Posted by: novembri yusuf | January 15, 2009

BIAYA HIDUP DI SINGAPORE

     KEPPEL FEELs      

                           

    pore

Disclaimer :           

Cerita ini Khusus bagi yang masih awam dengan Spore…kalau pembaca udah sering keluar masuk Spore..silahkan pindah topik ke posting yang lain …ganggu aja,,,,

Cerita ini lebih khusus diperuntukkan bagi para Welding Inspector, Welding Engineer, NDT Tech, dan Eng Eng muda yang mau go International. (pemula)

Semua taksiran harga diambil yang menegah ke bawah…jadi ceritanya nggak tinggal di condo lho …

OK…

Banyak professional dari Indonesia sering bertanya tentang biaya hidup di Singapore. Maklum doi lagi dapat tawaran kerja nih di Negara Singa. Ancang ancang biar bisa meraup dollar dan ada hasilnya , kesempatan nih pasang nilai tinggi tingi…karena anggapan biaya hidup juga tinggi.

Bener nggak sih tinggi biaya hidup di Singapore….?

Sebelum kita bahas perlu kiranya kita singgung sedikit ttg S’pore.  Negara kecil ini sangat maju, disiplin, dan menghormati orang lain. Nggak ada seruduk sana seruduk sini. Di Singapore semua berjaln dengan system yang sudah handal. DI sana kita hampir nggak pernah ketemu Polisi Lalu Lintas, di terminal bus, dalam bus tidak ada yang namanya knek yang sering teriak teriak ongkos nya Buk, dalam SMRT (KRL kalau kita) ngak ada yang namanya tukang minta karcis. Jadi semua udah diatur dalam system pembayaran lewat kartu. Beli kartu , isi ulang, scan di alatnya dalam Bus udah..

Di Singapore juga nggak ada pedagang asongan…dalam bus dan kereta dilarang makan dan minum…

Saat ini buat penikmat rokok akan semakin sengsara ..nggak boleh merokok di kantin, nggak boleh merokok di lobby hotel, lift, taman, sekolah dll. Jadi merokok dimana….curi curi aja lokasi yang jauh dari kerumunan orang dialam terbuka….awas jangan buang sampah sembarang kena fine S$500. (kira kira)

mrt

SMRT Singapore

Biaya Hidup :

1. Common Room ( kamar kost) : Non AC, Non broadbrand , bisa light cooking, cuci, kira kira S$ 450 ~ 600 / bl

2. Transport

Kalau kantornya agak jauh mungkin 1 kali naik bus dan 1 kali naik MRT ,biayanya…bus sekali jalan 80 Cent ~ 1.2  S$ , dan naik kereta mugkin 70 Cent

3. Sarapan

makan

Biasa kalau lidah melayu makan nasi lemak S$ 1.5 ~ S$ 2 , tambah kopi 90 Cent

Lunch : Makan + Minum S$4,5

Dinner : Makan + Minum S$ 4.5 ~ 5

Lain lain itu tergantung kebutuhan masing masing, dan tidak digolongkan kepada kebutuhan pokok.

Jadi berapa biaya hidup sebulan :  perhari rata rata S$  17 * 30 hari =  S$ 510  + biaya belanja rutin bulanan mungkin S$ 100 (pulsa, cuci mencuci, cemilan dll) = jadi totalnya 610 + 500 ( rumah) = s$ 1100.  (8,5 JT).

So….

dari data diatas bisa jadi patokan buat rekan rekan untuk bernegosiasi dengan calon user mau minta gaji berapa….

Kalau buat yang masih baru coba coba kalau ada tawaran  2500 mungkin bisa di pertimbangkan…tapi kalau udah banyak jam tebangnya jadi expat …nggak usah di bicarakan…disini…minta aja daily rate nya sekian….kalau iya jalan kalau nggak ya nggak usah…tergantung butuh apa nggak…

PELUANG

Sebenarnya peluang kerja buat Eng dari Indoennsia masih cukup banyak. Tapi kalau dapat tawaran jangan minta GD2. Karena saat ini orang Myanmar, China, Philipine, banyak yang masih mau di gaji cukup .  Kalau orang Indonesia banyak cerita mintanya tinggi tinggi tapi user nggak sanggup dan akhirnya nggak jadi….coba dulu dan lihat peluangnya ke depan….

Semoga bermanfaat …

SELAMAT DATANG


Responses

  1. Pak Novem,
    kebiasaan company di Sing, perihal naek gaji seperti apa? Tergantung prestasi ato kinerja ato kenaikan tiap taun selalu ada?
    Jika dihire 2 tahun, ada kemungkinann naek gaji?

    Tarimokasih

    • Biasa naik increment dari 3 s/d 15 persen. Lain dari itu ya kbijaksanaan perusahaan masing masing…dan yang penting tunjukkan saja prestasi kerja tanpa pamrih..Pamrihnya ya tiu udah sign kontrak dan mau digaji sesuai kesepakatan. Banyak dari kita jadi munafik…kontrak sekian tengah jalan cemburu dengan gaji temen sebelah yang dirasa kita lebih segalanya dari dia sehingga menurunkan performance kekrja…kalau menurut saya seperti itu ..ya resign aaj segera cari kerja dengan orang yang mau bayar seberapa kita patut di bayar..kalau nggak…ayo kerja yang bener …sampai kontrak habis…..

      Be professional…

  2. Pak Novem, saya ingin menanyakan untuk biaya apartemen S$ 450 ~ 600 / bl disingapura didaerah mana pak ?, untuk bekerja disana apakah memerlukan ijin visa kerja dll ? ok terima kasih

    • Banyak Pak Ada di Jurong West, East, Clementi, Ang Mo Kio, dll. Bapak bisa buka http://www.share-accommodation.sg . UNtuk kerja ya jelas harus punya izin kerja yang dikeluarkan oleh MOM singapore. Kalau gelap gelap bikin susuah aja…?

      salam

  3. Ok Pak Novem, terima kasih atas bantuan alamat webnya bagus sekali. saya juga ingin menanyakan kalau di indonesia, apa ada agen yang mengurusi masalah izin kerja pengurusan kontrak di MoM (depnaker Singapore) dan kira-kira jika ingin mengurus sendiri apakah sulit Pak ?

    Salam

  4. pak novem, maksud dari baris ini apa ya?
    “Tapi kalau dapat tawaran jangan minta GD2”, saya belum begitu mengerti. jika dapet salary S$2000 udah dikurangi biaya hidup seperti di atas serta kena potongan pajak nya berkisar berapa ya?
    terima kasih

    salam

  5. wah pak menarik, saya ada mata kuliah magang dari kampus telkom

    kira2 apakah masih memerlukan ijin kerja jika ingin bekerja di perusahan telekomunikasi sejenis (Sing Tel misalnya)
    Salam

    • Nandonurhadi :

      Sayang saya belum pernah denger ada yang magang dari Luar singapore , kecuali mungkin untuk kerjasama corporate.
      GImana nggak coba magang di Telkomsel atau operator lain saja di INdonesia..kalau dah lulus sekalian aja cari kerja di Spore.

  6. Pak Nov klo bekerja di singapore khusus utk di bidang fabrikasi atau oil & gas berapa jam/ hari. Dan apakah dari pihak perusahaan memberi kelapangan bagi kita khusus kaum muslimin utk melaksanakan sholat 5 waktu & sholat jum’at.
    Terima kasih

    • Pak Abdullah..
      Kerja di Spore untuk muslim yang mau beribadah dalam bekerja tidak ada larangan..mereka toleransimya cukup tinggi koq. tinggal dalam interview disebutkan kemauan kita untuk waktu sholat.

      Salam

  7. pa.klau cari kerja di singapur.dengan modal keahlian dan sertifikat serta exp.blaster /painter dan quality control disana susah atau engga?
    smua sudah saya jalani.thank’s

    • Mas Iwa ..
      Susah nggak susah harus dicoba…dari internet kita bisa coba.
      Coba saja masuk ke http://www.careerjet.com disana banyak lowongan kerja terakhir di S pore.

      thx

  8. Pak Nov, kalau gaji 2500 sd 2700 dengan dua anak umur 6 dan 7 tahun saat ini di singapura untuk tinggal disana memungkinkan atau tidak? apakah masih bisa ada sisa buat nabung? Terima kasih

    • chrisna : 2700 degan bawa anak saya rasa terlalu berat…karena untuk satu orang saja 2500 itu pas pasan. Minimal 3500 baru ada sedikit untuk ditabung……

      Asyah @ vico : untuk presentase roadiography di line pipe bisa merefer ke SME B31.3 di TABLE JOINT EFF.
      Charles Wanri : Training CSWIP online belum ada tuh Pak….

      salam

  9. Pak Nov, gaji 2500 – 2700 cukup untuk biaya hidup suami istri tanpa anak?

  10. dear pak nov,
    saya ingin kuliah sambil kerja di singapore bisa tidak ya.dan kira2 pekerjaan seperti apa yang cocok dengan keinginan saya dibarengi kuliah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: