Posted by: novembri yusuf | January 24, 2012

HARI PERTAMA YUNIOR WELDING INSPECTOR BEKERJA

Setelah anda menamatkan pelatihan welding inspector selama berbulan bulan tibalah saatnya anda mencari pekerjaan di bidang ini. Perjuangan untuk mendapatkan posisi ini sebenarnya cukup tajam karena begitu banyak persaingan di antara sesama welding inspector.

Di saat anda dinyatakan lulus dan diterima bekerja mulailah anda menjalani hidup dan bekerja untuk mencintai pekerjaan ini sebagai WI atau QC, dllsbg.

Hari pertama ini merupakan hari yang penuh dengan tantangan n karena kalau kita memasuki duniakerja yang baru maka akan kita temui begitu banyak ha hal yang tidak bisa kita duga dari semula. Disini saya ingin menyampaikan hal hal yang harus menjadi perhatia dari WI agar bisa menjalani tugas ini dengan baik pada hari pertama.

Umunya para WI yang baru mempunyai mind set bahwa kalau tugas WI selalu yang di perhatikan adalah defect. Jadi bagaimana menumukan defect adalah lebih penting dari pada yang lain. Ini adalah mind set yang salah ….Sebagai seorang QC atau WI mempunyai tugas yang lebih dari sekadar bisa menemukan defect dan memberikan markingan di benda itu repair atu t/up dsb.

Banyak diantara mereka kurang memahami gambar, safety dalam bekerja, member yang harus terpasang ,procedure kerja. punch list..calibrasi dll. Banyak para WI pergi ke lapangan tidak membawa gambar, tidak bawa buku catatan, tidak bawa pena, dll. Sehingga apa yang di temukan di lapangan hanya sekadar tahu dan bukan menjadi suatu catatan penting buat mereka. Budaya kerja seperti ini tidak bisa diterima. Seorang WI yang antusias dan berprestasi adalah mereka yang melengkapi diri mereka dengan attrribut kerja yang mememadai, semangat dalam bekerja, mengerti apa yang akan di produksi, tahu apa barang yang akan dipasang pada struktur tsb, mengerti membaca gambar, dll.

Dengan terus bekerja , balajar dari pengalaman, sistematis kerja yang teratur akan menghasilkan WI yang terus berimprovement dan pada akhirnya mereka akanmenjadi professional yang pantas untuk di perhitungkan…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: