Posted by: novembri yusuf | October 29, 2008

SKILL WELDING INSPECTOR

SKILL  YANG  DIBUTUHKAN  WELDING  INSPECTOR   

Menghadapai  tantangan pekerjaan sebagai welding inspector sat ini  maka sudah pasti dibutuhkan suatu kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang diemban.  Pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang skill apa saja yang dibutuhkan seorang WI.

WI main contractor dan WI Client secara garis besar mempunayi tugas yang sama. Namun pada kenyataannya WI client dengan main cont  mempunyai tanggung jawab yang berbeda. Kalau anda sebagai main cont anda tidak merasa mempunyai tanggung jawab sebesar  anda sebagai  Client. Kenapa bias begitu…? Disamping karena visi yang salah juga karena  system yang terbentuk dalam perusahaan itu sendiri  dan juga perbedaan gaji yang mencolok membuat WI main cont dan client mempunyai gaya yang berbeda.

  

 

Kalau anda sudah menjadi WI baik di main cont atau di client apa skil yang harus dimiliki…?

Disamping keahliah teknis dibidang welding seperti mengerti dengan baik tentang : WPS, welder test, proses welding, consumable, jenis defect, material,  penguasaan code seperti AWS D1.1, ASME IX,  ASME B31.3,  Heat treatment,  membaca gambar. Masih dibutuhkan keahlian khusus untuk mensupport pekerjaan welding inspector.

Bila diperhatikan dari banyak lowongan kerja Welding Inspector di Internet, dan dari pengalaman dilapangan dan tuntutan dari banyak user maka seorang WI harus mampu :

1.       Berkomunikasi dalam bahasa Inggris : Kalau kita tidak bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris bagaimana kita akan mendiskusikan suatu permasalahan baik secara lisan maupun tertulis dengan rekan kerja yang banyak dari expatriate. Untuk project Oil and gas keberadaan para Bule, pare pare, nehi nehi …di Indonesia tidak bisa dihindari.

 

2.       Computer : 

 

      

    

     Skill ini diperlukan dalam membuat laporan dan analisa laporan. Kalau punya keahlian tambahan tentang program program software oil and gas akan memberikan nilai tambah buat Inspector.

 

3.       NDT : WI juga perlu tahu tentang NDT seperti MT/PT,UT,RI.  Keahlian ini tentunya tidak secara langsung akan dipakai di lapangan karena sudah ada technisi khusus NDT.  Keuntungan disini kita bisa mengetahui performance kerja orang NDT apakah dia sudah benar bekerja mengikuti prosedur atau hanay short cut  karena  sesuatu alasan yang nggak bias diterima.  Ada istilah kipong kipong dalam kerja NDT yang harus diwaspadai.

 

4.       Audit : Seorang WI juga harus mempunyai kemampuan untuk melakukan audit terhadap system manajemen mutu dalam  company tempat dia bekerja. Clarifikasi dari prosedur yang dibuat dengan implementasi dilapangan hanya bisa dibuktikan dengan melakukan audit.  Audit ini sudah merupakan jenis pekerjaan wajib dan rutin dari WI.

    

  

5.    Piping system process : Pengetahuan tentang piping bagi seorang welding inspector sudah menjadi keharusan. Banyak tawaran kerja di bidang welding inspector untuk fabrikasi system piping seperti pembuatan modul FPSO, modul refinery, Piping system di kapal, tanker, dll. Kenyataannya  saat ini banyak para inspector blank dengan ilmu piping.  Beberapa perusahaan yang namanya welding piping inspector hanya diberi tugas untuk memerksa welding sambungan piping. Tidak mempunyai pengalaman bagaimana melakukan testing (hydrotest, lead test, pneumatic test, bagaimana mengecheck piping komponen, fitting, dll. Akibatnya kalau dapat tawaran di bidang piping yang harus menghandle semuanya dengan cakupan lebih luas dari welding piping mereka jadi tidak peraya diri.

 

6. Pressure Vessel : Sama dengan masalah piping, penguasaan ilmu dan teknologi tentang PV, HE bagi seorang WI juga sangat dibutuhkan. Pekerjaan seperti ini sudah menjadi satu kesatuan dalam system pengolahan minyak dan gas bumi. Jadi mau tidak mau kita juga harus mengerti dan paham dengan PV mulai dari material, konstruksi, inspection, testing, examination dll.

 

7. Safety : Safety first merupakan ungkapan yang pertma kit akihat kalau kita memasuki area fabrikasi. Kalau kita tidak bekerja dengan safety mungkin dalam sekejap nyawa atau jiwa kita dalam keadaan bahaya. Resiko kerja dengan kecelakaanyang fatal selalau mengintai di area fabrikasi. Jadi Wajar pengetahuan ini kita harus paham dan mengikutinya.

8. Dll

 

 

 

So…bagi rekan rekan WI yang merasa masih belum memiliki keahlian di atas ada baiknya untuk mulai menambah keahlian tersebut melalui certifikasi training.  Saat ini dan kenyataan yang ada dilapangan kemampuan orang dinilai dari certificate yang dia miliki.  Kita mungkin banyak yang bisa dan mengerti  melakukan audit,  namun kalau kita tidak mempunyai certificate seperti internal audit anggapannya kita tidak qualified untuk melakukan pekerjaan tersebut.   …….

Semoga tulisan diatas bisa bermanfaat …


Responses

  1. pak saya ada rencana untuk mengikuti training WI.saya dari NDT.saya mau tahu informasi detail mengenai training hingga kalkulasi biayanya

  2. Pak Herlembert, saat ini udah terlalu banyaaakkk WI WI baruuuuu. gaji mereka pun gak sebagus lulusan yang dulu dulu.

    Jadi kalo cuma berharap gaji bagus dari profesi WI, udah telat. udah kebanyakan orang.

    Coba kreatif dikit, cari profesi lain yang masih langka. misal Piping Engineer, Structural Engineer,
    Dll Dll

    • tidak kata telat untuk berharap dan mencapai suatu yg baik Pak….!! logikanya begini saja..lulusan WI dr berbagai lembaga/diklat WI setiap periode memang banyak…tp pikirkan juga berapa banyak WI yg akan pensiun setiap tahun….ya ngga mungkin lah WI yg duluan ya kt bilang seniorlah cm berkarier dr dulu ampe sekarang cm di bidang WI dan terjun ke lapangan trus…mereka2 pasti akan naik kariernya smpe jabatan tertinggi yg bisa dicapai…..nah dgn begitu para WI fresh tentu TETAP AKAN SELALU MEMPUNYAI LAPANGAN PEKERJAAN YANG MENJANJIKAN…dan logika aja lg….ngga mungkin proyek2 di indonesia dan bahkan dunia ini stag dan tdk berkaembang….klo dulu proyek ada 2, ngga mustahil sekarang proyek sudah 1000 kali lipatnya….YANG PENTING!! buat para WI fresh…..semangat, upgrade trus kemampuan kalian, jangan takut….siapa yg mau berusha keras pasti Tuhan kasih yg terbaik juga buat kita para WI ranger….OK!

  3. Masalah pekerjaan WI seperti yang disampaikan Pak Gus Dur saya setuju tapi….

    Orang ngambil WI mungkin memang tujuan awalnya mau jadi WI, tapi prinsip ini akan berubah sesaui kondisi yang dilihat oleh yang bersangkutan di lapangan. Untuk menyiasati ini maka bagi mereka yang arif dan bijaksana tentu akan mengikuti saran Pak Gus Dur tersebut untuk lebih kreativ.

    salam

  4. semua komentar diatas bener,,cuma WI yang diambil
    dari institusi mana ? kalau yang CWI ato CSWIP ato
    IWIP..pangsa pasar nya laen..di luar sana rate WI yg ini masih menggiurkan…biaya kursus nya juga gak beda jauh..cuma kalau gak di dukung knowledge yg mumpuni mungkin akan kesulitan lulusnya..soalnya pembelajaranya gak lama…

    lagian khan WI senior dah banyak yang pensiun..

  5. WI memang dah byk di Batam ga karu2an jumlahnya. WI baru sharus bersaing dg seniore yg dah lama punya link dan network. kecuali anda2 mau ambil sertifikasi sebyk2nya InsaAlloh pasti bisa geser mereka. Selain dibutuhkan keberuntungan dan takdir dr Yg Diatas, juga hrs sering2 apply. Pak Novembri ga ada rencana training API ?

  6. Aq mau tanya secara general pa. Berapa suhu preheat, interpass and PWHT?
    mohon masukannya.

    thank u

  7. Web site for NDE RESIDUAL STRESS

    Best Regards
    Ennio Curto

  8. aq mau tanya pak ??????

    cara yang harus di lakukan oleh seseorang agar skill seorang i2 sendiri bagus dan berkualitas ???????

    thank u banyak pak atas perhatianya !!!!!!!!!!!!!!

  9. Assalam………

    For Pakar WI,Piping and Others Engineering

    Yang jadi permasalahannya sekarang seseorang sudah mempunyai skill by attended professional training for example :
    – WI
    – Piping
    – and others skill
    mereka belum mempunyai experience yG memadai di dunia O n G……….?
    So, How……..
    a. Memulai karir yG cocok kdepan dengan melihat requirement di perusahaan O n G?
    b. Tergadang skill kita lumayan namun belum memenuhi requirement?

    Pokoknya mohon pencerahannya……….?

    Dear….Pak Novembri……Thanks very2222 much…..

    And All……..thanks want to share……….

    • Pak Nawawi …

      Dari pengamatan yang saya lakukan untuk para pemula atau yang baru mau terjun kerja di bidang fabrikasi kebanyakan sukses mendapatkan kerja karena adanya informasi dan bantuan dari temen atau kenalan. Sedangkan yang ikut melamar lewat media massa spt koran ada juga yang berhasil namun kecil sekali prosentasenya.

      Jadi …agar terbuka jalan keluar untuk bisa mendapatkan pekerjaa yang diidam diamkan perbanyaklah bersilaturahmi… rajin rajin berkunjung atau bertanya sama temen temen yang sudah lebih dahulu masuk ke dunia fabrikasi. Mugkin dari 10 orang yang ditanyakan insyaalah ada 1 yang member informasi atau bantuan.

      Berikutnya adalah kalau mau banting stir dari 0 pengalaman untuk kerja fabrikasi bisa dilirik ke perusahaan subcont atau sejenisnya. Biasanya subcon subcon ini tidak memberikan syarat terlalu ketat atau bahkan sangat longgar untuk bisa jadi karyawan mereka yang penting mau kerja. Setelah masuk dari sana baru mulai belajar lagi tentang pelajaran yang didapat waktu training dengan kenyataan dilapangan. Minimal 2 th kerja disana maka ambil lagi training dengan certificate yang international yang laku dipasaran. Sehingga nantinya akan memudahkan kita untuk mendapatkan pekerjaan dengan posisi dan bayaran yang lebih baik.

      Mungkin itu saja yang perlu saya sampaikan semoga membantu.

      • Saran yg bagus Pak….mmg yg utama harus punya banyak kenalan, teman, orang2 yg sudah duluan terjun di dunia ini…..karena dr mereka2 ini seorang WI fresh dpt info pekerjaan, soalnya kalo cm harapin dr internet, koran….seringnya dah basi……

        Yg penting buat WI fresh langkah pertama adalah harus cepat bekerja ya bisa di subcon2….atau bagus lg bisa di fabricator..supaya ilmunya yg didpt dimasa training bs segera n tepat aplikasinya….jgn terlalu pilih2 company…

        Jgn egois mau dpt gaji besar dlu…prinsip gaji yg pertama adalah yg penting CUKUP UNTUK BISA HIDUP dlm artian…bisa utk makan, tempat tinggal, dan bisa buat kt nabung…..lupakan dlu entertainment berlebihan……
        jgn pula krn prinsip yg penting bisa bekerja….mau aja di gaji “kecil” ntar malah gali lobang tutup lobang kita….lama2 masuk lobang ndiri kita…

        Ok!!

  10. saya mau tannya adfa training gratisan untuk welding inspector

  11. Please is possible write in english

  12. “WI JUALAN NASI BUNGKUS”

    Gue setuju ama GusDur…WI Indonesia yg nganggur udah banyak…kasihan mereka..(termasuk gue)…
    kursus WI jalan terus…mungkin setahun nambah WI seratus orang lebih…sedangkan yg senior masih ngantri dapet kerja…

    mulai deh banting harga..WI yg baru lulus udah seneng digaji 3jt/bln…sedangkan yg senior minimal 20jt/bln…
    gimana mau bersaing?

    gue (punya CSWIP 3.1) pernah diledek ama personalia…”bapak betul mau digaji 3jt/bulan?”…
    ya gue jawab aja “gak ada kerjaan lain, drpd nganggur”…
    tapi akhirnya gue cuma bertahan seminggu…terus gue kabur begitu aja…itu perusahaan gak punya respek ama WI…
    masak CSWIP3.1 digaji cuma 3jt/bln….
    mahal kursusnya bo……………

    lihat aja tuh WI kalo udh dpt kerja…sombongnya minta ampun…gayanya kaya yg punya proyek..abis itu nganggur…manyun deh…

    lagian kalo udh punya WI gak mau kerja lain…sertifikatnya mahal….gaji lebih kecil ngambek…WI manja…!
    WI Jobless termasuk SKILLED/EDUACTED UNEMPLOYEE…jadi malu kalo kerja bidang lain…

    Coba aja liat, kalo ketemu WI…pasti yg ditanyain lowongan melulu…aduh…kasihan banget kamu…udh berapa lama nganggur?

    iklan lowongan kerja WI ? sebulan sekali udh paling banyak..itupun cuma butuh 2 org…yg melamar bisa 200 WI..kacian deh loe…
    nyesel gue jadi WI…
    mendingan jualan nasi bungkus…

    • Tidak ada masalah dgn WI-nya Pak….saya yakin itu…….dalam mencari, memperoleh suatu pekerjaan…ingat Pak, bukan hanya membutuhkan knowledge, skill saja…..tapi ATTITUDE Pak……percuma kita bersertifikasi banyak…..tp attitude kita tdk baik dan tdk pernah dilatih utk menjadi lbh baik……..
      Semoga anda paham maksud saya dan maaf jika tidak berkenan..
      Buat teman2 WI fresh…jgn takut dan apatis……..rejeki ngga akan kmana…yg penting pesan saya….semangat, pantang menyerah, upgrade terus kemampuan….yg terpenting BERDOA!!!!

  13. aslm pk nov, gimn pk crnya nge las sebatang pipa 6″ yang diberikan branch sebanyak 23 cabang dengan weldolet agar pipa setelah di weld tidak melengkung?

  14. Pak sy mo nany klw u/ mat’l hardox pake elektrd apa y? By ady

  15. informasi untuk pemua kurang om

  16. terus terang saya gemas sekali dengan pernyataan bapak diatas yang tidak disebutkan namanya…

    menanggapi pernyataan pak WI jobless Indonesia…
    memang ada benarnya pernyataan bapak, tapi tolong dilihat lagi kondisi sekarang ini:

    1. Banyak orang ngambil WI cuman pengen gaji besar… bukan malah mencintai pekerjaannya… tapi karena uangnya… jadi atas berita dari mulut ke mulut sudah banyak sekali orang ikutan kursus. selain itu banyak berbondong2 lembaga kursus berlomba2 kasih harga murah, durasi waktu seminimalis mungkin, yang penting sertifikatnya ada sign depnaker tanpa mengindahkan kualitas WInya, jadi gak heran kalo beberapa perusahaan mensyaratkan WInya harus dari lulusan lembaga tertentu….

    2. karena sebab diatas, banyak sekali WI yang cuman modal sertifikat, tapi ilmunya kosong melompong…. “masa WI dari jurusan ekonomi, hukum dll. gak make sense sekali, jadi ya tidak heran WI seperti ini yang akan terseleksi alam nantinya… tapi saya juga tidak menyalahkan orang2 tsb yang mau ngambil WI, ya namanya usaha apapun bakalan dilakukan dan sah sah saja selama masih tidak melanggar norma hukum dan agama, tapi yang saya sayangkan, kenapa lembaga kursus menerima peserta yang seperti itu? alih2 hanya dijadikan bisnis semata

    3. Pasaran WI rusak karena WInya sendiri yang sudah putus asa… ya, selayaknya bapak ybs ini.. jadi gaji sekecil apapun dicaplok aja.. masa WI CSWIP 3.1 3 juta? berarti anda tidak menghargai diri anda sendiri… orang2 seperti anda2lah yang buat harga pasaran WI jadi turun drastis tiap tahun…. sekedar informasi aja diwilayah fabrikasi jakarta dan sekitarnya WI sekarang paling besar dibayar 2,5jt. bahkan ditempatn kerj saya dulu diwilayah bogor, WInya hanya dibayar 1,5jt… masya allah…

    anda tidak bisa menyalahkan profesi… tapi salahkan lah diri anda sendiri, kenapa anda tidak bersungguh2…. kalaupun ada bersungguh2 kenapa anda putus asa? toh masih banyak Wi yang baru2 dapet kerjaan yang bagus2…. itu balik lagi ke kemampuan kita masing2 bisa kah anda bersaing… persaingan itu lumrah… apalagi jaman sekarang, kalo tidak ada network susah sekali… oleh karena itu networking dituntut harus luas… melalui forum2 seperti ini sangat positive kalo saja bisa dipake untuk sharing pekerjaan dll. bukan untuk mencibir sesuatu….

    4. apa yang harus dipikirkan adalah bagaimana caranya agar profesi kita ini dapat dihargai orang, sehingga haruslah ada lembaga yang mengatur dan mengontrol rate dari WI sendiri… seperti sekarang, kehadiran dari APITINDO, sudah bisa mengontrol rate/hari nya inspector berapa… dll.. mudah2an kedepan akan lebih baik lagi…

    5. untuk itu saya juga berpesan kepada kawan2 yang ingin mengambil WI tentunya dipikirkan terlebih dahulu baik ato buruknya, apakah sudah ada networking yang baik? konsekuensi serta resikonya seperti apa… segalanya tidak selalu manis, profesi WI bukan jaminan… tapi hanyalah jalan… siapa yang menentukan WI sukses adalah diri kita sendiri.. dan Tuhan tentunya… ingat tuhan gak akan merubah kaum kalo kaumnya gak mau berusaha…
    oleh karena itu tetap lah berusaha…

    ingat nilai2 dari seorang WI apabila kita ingin bersaing secara sehat:

    1. Honesty
    2. Good communicator
    3. Knowlegable
    4. Integrity
    5. pysically fit

    • Salam kenal Pak Ferry,

      Komentar anda saya dukung 100% dan sudah saya ikut tanggapin komentar dr
      Sdr “WI JobLess Indonesia”…….ibarat orang mancing ikan,..di boat yg sama…sama rod nya…sama line nya…sama bait nya….sama reel nya…..lah bisa ada yg dapat, ada yg tidak kan..??? tanya kenapa…..

      Sincerely,
      Rizal

  17. oh ya mohon maaf… salam kenal kepada mpunya blog ini, pak novembri yusuf, saya belum sempat permisi dulu…

    mohon maaf pak kalo ada kata2 saya yang kurang berkenan….

    salam kenal,

    Ferry, F

  18. Dear All,

    Salam kenal buat teman2 WI yang akan dan sudah berada di dunia kerja….
    tanggapan2 teman2 merupakan masukan yang sangat berharga buat kita semua dimasa depan…masukan yang baik marilah kita ambil, masukan yang kurang baik mari sama2 kita perbaiki,
    menjadi WI merupakan sebuah profesi yang sangat mulia, dimana bila kita telah bekerja di suatu company, tentunya apabila ilmu WI yang baik kita terapkan dalam pekerjaan kita, Insya Allah akan bernilai ibadah karena telah menjaga mutu dari pekerjaan kita. intinya dalam bekerja tidak ada yang tertipu, celaka, sakit atau lingkungan rusuh karena peran kita.
    jadi pekerjaan yang kita tekuni sekarang merupakan jalan yang sudah ditunjukkan oleh yang di Atas, jadi kalau sekarang belum bekerja sesuai harapan, coba tanya pada diri kita…Apa yang salah…sudah maksimalkah usaha kita…???
    jadi buat teman2 yg baru akan terjun ke profesi WI…benar tanggapan teman2 diatas, perbanyak network disamping menharap RidhoNya agar apa yang kita cita2kan dapat tercapai.

    Salam,

  19. Terima kasih atas pandangan dan saran dari teman2x semua di form ini yg sangat bagus dan menarik…

    saya ada berencana mau mengambil sertifikat WI..,
    saya mohon saran dari teman2x semua dimana tempat atau lulusan dai WI mana yang lebih baik dan kualificate dan lebih diakui oleh dunia kerja ?

    saya adalah lulusan S1 Teknik mesin…., sekarang lagi nganggur nih…

    terima kasih sebelumnya atas saran dari teman2x semua…

    Irwan

  20. Dear teman2 semua,
    saya mau ikut nibrung dalam hal tugas WI,
    pada dasarnya yang di test untuk Job WI di posisi Client / Consultan itu hal – hal yang paling mendasar / kecil yang tidak kita perhatikan, misalnya untuk WI apabila di tugaskan ke site, apa yang harus di lakukan? itu ada 7 item, item yang ke 7 yaitu Visual Inspection, dalam visual inspection ada 6-7 item lagi.
    Jadi dalam hal ini, apabila ada peluang untuk posisi di client, pelajarilah hal – hal yang paling mendasar.

    salam kenal

    Iskandar – Duri

  21. Diklat WI di B4T bandung tu bagus gak kawan? dr segi pelatihay maupun penyaluran krja bt alumniy?

    • Training nya bagus pak..karena udah ada sejak dulu dan sudah banyak alumninya….
      Mengenai info loker coba aja searching di internetnya b4T…

  22. Salam kenal,
    Toto

    Untuk mendapat WI Cswip 3.0 waktunya 3 hari, apakah peserta awam sudah dapat menguasai ilmunya, sedangkan utk dapat sertifikat WI lokal saja waktunya jauh lebih lama. Bgaimana hal ini menurut bapak2 yg brpengalaman di WI, mohoh tanggapanya ?

    trima kasih

    • Untuk cswip 3.0 dan 3.1 itu diperuntukkan bagi yang sudah berpengalaman kerja selama 3 th… CSWIP 3.0 belajar 3 hari kalau orang nya nggak pernah bekerja di welding ya nggak akan bermanfaat buat mereka karena ilmunya tidak mungkin terserap dalam 3 hari …. saran saya anda ikut wi lokal saja dulu karena disana anda di godok selama 4 bulan ( 300 jam ) untuk belajar tentang welding sehingga secara philosophy ilmu welding anda sangat kuat..kemana pun anada bekerja maka anada akan PD dengan ilmu yang anda miliki ….setelah dapat WI lokal baru ikut CSWIP 3.1 itu akan sangat membantu..salam..

  23. Saya sama sekali belum ada skil, jd saya mohon info untuk mengikuti training certificat

    • Dengan mengikuti sekolah , traiing, kursus, maka skill anda akan bertambah….
      Silahkan mengimprove diri anda …..semiga sukses,,

  24. Pak Novembri salam kenal…

    Maaf agak oot… saya ingin bertanya tentang welding underwater, bagaimanakah prospeknya di Indonesia? Saya bingung antara mengambil training WU atau WI, mau ambil dua-duanya terbentur biaya pak🙂 (sama-sama mahal). Boleh minta saran pak?

    Regards


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: