Posted by: novembri yusuf | November 4, 2008

FERRITE NUMBER CONTENT

FERRITE  NUMBER 

A case studi  in duplex cladding

Ferite number adalah parameter yang dipakai untuk menujukkan adanya delta ferrite.  Jumlah ferrite dalam deposite weldmetal ditentukan oleh :

1.       Komposisi kimia dari filler metal dan base metal

2.       Welding proses

3.       Type shielding gas

4.       Welding procedure

5.       HI

welding

Excessive of Ferrite dalam SS cladding dapat mengakibatkan poor ductility, poor thoughness, dan poor korosi resistant. Atau insufficient ferrite dapat mengakibatkan problem mechanical test dan korosi.

Cladding banyak dipakai pada : industry kertas, petrochemical, oil  dan gas, food processing, etc. Alasan kenapa digunakannya cladding adalah : strength, weldability, localized corrosion attack, fatique corrosion. Sedangkan pemilihan material Duplex dipakai karena mempunyai ketahanan terhadap chloride corrosion, piiting dan crevice corossion.

Komposisi Clading  sangat dipengaruhi oleh :

1.       Dilution

Dilution  akan mengurangi  jumlah alloying element dan meningkatkan carbon content pada lapisan clad. Yang akan mengurangi  ketahanan  terhadap korosi dan juga problem metalurgi lainnya. Ini juga akan memberikan effect pada Ferrite content dalam cladding.

Adanya ferrite akan mempengaruhi  effect  pada  mechanical dan  ketahanan korosi. Strength  dan SCC resistant akan berkurang bila FN kurang dari 30, dan bila FN diatas 70 maka akan berakibat pada kehilangan sifat ductility dan toughness  dari cladding.

Jadi mengontrol FN number sangat penting untuk mendapatkan optimasi sifat corrosion dan mechanical  properties. 

Ekonomis  SS  cladding tergantung dari seberapa banyak deposit rate yang dihasilkan dan specific komposisi kimia pada minimum jumlah weld layer. Heat input juga berpengaruh  pada FN. FN akan meningkat apabila : decrease HI

ferrite

Untuk memprediksi dari ferrite number metode yang dipakai pada umunya adalah :

1.       Schaeffler  diagram

2.       De long Diagram

3.       WRC-1988 Diagram

4.       WRC 1992  diagram 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: