu’akum bpak..saya jga mau brtnya
    sbnrnya saya lulusan Sarjana Ekonomi ttpi sya trtrik jga bergrak di bdang fabrikasi ,,,jdi sya hrus ngmbil bgian apa ntuk krsusnya pak biar sya bisa msuk fabrikasi…tirmaksi …wasallam

    • Mas undan ..untuk jurusan dari ekonomi prosfesi yang bisa dimasuki adalah : Estimator, Safety Officer, Project planner.dll
      Pekerjaan tersebut masih ada relevasninya dengan latar belakang pendidikan saudara dan prospeknya juga cukup bagus…

      Salam..

  232. validasi certificate MT/PT brp tahun ya pak..? kok saya punya cuma 3thn, tp teman saya punya 5thn, mana yg bener nih..? tempat kursus kami emang tdk sama.

    salam..

  233. pak novembri,sy lulusan S1 teknik mesin dan blum prnah bekerja di bidang yg sesuai background pendidikan sy..ketika sy ke batam,sy diajak teman utk ikut sekolah NDT dgn pilihan MT/PT atau UT..mohon sarannya pak..thanks

    • PAk Faisal …
      Saran saya kalau pak Faisal dari S1 Mesin langsung saja ikut pelatihan seperti WI, Piping Engineer. NDT MT/PT/UT nanti larinya ke teknisi NDT atau pelaksananya… bisa sih karirnya berkembang jadi Spv atau koordinator tapi akan makan waktu yang lama dibandingkan punya sertifikat WI atau Piping… Kalau ambil WI nanti dalam bekerja karirnya lebih cepat berkembang dengan banyak kwahlian dan pengalaman di beberapa project… saran saya ikut aja pelatihan sertifikasi WI atau piping engineering /piping inspector… salam. Informasi trining WI http://www.batamtraining.com/

  234. Pagi pak novembri,

    Saya seorang karyawan di perusahaan swasta di batam , umur saya 25 tahun. Saat ini saya belum mempunyai pengalaman di bidang teknik. Dalam waktu dekat saya akan kuliah di jurusan teknik mesin , karena saya sangat tertarik untuk berkarir di perusahaan oil & gas . Saya mohon saran nya , sebelum saya mulai perkuliahan , saya ingin mengambil sertifikasi terlebih dahulu , bisa rekomendasikan pak , training apa yang cocok untuk saya ambil pada tahap awal , untuk menentukan peluang saya kedepannya .

    Terima kasih

    • Pak OKA …
      Kalau dari latar belakang T mesin bisa ambil WI atau Piping engineer..prospeknya cukup bagus apalagi nanti kalau udah punya pengalaman dan sertifikasi yang mendukung… karir anda akan cepat berkembang…. salam

  235. Maaf pak sebelumnya.
    Saya ingin mendapatkan pencerahan, semoga bermanfaat.
    Saya lulusan smk konstruksi kapal, saya berniat sekali berkarir dibidang fabrikasi.
    Tp saya belum punya pengalaman.
    Sebaiknya saya mengambil sertifikat apa ya pak, saya ingin menjadi safety, tetapi saya ingin jg menjadi welder yg handal mengingat welder lebih mumpuni pak.
    Terima kasih.

    • MAntap..ikut welder saja pak..prospek nya cukup ceah ..dimana mana banyak welder dibutuhkan ….asal skillnya ok…dan atitudenya bgus…
      salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 39 other followers

%d bloggers like this: