Posted by: novembri yusuf | January 27, 2009

Repair Welding

Repair Welding

 

 ut

 

Untuk mendapatkan hasil welding yang 100% baik dalam suatu project fabrikasi hampir tidak dapat dicapai. Selalu didapatkan welding tersebut reject sehingga harus dilakukan repair welding untuk memperbaikinya.

Penyebab dari welding repair sendiri bisa di kategorikan pada  2 category yaitu repair karena lack skill of welder atau karena engineering aspect. Welding defect seperti porosity, slag inclusion, lack of fussion, undercut  umunya berasal dariskill welder yang kurang memadai untuk melakukan welding yang baik. Sedangkan weldeing defect karena engineering aspect bisa berupa defect seperti : crack, distorsion.

Welding sudah dimasukkan kedalam category repair apabila discontinuity yang ditemukan telah melewatiacceptance criteria yang disetujui. Acceptance criterianya bisa berupa aturan yang disebutkan dalam code and standard dan bias juga berupa client specification. Seorang QC Inspector atau welding inspector harus bisa memahami dan merumuskan acceptance criteria yang disepakati dalam project tersebut.

Urutan penyelesaian Welding Repair

1.     NDT report :

Hampir 100% suatu welding didefinisikan sebagai repair setelah mendapatkan NDT report dari joint welding yang dilakukan. Hasil pengecheckan Visual inspection hampir bisa dilakukan secara negotiable dilapangan antara QC Dept dan Production. NDT report harus disiapkan untuk mengajukan perbaikan welding sebagai dasar dilakukannya repair.

 

2.     Persiapan WPS :

Untuk dapat melakukan welding repair perlu disiapkan WPS yang specific untuk melakukan pekerjaan repair tersebut. Beberapa Code dan standard seperti ASME IX tidak meminta WPS repair secara khusus artinya cukup kalau kita mempunyai Qualified WPS groove dapat digunakan untuk melakukan repair welding. Namun kalau kita lihat ke AWS D11 hal ini diwajibkan menggunakan WPS khusus repair. Lihat AWS D1.1 para 5.4.6, dan para 5.26.5.

 

3.     Defect removal

Sebelum melakukan welding repair perlu kiranya membuang bagian welding yang ada defectnya> Method untukmembuang repair aharus dijelaskan dalam procedure welding dan akan lebih baik dibuatkan dalam suatu method statement atau work instruction bagaimana cara membuang defect, apakah dengan cara grinding, gouging.

 

4.     Welding

Aturan main bagaimana melakukan welding repair mengacu kepada WPS yang dipakai dalam merepair. Semua aturan seperti original welding perlu dilaksanakan seperti temperature preheat, parameter welding process, welder yang qualified, dan lain lain.

 

 

repair2

 

 

5.     Re-NDT

Setelah dilakukan welding sesuai dengan WPS yang dipakai maka welment tersebut perlu di inspeksi lagi baik secara visual , maupun NDT.

 

6.     Record

Semua welding repair wajib direcord dengan jelas terhadap semua kegiatan welding repair. Informasi untuk melakukan repair juga harus diberikan kepada client, owner, surveyor dll pihak yang berkepentingan.

 

7.     Frekwensi

Apakah kita boleh merepair tanpa batas terhadap satu lokasi welding area…? Umumnya project atau client specification membatasi frekwensi repair tidak boleh lebih dari 2 X repair. Hal ini bias dipahami karena untuk material tertentu apabila mengalami over heat atau pemansan yang berulang ulang dapat merubah struktur mikro dari logamdan pada akhirnya akan merusak atau merubah characteristic logam tersebut baik mechanical properties nya ataupun proses heat treatment dari material awal. ( seperti material QT atau TMCP)

Demikian ulasan singkat bagaimana melakukan welding repair di fabrikasi. Yang perlu dipahami lagi mungkin bagaimana membuat welding repair prosedur yang benar dan mencakup dari semua requirmeent welding repair sesuai dengan code atau client spect yang ada dan disetujui.

 


Responses

  1. Pagi Pak Nov,

    Pak, boleh minta contoh WPS dan WPS repair dalam format excel atau pdf.
    Kemarin saya dapat contoh dikit dari http://www.gowelding.com

    Sebelumnya terima kasih,

    Sutrisno
    sutrisno109@gmail.com

  2. hello..
    saya mo nanya ttg info job ndt..
    thank you

  3. morning.. sir
    i want to ask about NDT JOB,i look for job today, skill pipe fitter at ROTARY ,Tanjung uncang.please call me.081315459523
    thank
    you

  4. u can get those wps repair copies from twi and tati

  5. sore,
    saya mau tanya pak cara2 ngerepair defect2 pada welding yang baik dan benar.
    terima kasih sebelumnya..
    salam

  6. Sya mau tnya pak,repair welding itu apa?

    • Repair welding..adalah memperbaiki pengelasan yang mempunyai defect sehingga di reject berdasarkan standard… hasil defect didapat dari Visual insepction atau dengan NDT liannya spt UT, RT, MT, PT… Salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: